Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruSayuran yang Kaya Zat Besi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Sayuran yang Kaya Zat Besi dan Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

Mengonsumsi sayuran yang kaya zat besi sangat penting. Mineral ini sangat penting bagi tubuh yang berguna dalam memproduksi hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein dalam eritrosit atau sel darah merah.

Ketika kebutuhan zat besi tidak terpenuhi, hemoglobin dalam akan berkurang. Kondisi ini bisa menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk terjadinya anemia.

Mengutip dari laman Smarter Health, anemia merupakan kondisi medis akibat tubuh kekurangan sel darah merah. Padahal sel darah merah inilah yang memiliki peran vital dalam oksigen dan nutrisi.

Ada sejumlah bahaya yang mengancam dari kondisi anemia yang tidak segera mendapat penanganan.

Seperti tubuh mengalami kelelahan yang berkepanjangan, mudah mengalami infeksi dan luka sulit sembuh, fungsi jantung juga terganggu, stress dan depresi. Bahkan bisa menyebabkan kematian.

Kekurangan hemoglobin juga bisa memicu gangguan perkembangan kognitif dan motorik anak. Terlebih untuk ibu hamil juga bisa terganggu kandungannya.

Karena itu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi sangat penting dan menjadi anjuran yang utama.

Baca Juga : Sayuran yang Mengandung Vitamin C, Berikut Penjelasan dan Manfaatnya

Jenis Sayuran yang Kaya Zat Besi

Ada banyak jenis makanan yang banyak mengandung zat besi. Baik dari jenis buah, daging, hingga sayuran. Nah, berikut ini berbagai jenis sayuran yang kaya zat besi yang perlu menjadi bagian dari menu makanan Anda.

Sayur Bayam

Sudah bukan rahasia lagi kalau sayuran yang satu ini termasuk salah satu jenis sayuran yang kaya kandungan zat besi. Dalam 100 gram bayam terdapat kandungan sampai dengan 2,7 mg zat besi.

Selain memiliki kandungan zat besi, bayam juga merupakan jenis sayuran yang mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah cukup.

Beberapa mineral yang terdapat dibalik sayur bayam diantaranya kalsium, asam folat, sodium, dan berbagai mineral lainnya.

Dengan mengonsumsi sayuran kaya zat besi ini tentu akan ada banyak manfaat yang bisa Anda rasakan. Mulai dari mencegah stress, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah anemia serta menurunkan resiko kanker.

Baca Juga : Bayam Merah, Sayuran Langka yang Kaya Manfaat

Sayur Brokoli

Brokoli juga termasuk sayuran yang kaya zat besi. Dalam sayuran ini terdapat kandungan 0,7 mg zat besi setiap 100 gram. Jika kita bandingkan dengan jenis sayuran lain, kandungan zat besi pada brokoli cukup banyak.

Brokoli varian matang dan mentah memiliki nutrisi yang berbeda. Jika Anda masak terlalu lama, protein dalam brokoli tentu dapat larut. Oleh karena itu memasak brokoli cukup sedang saja.

Selain zat besi, kandungan nutrisi lain yang bisa Anda temukan dari balik sayuran ini antara lain vitamin C, A, K, protein, kalium, dan serat.

Sayur Swiss Chard

Swiss chard merupakan tanaman yang masuk dalam famili kale dan bayam. Jenis sayuran yang kaya zat besi ini juga memiliki bentuk yang unik dan menarik.

Daunnya berwarna hijau mengkilap dan tangkainya aneka warna. Setiap 100 gram Swiss Chard mengandung 1,8 mg zat besi.

Baca Juga : Manfaat Daun Lobak untuk Pencernaan hingga Cegah Kanker

Kandungan zat besi yang cukup banyak tersebut sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit anemia pada seseorang.

Selain itu, swiss chard yang dikonsumsi rutin juga dapat menjaga rambut agar tetap sehat, menjaga tulang tetap sehat, dan mengatur kadar gula darah sekaligus.

Sayur Kangkung

Tanaman kangkung bisa kita temukan dengan mudah. Bahkan di sawah-sawah atau pekarangan. Kangkung juga sekarang dibudidayakan dengan sistem hidroponik dan banyak juga dijual di pasar tradisional.

Dalam setiap 100 gram kangkung terdapat kandungan zat besi sebesar 1,7 mg. Ini akan mampu memenuhi kebutuhan harian zat besi Anda.

Selain itu, kangkung juga memiliki banyak manfaat seperti mencegah kanker, mencegah terjadinya radikal bebas, serta meningkatkan daya tahan tubuh dan menyehatkan jantung sekaligus.

Buah Kentang

Jenis sayuran yang satu ini termasuk ke dalam sayuran yang juga menjadi bahan makanan pengganti nasi bagi masyarakat Indonesia. Khususnya yang sedang diet seringkali menambahkan kentang yang mengolahnya dengan cara merebus untuk menu harian.

Jenis buah sayuran yang kaya zat besi ini pun banyak manfaatnya yang terdiri atas:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mencegah tumbuhnya sel – sel kanker
  • Menangkal tekanan darah tinggi
  • Memelihara kulit tetap lembab
  • Sangat baik untuk sistem pencernaan

Setiap 100 gram kentang terdapat kandungan 0,8 gram zat besi. Kentang juga mengandung berbagai macam kalsium dan vitamin C.

Kalsium yang terdapat dalam buah kentang kurang lebih sebesar 12 mg dan juga terdapat kandungan vitamin C sebesar 19,7 mg.

Itulah beberapa jenis sayuran yang kaya zat besi dan manfaatnya yang perlu Anda tahu. Mengonsumsinya secara rutin makanan yang banyak mengandung zat besi tersebut dan dapatkan manfaat kesehatannya. (R11/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -

Berita Terbaru