Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita BanjarRevitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar Rencananya Rampung Juli 2022

Revitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar Rencananya Rampung Juli 2022

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pembangunan revitalisasi terminal tipe A Kota Banjar, Jawa Barat rencananya rampung pada bulan Juli tahun 2022 mendatang.

Hal itu terungkap dalam kunjungan Sekertaris Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Marta Hadisarwono, ke lokasi terminal yang sedang dalam pembangunan.

“Jadi target selesai itu tadinya bulan Desember, tapi alhamdulillah ada percepatan menjadi bulan Juli tahun 2022 ini bisa selesai. Ini supaya lebih cepat dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Marta Hadisarwono kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Marta menjelaskan, ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan jika terminal tipe A Kota Banjar sudah bisa beroperasi.

“Begitu nanti ada peresmian, pemerintah kota juga harus memastikan berapa bus yang beroperasi di sini, PO bus mana saja, dan layout ruangan ini akan bekerja sama dengan siapa saja,” jelasnya.

Dalam arahannya, Marta berharap selain fungsi dan pelayanan terminal yang optimal, juga bisa terbentuk ekosistem perekonomian di dalamnya.

“Kita harapkan ke depan akan terbentuk ekosistem perekonomian di dalam fungsi terminal ini. Siapa tahu nanti pemerintah membuka pelayanan poliklinik 24 jam, dan pelayanan yang lainnya,” paparnya.

baca juga: Kue Caketra Produksi Situbatu Kota Banjar Tetap Eksis dan Menjanjikan

Revitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar Telan Rp 64 Miliar

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat Wilayah IX Jawa Barat, Danny Michels menyebutkan, dalam revitalisasi tersebut anggarannya mencapai Rp 64 miliar.

“Untuk pembangunan revitalisasi terminal tipe A ini memakan anggaran sebesar Rp 64 miliar,” ujar Denny.

Selain itu, dalam revitalisasi tersebut juga terdapat program padat karya yang bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal khususnya.

“Sesuai dengan Permenhub RI nomor 73 tahun 2018 tentang tata cara penyelenggaraan program padat karya di lingkungan Kemenhub. Bahwa pelaksanaan kegiatan dapat mengikutsertakan pekerja setempat,” terangnya.

Ia menyebut, program padat karya yang menyerap tenaga kerja lokal dalam revitalisasi tersebut kini sudah mencapai 47 persen dari targetnya.

“Jadi target untuk tahu 2021 ini sebesar kurang lebih 4050 orang hari atau rata-rata sebanyak 45 orang per hari,” ungkap Denny.

Oleh karena itu, Denny berharap proses Revitalisasi Terminal Tipe A Kota Banjar tersebut bisa membantu masyarakat juga bisa berdampak secara langsung. (Sandi/R6/HR-Online)

- Advertisment -