Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita PangandaranPoktan Situ Hiang Pangandaran Targetkan Panen 10 Ton Bawang Merah

Poktan Situ Hiang Pangandaran Targetkan Panen 10 Ton Bawang Merah

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kelompok Tani atau Poktan Situ Hiang Desa Pangkalan, Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jabar, mulai panen bawang merah, Sabtu (16/10/2021).

Panen perdana bawang merah tersebut dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan benih bawang merah di Kabupaten Pangandaran.

Poktan Situ Hiang merupakan kelompok tani yang mendapatkan program desiminasi inovasi pembenihan bawang merah dari pemerintah.

Salah seorang anggota kelompok tani Situ Hiang Taryana mengatakan, program diseminasi inovasi pembenihan bawang merah yang dikelola oleh kami, sudah mulai panen.

“Alhamdulilah meski curah hujan selama penanaman tergolong tinggi, namun program ini termasuk sukses dan saat ini sudah mulai dipanen,” ujar Taryana.

Baca Juga: Poktan Situ Hiang Siap Penuhi Kebutuhan Benih Bawang Merah di Pangandaran 

Namun karena panennya baru mulai, pihaknya belum bisa memprediksi, apakah bisa mencapai target atau tidak.

“Sebelumnya hasil panen dari lahan satu hektar kita memperkirakan sekitar 10 ton, namun karena curah hujan selama penanaman tinggi, kita khawatir taksiran 10 ton meleset,” paparnya.

Sementara Anggota DPR RI Asep Ahmad Maoshul Affandy mengatakan, jika melihat hasil panen bawang merah Pokta Situ Hiang saat ini, pihaknya optimis akan mencapai target.

“Meski tidak mencapai target, saya tetap mengapresiasi para petani, mengingat kondisi cuaca selama masa tanam curah hujannya cukup tinggi,” katanya.

Yang terpenting dengan adanya program ini, bisa memicu para petani, atau kelompok tani lain untuk mengembangan tanaman bawang merah di wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Saya berharap, kedepan Kecamatan Langkaplancar khususnya bisa menjadi penyuplai bawang merah atau bisa memenuhi kebutuhan bawang merah di Kabupaten Pangandaran, dan para petani bawang merah tidak lagi kesulitan dalam mencari benih,” pungkasnya. (Enceng/R8/HR Online)

Editor: Jujang

- Advertisment -