Rabu, Juni 29, 2022
BerandaBerita TerbaruPlanet Raksasa Panas TOI-1518b, Exoplanet Temuan Tim Astronom

Planet Raksasa Panas TOI-1518b, Exoplanet Temuan Tim Astronom

Planet raksasa panas TOI-1518b merupakan binatang tipe-F yang bisa berotasi lebih cepat dan terletak pada 742 tahun di konstelasi Cepheus. Keberadaan planet tersebut akhirnya dikonfirmasi dengan spektrum transmisi optik beresolusi tinggi.

Baca juga: Planet Raksasa Kepler-1704b Berusia 7,4 Miliar Tahun

Sementara menurut studi menyebutkan bahwa planet tersebut memilki suhu keseimbangan hingga 2,492K dan suhu kecerahan siang hari 3,237K. Tapi pengamatan spektroskopi lebih lanjut ini diperlukan guna mengkonfirmasi hal tersebut.

Temuan Planet Raksasa Panas TOI-1518b

Seperti biasanya, kali ini penemuan benda-benda langit kembali dilakukan oleh salah satu tim astronom internasional. Pasalnya, tim tersebut berhasil menemukan planet luar angkasa tata surya (exoplanet) yang lebih panas.

Kabarnya planet tersebut berhasil ditemukan dengan menggunakan TESS (Transiting Exoplanet Survey Satellite) milik NASA. Bahkan planet baru ini lebih besar dua kali lipat daripada planet Jupiter yang mempunyai orbit tidak sejajar.

Namun para astronom menyebutkan planet raksasa panas TOI-1518b ini sebagai Hot Jupiter atau Jupiter Panas dengan periode orbit kurang 10 hari. Exoplanet seperti ini memiliki suhu permukaan yang lebih tinggi karena mampu mengorbit bintang induknya.

Bahkan saat ini tim astronom dengan pemimpin bernama Samuel H.C Cabot yang berasal dari Universitas Yale AS melaporkan bahwa tim mereka itu mampu menemukan planet luar tata surya dengan jenis terbaru.

Ukuran Lebih Besar

Para peneliti dari tim Yale University menyebutkan bahwa planet raksasa panas TOI-1518b memiliki jari-jari hingga 1,875-nya planet Jupiter. Sedangkan untuk massanya juga sebanyak dua kali lipatnya planet Jupiter.

Bahkan para astronom telah terdorong oleh adanya deteksi atomik terbaru oleh Jupiter Super Panas dan melakukan analisis korelasi silang. Mereka juga menemukan besi netral dan menambahkan objek lainnya ke dalam sampel planet gas raksasa.

Baca juga: Planet Raksasa Termuda Terdeteksi di Dekat Bumi, Simak Faktanya

Selain itu, juga memiliki besi di atmosfernya yang mana planet super panas ini mempunyai suhu kesetimbangan hingga 2492 derajat Kelvin. Sedangkan untuk siang hari, maka suhunya dapat mencapai hingga 2137 derajat Kelvin.

Lebih lanjut, para peneliti juga mengatakan bahwa dengan kondisi seperti itu, maka planet ini akan menjadi kandidat yang cukup menjanjikan. Terutama emisi spektroskopi masa depan untuk menyelidiki inversi termal.

Orbit Tidak Sejajar

Menurut para peneliti dari tim internasional bahwa planet raksasa panas TOI-1518b memiliki orbit yang tidak sejajar hingga 240,34 derajat. Sehingga pengamatan spektroskopi akan lebih lanjut lagi guna mengkonfirmasi hal itu.

Selain itu, para penemu juga mencatat jika gas raksasa secara umum berdekatan dengan bintang panas biasanya tidak akan sejajar. Sebab, planet ini mempunyai suhu efektifnya sekitar 7.300 K dan dua kali lipat lebih besar daripada matahari.

Sehingga tim astronom pun melakukan analisis korelasi silang atmosfer dan sudah berhasil menemukan besi netral. Mereka telah menggarisbawahi jika sejauh ini hanya ada sedikit saja yang terdeteksi di Jupiter.

Sebagai perbandingannya, planet TOI-1518b ini mempunyai suhu hingga 7.300 derajat Kelvin di bagian permukaan. Sementara untuk matahari memiliki 5778 derajat Kelvin.

Revolusi

Selanjutnya untuk revolusi, planet raksasa panas TOI-1518b ini jauh lebih cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2 hari bahkan kurang. Bertujuan untuk memutari bintangnya itu dengan jarak tempuh hingga 0.04 unit astronomi (3.7 juta mil).

Kabarnya planet raksasa tersebut kali pertamanya teridentifikasi sebagai salah satu kandidat exoplanet transit pada data fotometrik TESS. Sedangkan molekul dan logam yang mengandung itu adalah sebagai sumber opasitas yang lebih kuat di optik.

Baca juga: Planet Ekstrasurya Raksasa WASP-107b, Super-Puff Penuh Lapisan Gas

Sebagai informasi bahwa banyak Jupiter panas yang memang mengandung logam menguap, baik itu terionisasi maupun netral. Sementara para tim juga menambahkan objek lainnya ke sampel yang sangat teradiasi dengan deteksi Fe di dalam transmisi.

Bahkan planet terbaru ini masuk ke dalam kategori Jupiter yang sangat panas dengan suhu kesetimbangan hingga 2000 K lebih. Sama seperti informasi dari salah satu tim astronomi di Yale University.

Kombinasi dengan kecerahan bintang induknya, maka menjadikan planet raksasa panas TOI-1518b menjadi target yang lebih menarik lagi. Sementara makalah dari tim astronomi akan ada di Astronomical Journal. (R10/HR-Online)

- Advertisment -