Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruRem Cakram Terlalu Dalam, Lakukan Penanganan Sendiri di Rumah

Rem Cakram Terlalu Dalam, Lakukan Penanganan Sendiri di Rumah

Rem cakram terlalu dalam akan berdampak buruk pada keselamatan pengendara. Rem merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan sehingga harus Anda perhatikan dengan baik dan benar.

Oleh karena itu, berikan perawatan secara rutin, agar komponen tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Seperti yang sudah banyak diketahui, jika sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi yang kini justru semakin maju.

Keberadaannya juga semakin ditunggu oleh para konsumen, sehingga membuat produksinya mengalami peningkatan. Sebagai pemilik kendaran roda dua ini, Anda harus bisa merawatnya dengan baik.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Keras, Temukan Dulu Pemicunya

Hal ini bertujuan agar kendaraan bisa berfungsi secara optimal. Banyaknya komponen yang ada di dalam kendaraan ini membuat Anda harus pintar dalam menjaganya.

Paling tidak, lakukan pengecekan dan penggantian komponen jika sudah tidak layak pakai. Setiap komponen kendaraan tentu memiliki fungsi yang tidak sama.

Perawatan dan masa pakainya pun juga berbeda. Misalnya saja rem cakram. Komponen yang satu ini cukup vital untuk menunjang keselamatan berkendara.

Hampir semua sepeda motor tentu memiliki kelengkapan rem cakram. Sebab, jenis rem yang satu ini lebih pakem jika kita bandingkan dengan lainnya. Meski demikian, ada saatnya jika rem cakram perlu penggantian.

Salah satunya jika rem terlalu dalam saat Anda menginjak tuas remnya. Jika Anda pernah mengalaminya, segeralah mengatasi masalah tersebut.

Hal ini bertujuan agar keselamatan Anda tetap terjaga. Kenyamanan selama berkendara pun tak akan hilang.

Penyebab Rem Cakram Terlalu Dalam

Pernah mengalami tuas rem terlalu dalam saat kita tekan? Jangan Anda anggap sepele. Kini justru masalah ini harus segera teratasi.

Sebab fungsinya yang cukup penting membuat Anda harus selalu melakukan pengecekan dengan tepat. Pastikan rem sepeda motor Anda dalam kondisi prima.

Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu rem sulit kita tekan. Hal ini membuat Anda kurang optimal dalam melakukan pengereman. Ketika masalah ini terjadi, kemungkinan besar pada bagian master rem.

Jika master rem kurang optimal, maka menandakan sudah lemah. Masalah ini memang sering terjadi pada kendaraan yang berumur tua.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram pada Sepeda Motor

Jika tidak, kendaraan sudah melakukan perjalanan jauh. Untuk itu, pastikan Anda melakukan pengecekan sebelum menentukan master rem yang bermasalah.

Ketika Anda ingin menggantinya, sebaiknya cek dulu apakah komponen masih layak pakai atau tidak.

Untuk sepeda motor tua, masalah rem cakram terlalu dalam ini memang sering terjadi. Namun juga bisa terjadi pada kendaraan yang sering terpakai. Masalah ini bisa saja hilang dan kembali normal.

Cara Membuat Rem Cakram Kembali Normal

Ketika rem cakram terlalu dalam sudah Anda lakukan pengecekan dan masih bagus, tentu timbul penyebab lain. Jika kampas masih bagus dan tidak perlu Anda ganti, penyebabnya berasal dari sistem hidroliknya.

Bahkan hal ini juga bisa karena minyak rem masuk angin. Maksud dari masuk angin yaitu dalam saluran minyak rem terisi udara. Sehingga akan membuat minyak rem mendidih.

Hal ini terjadi karena gelembung minyak rem menahan dorongan ke bagian kaliper pada selang. Jika kondisinya tidak terlalu parah, gunakan cara bleeding melalui kaliper.

Cara ini cukup mudah untuk bisa Anda lakukan sendiri. Anda cukup tekan tuas rem sampai habis sehingga minyak rem meleleh dan keluar dari nipple.

Kemudian, kencangkan murnya hingga rapat. Kocok tuas rem depan hingga saluran kaliper terisi minyak rem secara penuh.

Cara Mengatasi Rem Cakram Sendiri di Rumah

Banyak hal yang bisa terjadi ketika rem tersebut bermasalah. Sebaiknya Anda lakukan pengecekan setiap komponen. Salah satu masalah yang timbul yaitu rem cakram terlalu dalam.

Cara mudah mengatasi hal ini yaitu dengan membuang minyak rem. Anda cukup menggunakan kunci ring 8 untuk mengendurkan nipple pada kaliper depan. Caranya sama seperti uraian yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Memiliki kendaraan, wajib melakukan perawatan. Bahkan termasuk cara mengatasi rem cakram yang bermasalah. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu rem cakram saat kita injak tidak pakem.

Ketika rem cakram terlalu dalam ini timbul, jangan panik. Ada banyak cara untuk mengatasinya. Bahkan Anda tidak perlu membawanya ke bengkel. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -