Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruPerut Kembung Sebelah Kanan yang Harus Anda Waspadai

Perut Kembung Sebelah Kanan yang Harus Anda Waspadai

Perut kembung sebelah kanan termasuk gangguan yang sering terjadi. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan timbulnya gangguan ini. Mengenal penyebabnya berguna untuk mencegah atau mengatasinya sendiri sebelum ke dokter.

Masalah perut kembung bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja. Gangguan perut semacam ini juga bisa terjadi pada salah satu sisi saja. Baik pada bagian perut sebelah kanan misalnya.

Bagi Anda yang sering mengalami masalah ini perlu berhati-hati. Anda bisa mencoba mengatasinya sendiri. Namun jika masalah ini tidak segera mereda sebaiknya Anda periksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih efektif.

Baca Juga: Obat Perut Kembung dengan Herbal Alami yang Ampuh

Penyebab Perut Kembung Sebelah Kanan

Anda harus pahami tentang apa saja penyebab yang berpotensi menimbulkan masalah perut kembung sebelah kanan dan pada kesempatan kali ini kami akan berikan informasi menariknya untuk Anda.

Gangguan Sistem Pencernaan

Adanya gangguan pada pencernaan atau dispepsia juga bisa memicu sakit perut. Gangguan ini biasanya muncul dan berkembang setelah makan atau minum sesuatu.

Biasanya orang yang mengalami gangguan sistem pencernaan akan mengalami nyeri. Kondisi nyeri tersebut terjadi pada perut bagian atas, meski mungkin masih sangat terasa juga pada bagian bawah.

Jika gangguan yang Anda alami cukup ringan, mengonsumsi obat pereda sakit yang banyak toko obat jual bisa Anda lakukan.

Akan tetapi jika lebih dari dua minggu gejalanya tetap menetap dan tidak kunjung sembuh, Anda harus menemui dokter untuk mengatasi masalah pencernaan yang terjadi.

Baca Juga: Perut Kembung Pada Anak, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Usus Buntu

Perut kembung sebelah kanan juga bisa terjadi karena usus buntu. Beberapa gejala lain seseorang mengalami usus buntu yang akan kita rasakan antara lain mual, muntah, demam, diare, mengalami konstipasi dan juga kehilangan nafsu makan.

Anda yang mengalami tanda atau gejala tersebut harus segera memeriksakan kondisi kesehatan Anda karena potensi Anda mengalami hernia.

Agar tidak mengalaminya, penting agar mengonsumsi gula buatan secara tidak berlebihan. Anda pun sebaiknya rajin mengonsumsi makanan yang mengandung serat.

Infeksi Ginjal

Bakteri yang datang dari kandung kemih, ureter dan uretra seringkali mengakibatkan seseorang terkena infeksi ginjal. Biasanya ketika kondisi ini baru pertama kali kita rasakan bisa memicu terjadinya perut kembung sebelah kanan yang terasa nyeri.

Selain kondisi nyeri pada perut sebelah kanan, ada beberapa gejala infeksi ginjal lainnya yang akan kita alami. Antara lain seperti mual, demam, muntah, ataupun buang air kecil terus menerus.

Selain itu penderita juga akan mengalami rasa sakit ketika buang air kecil, darah yang keluar ketika kencing, urin yang berbau tidak sedap, dan berbagai gejala lainnya.

Jika Anda mengalami beberapa gejala seperti yang telah kita sebutkan, ada baiknya Anda sesegera mungkin harus periksakan kondisi kesehatan Anda ke dokter.

Dokter biasanya akan segera memberikan analisa terkait dengan kondisi kesehatan Anda dan tindakan yang bisa untuk menangani jika terjadi masalah.

Radang Usus Besar

Irritable bowl syndrome atau yang juga terkenal dengan sindrom IBS juga bisa menyebabkan perut kembung sebelah kanan. Mengutip dari laman Smarter Health, IBS merupakan sindrom iritasi yang terjadi pada usus besar.

Timbulnya penyakit ini mengindikasikan adanya kondisi kronis yang perlu mendapat penanganan medis secepatnya. Sindrom penyakit ini tidak sama dengan penyakit radang usus atau inflammatory bowel disease (IBD).

IBD merupakan gangguan sistem pencernaan yang kehadirannya dapat melemahkan jaringan pada usus. Gangguan ini juga meningkatkan risiko terjadinya kanker kolorektal.

Penyebab IBS yang paling umum adalah terjadinya radang pada saluran pencernaan, penyakit crohn dan colitis ulserativa. Sementara orang yang mengalami IBD juga dapat mengalami beberapa gejala seperti :

  • Rasa lelah
  • Diare yang kondisinya semakin parah
  • Penurunan berat badan
  • Demam
  • Darah di tinja
  • Nafsu makan yang berkurang drastis

IBD juga dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang mengancam jiwa jika tidak segera mendapat penanganan dengan baik. Anda pun harus segera menemui dokter jika mengalami salah satu gejala seperti yang sudah kita ulas sebelumnya.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung sebelah kanan. Coba segera atasi sendiri jika Anda mengalami tanda gangguan ini. Namun jika kondisi tidak semakin membaik, Anda perlu secepatnya memeriksakannya ke dokter. (R10/HR Online)

- Advertisment -