Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruSayuran yang Baik Bagi Ibu Hamil, Ini Dia Daftarnya!

Sayuran yang Baik Bagi Ibu Hamil, Ini Dia Daftarnya!

Sayuran yang baik bagi ibu hamil penting menjadi menu hariannya. Selain berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, jenis makanan ini juga akan mendukung kebutuhan nutrisi selama kehamilan yang tentunya berubah.

Bagi setiap wanita yang sudah menikah tentu mendapatkan kehamilan adalah suatu anugerah yang luar biasa. Dari janin yang akan lahir itulah garis keturunan akan berlangsung ke generasi selanjutnya

Jika Anda sudah mendapatkan kehamilan, pastikan untuk menjaga baik-baik kandungan Anda. Caranya adalah dengan senantiasa hidup sehat dan mengonsumsi makanan yang baik dan mendukung kehamilan Anda.

Jenis Sayuran yang Baik Bagi Ibu Hamil

Kebutuhan nutrisi ibu hamil akan berubah dari saat normal. Hadirnya janin dalam kandungan akan membuat banyak perubahan pada sang ibu. Karena itu sangat penting menjaga kesehatan dan menu dietnya, agar janin terjaga hingga kelahiran.

Lantas apa saja jenis sayuran yang baik bagi ibu hamil? Pada kesempatan kali ini ada sejumlah rekomendasi sayuran yang sebaiknya masuk dalam menu diet selama kehamilan Anda.

Baca Juga : Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil dan Janin, Ini Daftarnya!

Brokoli

Brokoli termasuk salah satu jenis sayuran yang penting untuk ibu hamil. Dalam sayuran ini terdapat kandungan beta karoten, indoles, isotiosianat dan juga kalsium dalam jumlah yang cukup.

Semua zat tersebut sangat penting dan membantu dalam memberikan perlindungan terhadap tubuh dari resiko terserang kanker.

Sangat penting bagi ibu hamil mengolah brokoli dengan menambahkan sedikit garam untuk mematikan kuman atau hewan yang ada dalamnya. Setelah itu masak sebentar dengan cara merebus atau mengukusnya agar nutrisinya tetap aman.

Paprika

Paprika termasuk sayuran yang baik bagi ibu hamil. Bahan yang seringkali kita jadikan pengganti cabai terdapat kandungan vitamin C dalam jumlah yang besar. Bahkan kadarnya lebih tinggi ketimbang buah jeruk.

Perbaiki jaringan tubuh yang rusak dengan mengonsumsi vitamin C. Selain itu, vitamin C juga berfungsi membantu terjadinya penyerapan zat besi dalam tubuh.

Jika Anda kurang suka pedas dan ingin tetap mendapatkan manfaat dari paprika, Anda bisa buang bijinya saat memasak. Ini agar tidak terasa pedas karena kandungan capsaicin yang memicu rasa pedas terdapat pada bijinya.

Baca Juga : Manfaat Kacang Panjang yang Bersifat Anti Bakteri dan Anti Virus

Wortel

Ibu hamil juga sangat penting untuk mengonsumsi wortel. Warna wortel orange terang merupakan warna yang mengindikasikan terdapat banyak kandungan betakaroten.

Kandungan betakaroten ini sangat berguna dalam membantu perkembangan sel dan jaringan saraf pada janin. Antioksidan dalam jumlah yang tinggi juga sangat diperlukan oleh ibu hamil untuk menangkal radikal bebas.

Selain kandungan tersebut, sayuran yang baik bagi ibu hamil ini juga banyak mengandung kalsium dan bermanfaat dalam proses pembentukan tulang dan gigi bayi.

Dengan mengonsumsi wortel secara rutin, gizi bayi akan lengkap dan sistem imun ibu juga akan lebih kuat selama kehamilan.

Selain itu bagi ibu yang sudah melahirkan dan sedang menyusui, kualitas ASI juga akan baik dan melimpah jika sering mengonsumsi wortel.

Sayur Buncis

Buncis juga merupakan salah satu jenis sayuran yang baik bagi ibu hamil. Sayuran ini mengandung protein, vitamin K dan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Jika sering mengonsumsi buncis, kesehatan tulang Anda akan lebih terjaga.

Selain itu, Anda juga akan terhindar dari risiko mengalami sakit kepala dan konstipasi yang sering terjadi pada ibu hamil.

Bayam

Sayur bayam merupakan jenis sayuran yang kaya kandungan zat besi dan asam folat di dalamnya. Kandungan vitamin A, vitamin C dan K juga termasuk di dalam sayur hijau ini.

Anda bisa mengolah bayam menjadi sayur bening atau sop dan dianjurkan dikonsumsi secara rutin untuk ibu hamil, agar semua nutrisi pentingnya bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Kacang-kacangan

Protein nabati bisa kita dapatkan dari kacang-kacangan. Manfaatnya salah satunya yaitu membantu perkembangan otot serta saraf pada janin.

Kandungan kalsium dalam kacang juga berguna membantu dalam proses pembentukan tulang dan gigi janin selama dalam rahim.

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang baik untuk menjadi konsumsi ibu hamil. Seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai yang kaya kandungan nutrisi.

Itulah berbagai jenis sayuran yang baik bagi ibu hamil. Mengonsumsi secara rutin selama kehamilan sangat berguna untuk tumbuh kembang janin dan kesehatan ibu. Karena itu jaga selalu kesehatan Anda serta janin dalam rahim. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -