Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisSekda Tatang Minta Bonsai di Ciamis Dikembangkan

Sekda Tatang Minta Bonsai di Ciamis Dikembangkan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis, Jabar, Tatang, menyebut bonsai menjadi salah satu tanaman yang bernilai ekonomi tinggi.

Hal itu Tatang sampaikan saat membuka kegiatan Pameran Nasional Pesona Bonsai  Galuh Festival 2021 Minggu, (24/10/2021), di Taman Lokasana.

Kegiatan tersebut dilaksanakan Perhimpunan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Ciamis dengan peserta dari berbagai penjuru negeri.

“Bonsai ini menjadi bagi peluang ekonomi bagi para pengrajinnya karena dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah,” ujar Tatang.

Terlebih saat pandemi Covid-19 ini, bonsai menjadi salah satu pilihan bidang usaha yang dapat ditekuni di rumah

“Sejak lama karya bonsai ini banyak digemari dan menjanjikan, penghobi bonsai menggemarinya karena punya nilai estetika dan memiliki cita rasa seni yang tinggi,” ungkapnya.

Baca Juga: Herdiat-Tatang Dilantik Jadi Pengurus PCNU Ciamis

Tatang juga mengapresiasi kegiatan Pameran Nasional Pesona Bonsai Galuh Festival 2021 ini.

Kegiatan ini dapat menunjang program bidang pariwisata, seni, budaya, lingkungan hidup serta ekonomi.

“Lewat kegiatan ini saya berharap pengrajin bonsai semakin bersemangat dalam berkarya, dan lebih banyak lagi masyarakat yang tertarik dengan bonsai Ciamis,” pungkasnya.

Sementara itu, Andang Irfan Sahara Ketua Panitia Penyelenggara menyebut kegiatan ini berlangsung dari tanggal 18 sampai 30 Oktober 2021.

Ada 645 pohon yang masuk ke Pamnas terdiri dari beberapa kelas, mulai dari kelas bintang, utama, regional, prospek.

“Pesertanya berasal dari beberapa wilayah di Indonesia,” katanya.

Pihaknya berharap Ciamis menjadi sentra bonsai dan menjadi Kabupaten Bonsai. yang berasal dari beberapa wilayah di Indonesia. (R8/HR Online/Editor Jujang)

- Advertisment -