Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruRestart HP Samsung Praktis dan Mudah, Kinerjanya Kembali Normal

Restart HP Samsung Praktis dan Mudah, Kinerjanya Kembali Normal

Restart HP Samsung dapat Anda lakukan dengan cara yang cukup sederhana. Perlu Anda ketahui, melakukan restart pada perangkat HP bertujuan untuk mengembalikan sistem serta software pada HP Android ke kondisi awal.

Seperti halnya ponsel baru keluar dari pabrik. Pada umumnya, factory reset atau restart HP dilakukan untuk memperbaiki masalah kerusakan pada software perangkat Android atau tablet.

Melakukan restart, termasuk pada merek Samsung, ternyata tidak selalu menggunakan tombol fisik. Para pengguna dapat melakukannya dengan beberapa pilihan cara yang cukup mudah dan praktis.

Salah satunya adalah dengan menggunakan menu bar. Bagi Anda para pengguna HP Samsung yang masih merasa kebingungan untuk melakukan restart pada perangkat, berikut ini kita simak ulasan lengkapnya.

Baca Juga: Cara Restart iPhone Saat Bermasalah Paling Tepat dan Lengkap

Cara Restart HP Samsung Mudah dan Praktis

Dalam penggunaan HP, seringkali kita mendengar istilah reset dan restart HP. Ternyata kedua istilah ini memiliki arti yang berbeda. Restart merupakan salah satu cara yang biasa digunakan pada smartphone atau perangkat laptop untuk memulai kembali yang pada awalnya dalam keadaan hidup.

Selanjutnya perangkat HP atau laptop akan secara otomatis mati dan hidup dengan sendirinya. Inilah yang dinamakan dengan restart.

Sedangkan untuk istilah reset adalah cara yang digunakan untuk mengembalikan atau menghapus data yang terdapat pada perangkat HP atau laptop pada keadaan semula.

Oleh karena itu, saat melakukan restart HP atau laptop, secara otomatis semua file yang ada akan terhapus. Lalu yang tersisa hanyalah software atau firmware smartphone tersebut.

Bagi Anda para pengguna HP Samsung yang ingin melakukan restart, tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa cara mudah untuk melakukan restart.

Baca Juga: Komputer Restart Sendiri, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Cara Restart HP Samsung dengan Tombol Fisik

Ini merupakan salah satu cara yang paling sering pengguna gunakan untuk melakukan restart pada perangkat HP. Cara restart HP Samsung melalui tombol fisik meliputi:

  1. Langkah pertama, Anda dapat melepaskan case HP apabila Anda merasa terganggu dengan adanya case tersebut.
  2. Selanjutnya Anda dapat menekan serta tahan kedua tombol power dan volume up secara bersamaan dalam beberapa detik.
  3. Tahan hingga ponsel Samsung Anda menyala
  4. Apabila Anda tidak bisa memaksa restart ponsel, maka Anda dapat menyambungkan HP Samsung Anda dengan charger asli.
  5. Lakukan pengisian daya selama 30 menit. Kemudian lakukan kembali langkah di atas hingga berhasil.

Cara Restart HP Samsung Melalui Menu Bar

Merupakan salah satu pilihan cara yang cukup mudah untuk Anda lakukan. Hanya dengan menggunakan menu bar yang telah tersedia pada perangkat Samsung. Berikut ini langkah mudahnya:

  1. Langkah pertama, Anda dapat mengaktifkan HP Samsung yang Anda gunakan
  2. Selanjutnya usap layar ke bawah dengan menggunakan jari yang kemudian akan muncul menu bar.
  3. Berikutnya, Anda dapat melihat tampilan paling atas pada pojok kanan. Kemudian klik tombol power tersebut.
  4. Nantinya akan muncul 3 pilihan, pilih tombol tengah dengan petunjuk “Mulai Lagi”.
  5. HP Samsung pun akan merestart secara otomatis.

Cara Restart HP Samsung Melalui Fitur Fast Reboot

Dalam menggunakan fitur ini, maka Anda dapat melakukannya apabila tombol power yang terdapat pada perangkat HP Samsung tidak dapat berfungsi dengan baik. Adapun langkah-langkah yang dapat Anda lakukan antara lain:

  1. Pertama, download terlebih dahulu aplikasi fast reboot dari aplikasi Google Play
  2. Selanjutnya buka aplikasi dan pilih menu Restart untuk melakukan restart di HP Samsung
  3. Secara otomatis aplikasi Fast Reboot akan melakukan restart apabila mendapatkan perintah tersebut.

Baca Juga: Fungsi Restart HP Optimalkan Kinerja Smartphone, Ketahui Caranya

Cara Reset HP Samsung

Setelah mengetahui beberapa cara restart HP Samsung dengan mudah di atas, tidak ada salahnya untuk mengetahui bagaimana resetnya.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan menu Pengaturan atau dengan memasukkan kode. Adapun untuk melalui menu Pengaturan adalah buka menu Pengaturan > Backup & Reset > Factory Data Reset. Beri tanda ceklist pada Backup My Data, kemudian Tap Factory Data Reset.

Proses ini pada umumnya memerlukan waktu 3 hingga 10 menit. Sedangkan untuk melakukan reset HP Samsung dengan menggunakan kode adalah buka menu dial pad.

Lalu ketikkan kode *2767*3855# klik Ok/Call. Selanjutnya HP Samsung pun akan melakukan reset dan semua data hilang secara otomatis.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk melakukan restart HP Samsung yang dapat Anda lakukan. Dengan melalui proses restart ini, maka kinerja HP pun dapat kembali normal. (R10/HR-Online)

- Advertisment -