Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruSayuran yang Kaya Serat, Ini Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Sayuran yang Kaya Serat, Ini Jenis dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengonsumsi sayuran yang kaya serat sangat besar manfaatnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain melancarkan sistem pencernaan, sayuran ini juga sangat baik untuk menjaga metabolisme tubuh.

Tubuh sangat membutuhkan serat. Meski tidak dapat tercerna seperti halnya protein, vitamin atau zat gizi lainnya, akan tetapi kehadiran serat akan mengikat air. Ini akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Ada banyak jenis makanan yang kaya serat dan dapat kita temukan di sekitar kita. Khususnya dari jenis sayur-sayuran. Mengonsumsi makanan ini dalam menu sehari-hari secara rutin sangat dianjurkan.

Daftar Sayuran yang Kaya Serat

Untuk mendapatkan kebutuhan serat bagi tubuh, ada banyak jenis makanan mengandung serat yang cukup dan wajib kita konsumsi. Selain baik untuk mencegah gangguan pencernaan, ada banyak manfaat lainnya dari konsumsi jenis sayuran ini bagi kesehatan tubuh.

Nah, berikut ini berbagai jenis sayuran yang kaya serat sehingga perlu masuk dalam menu makanan sehari-hari kita.

Baca Juga : Menurunkan Kadar Gula Darah dengan Cepat, Gunakan Cara Ini!

Sayur Asparagus

Asparagus termasuk salah satu jenis sayuran dengan serat tinggi yang sebaiknya kita konsumsi secara rutin. Dalam setiap 90 gram asparagus terdapat kandungan serat mencapai 1,8 gram.

Meski kaya kandungan serat, sayuran yang satu ini juga termasuk salah satu sayuran rendah kalori.

Hal ini terlihat karena dalam 90 gram asparagus, hanya terdapat kalori sebanyak 20 kali saja. Mengonsumsi sayuran ini setiap hari untuk mendukung program diet sangat menjadi anjuran.

Sayur Bayam

Selain kaya kandungan zat besi, bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya serat dan wajib kita konsumsi secara rutin. Setiap 100 gram bayam, sayuran ini mengandung serat kurang lebih sebanyak 2,4 gram.

Bayam juga termasuk salah satu jenis sayuran rendah kalori, sehingga Anda yang sedang diet pun aman mengonsumsi secara rutin sayuran yang satu ini.

Baca Juga : Penyebab BAB Berdarah Tak Hanya Karena Wasir, Bisa juga Karena Ini

Selain itu, bayam termasuk salah satu jenis sayuran yang masuk ke dalam sumber lutein dan zeaxanthin. Karena bayam memiliki kandungan antioksidan terbaik untuk menjaga kesehatan mata.

Sayur Brokoli

Brokoli termasuk salah satu jenis sayuran berserat tinggi yang sangat cocok kita konsumsi sehari-hari. Khususnya untuk Anda yang ingin menjalani hidup sehat atau sedang berusaha dalam proses penurunan berat badan.

Brokoli dapat memberikan serat sebesar 2,6 gram setiap 100 gramnya. Jumlah ini sangat besar, mengingat kalori yang makanan ini berikan hanya 35 saja. Karena itu sayuran yang kaya serat ini bisa masuk dalam daftar menu harian Anda.

Selain menjadi banyak mengandung serat, brokoli juga memiliki mengandung protein tinggi daripada sayuran lain kurang lebih sekitar 2,4 gram untuk 100 gramnya.

Berbagai manfaat untuk kesehatan juga bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi brokoli.

Selain dapat menjaga sistem pencernaan, brokoli juga bermanfaat meningkatkan kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan kesehatan jantung, serta meningkatkan kesehatan otak dan lainnya.

Baca Juga : Manfaat Rumput Laut Bagus untuk Diet Hingga Tingkatkan Libido

Sayur Kubis

Kubis juga termasuk jenis sayuran yang kaya serat. Dalam 89 gram kubis terdapat kandungan serat yang jumlahnya sekitar 2 gram. Sayuran ini juga bisa menjadi pilihan dalam menu makanan harian Anda.

Sementara kandungan kalori dalam kubis sangat rendah, yaitu 22 kalori saja. Kubis juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mengantongi vitamin C cukup banyak.

Menurut berbagai literatur kesehatan, dalam setiap 89 gram terdapat kandungan vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan 85 persen untuk tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsinya sangat berguna.

Bit Merah

Selain beberapa jenis sayuran di atas, sayuran dengan serat tinggi lainnya adalah buah bit. Bit merah atau yang juga sering kita kenal dengan nama beetroot merupakan sayur dari umbi-umbian yang mengandung serat dalam jumlah tinggi.

Pada setiap 100 gram bit merah, terdapat serat sebanyak 2,8 gram. Sementara kalori yang ada juga sangat rendah yaitu hanya sekitar 43 kalori saja. Bit merah bisa kita olah dengan berbagai cara, salah satunya merebus atau menjadikan jus.

Itulah beberapa jenis sayuran yang kaya serat yang sebaiknya kita konsumsi secara rutin. Namun agar manfaat sayuran ini lebih optimal bagi tubuh sebaiknya variasikan dalam membuat menu makanannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -