Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruScreen recording di iPhone Tanpa Aplikasi, Simak Tutorial Lengkapnya!

Screen recording di iPhone Tanpa Aplikasi, Simak Tutorial Lengkapnya!

Screen recording di iPhone sebenarnya dapat Anda lakukan dengan cara yang cukup mudah. Sejak Apple resmi meluncurkan iOS 11, perusahaan ini telah menambahkan kemampuan untuk merekam apa yang terdapat di layar iPhone.

Hal ini seringkali disebut dengan Screen Recording. Untuk saat ini, sangat mudah dalam melakukan perekaman video apapun yang Anda lihat pada layar iPhone. Anda dapat merekam percakapan Skype dengan teman atau dapat membagikan video Anda ketika mengalahkan game dengan teman.

Cara Melakukan Screen Recording di iPhone

Screen Recording merupakan suatu cara untuk merekam tampilan yang muncul di layar gadget. Cara ini seringkali dilakukan oleh para pengguna yang ingin merekam momen mereka dalam bermain game selanjutnya membagikannya ke media sosial atau yang ingin merekam konferensi video karena tidak memperoleh izin dari admin.

Bagi Anda para pengguna perangkat Android, mungkin sebagian besar ponsel terbaru telah terdapat tombol khusus untuk melakukan aktivitas screen recording.

Akan tetapi bagi mereka yang baru menggunakan perangkat iPhone, mungkin sedikit kebingungan untuk melakukan hal ini. Pasalnya, fitur screen recording pada perangkat iPhone tidak langsung tersedia pada deretan tombol akses yang muncul jika para pengguna menyapukan jari dari bagian atas ke bawah.

Hal ini berbeda dengan perangkat Android yang memiliki fitur screen recording langsung pada bagian tersebut. Lalu bagaimanakah cara untuk melakukan screen recording di iPhone?

Baca Juga: Cara Merekam Telepon di iPhone, Simak Beberapa Langkah Berikut Ini

Ketentuan Melakukan Screen Recording di iPhone

Hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan screen recording pada perangkat iPhone antara lain:

  • Perangkat iPhone yang digunakan telah memiliki fitur screen record.
  • Pastikan memiliki jaringan koneksi yang stabil
  • Selain itu, pastikal pula baterai full atau tidak lowbat
  • Terdapat memori sisa untuk menyimpan hasil dari screen record.

Jika semuanya telah siap, maka Anda dapat melakukan screen recording pada perangkat iPhone dengan mudah.

Mengaktifkan Tombol Pintas ke Screen Recording

Langkah penting pertama yang harus Anda lakukan dalam melakukan screen recording pada perangkat iPhone adalah dengan mengaktifkan tombol pintas ke screen recording. Hal ini dapat Anda lakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama adalah dengan buka menu setting atau pengaturan
  2. Kemudian masuk pada bagian Control Center
  3. Lalu pilih Customize Control, selanjutnya tekan tanda plus (+) berwarna hijau yang terdapat pada sebelah tombol fungsi Screen Recording.
  4. Berikutnya tombol Screen Recording pun akan muncul pada deretan ikon yang muncul ketika Anda menyapukan jari dari sisi bagian atas ke bawah di iPhone Anda.

Memulai Screen Recording di iPhone

Adapun caranya adalah:

  1. Langkah pertama, sentuh sisi bagian atas layar serta tarik ke bawah untuk dapat menampilkan Control Center
  2. Selanjutnya tekan tombol screen recording yang berbentuk dua lingkaran hampir sama dengan ikon rekam atau record.
  3. Berikutnya, ikon akan berubah menjadi hitung mundur. Apabila ikon telah berubah menjadi merah, ini artinya proses perekaman atau screen recording di perangkat iPhone Anda telah dimulai. Dengan kata lain saat Anda kembali ke layar home maka Anda akan melihat kotak merah tipis pada bagian atas layar. Hal ini menandakan bahwa Anda sedang merekam layar.
  4. Jika ingin menghentikan screen recording, maka Anda buka kembali Control Center sama dengan langkah awal serta tekan ikon screen recording.
  5. Langkah terakhir, akan muncul notifikasi yang menyebutkan bahwa video yang telah Anda rekan dari screen recording telah tersimpan.

Baca Juga: Aplikasi Untuk Merekam Layar Terbaik Android Tanpa Root di 2020

Perlu Anda ketahui bahwa screen recording pada perangkat iPhone mempunyai beberapa pilihan yang tersedia ketika melakukan perekaman layar. Hal ini dapat Anda lakukan langsung di Control Center.

Untuk dapat memunculkan opsi tersebut. maka Anda dapat melakukannya melalui 3D Touch pada ikon perekaman layar. Dari menu 3D Touch, maka Anda dapat memulai perekaman layar serta mengaktifkan atau menonaktifkan audio mikrofon.

Menariknya lagi, Anda pun dapat mengedit video screen recording yang telah Anda lakukan. Caranya cukup mudah yakni buka aplikasi Photos > buka video yang akan Anda edit > Tap Edit > seret panah atau bilah saklar untuk menyesuaikan panjang video > ketuk Done untuk menyimpan video yang telah Anda edit.

Dengan melakukan screen recording di iPhone, maka Anda dapat mengirim klip video yang telah Anda rekam. Selanjutnya Anda pun dapat mengunggahnya ke berbagai media sosial yang Anda gunakan.(R10/HR-Online)

- Advertisment -