Selasa, Juni 28, 2022
BerandaBerita TerbaruSifat Fisika dan Kimia Keton, Kenali Manfaatnya untuk Kehidupan

Sifat Fisika dan Kimia Keton, Kenali Manfaatnya untuk Kehidupan

Sifat fisika dan kimia keton akan menjadi topik pembahasan kali ini. Senyawa ini juga lebih terkenal dengan nama alkanon, kelihatannya masih sangat asing di telinga kita.

Akan tetapi tahukah Anda jika senyawa keton ini sebenarnya dekat dengan kehidupan kita? Kaum hawa tentunya sudah sangat akrab dengan menggunakan kutek (cat kuku).

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Kesetimbangan Kimia, Simak Disini!

Untuk membersihkannya, mereka menggunakan cairan yang bernama aseton yang di dalamnya ada senyawa keton ini. Lalu, bagaimanakah sifat yang mendasari dari senyawa keton atau alkanon ini?

Mengenal Sifat Fisika dan Kimia Keton

Definisi keton atau alkanon merupakan senyawa organik yang mempunyai -CO (gugus karbonil) dan termasuk salah satu dari senyawa polar. Alkanon ini adalah senyawa sederhana di mana karbon dari gugus karbonil terikat pada rantai substituennya dan dua atom karbon.

Alkanon sederhana ini lantaran tidak adanya gugus reaktif semacam -CI atau OH yang terikat pada karbon. Termasuk senyawa polar, koton terkenal mudah menguap dan larut. Hal ini menjadikan senyawa keton sebagai aditif dan pelarut yang bagus untuk parfum.

Tidak hanya itu, senyawa keton juga mudah dan dalam persiapan dan cenderung stabil. Di sisi lain keton juga mempunyai reaktivitas yang tinggi. Hal tersebut menjadikan keton adalah zat antara yang hampir sempurna untuk membangun senyawa organik lebih kompleks.

Selanjutnya kita akan membahas sifat fisika dan kimia keton atau alkanon ini. Hampir menyerupai aldehid, keton adalah molekul cair serta mempunyai sejumlah sifat fisik dan kimia.

Sifat tersebut bisa tergantung pada panjang rantai mereka. Untuk penjelasan lengkapnya, bisa Anda simah di bawah ini.

Kelarutan

Kelarutan alkanol mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemampuan molekul-molekul ini dalam menerima hidrogen pada atom oksigennya. Oleh karena hal tersebut dapat membentuk ikatan hidrogen bersama air.

Di sisi lain, dispersi, gaya atraktif, dan dipol-dipol mulai terbentuk antara air dan alkanon, yang bisa meningkatkan efek larutnya. Keton akan membutuhkan lebih banyak energi untuk menjadikannya larut dalam air.

Baca juga: Perbedaan Proton dan Elektron yang Jelas Bertolak Belakang

Maka dari itu, keton akan kehilangan kapasitas kelarutan semakin besar molekulnya. Senyawa alkanon ini juga bisa larut di dalam senyawa organik.

Titik Didih

Sifat fisika dan kimia keton yang selanjutnya adalah keton sangat polar dan mempunyai sifat gampang menguap. Senyawa alkanon tidak bisa menyumbangkan hidrogen untuk ikan hidrogen.

Hal ini lantaran keton tidak mempunyai atom hidrogen yang melekat pada gugus karbonilnya. Oleh karena itu, ketimbang alkena dan eter, titik didih keton masih jauh lebih tinggi. Akan tetapi masih lebih rendah dari alkohol yang berat molekul sama.

Keasaman

Dengan adanya gugus karbonil di dalamnya, senyawa keton mempunyai sifat asam. Terjadinya hal tersebut lantaran kapasitas stabilitas resonansi kelompok fungsional.

Mereka kemudian mengirim proton yang berasal dari ikatan rangkap mereka. Selanjutnya, mereka akan membentuk basis konjungsi yang bernama enol.

Reaktivitas

Sifat fisika dan kimia keton selanjutya adalah dari segi reaktivitas. Keton merupakan bagian dari sejumlah besar reaksi organik.

Hal ini bisa terjadi karena adanya kerentanan karbon karbonilnya terhadap penambahan nukleofilik, kecuali polaritasnya. Reaktifitas yang tinggi pada senyawa ketin inilah yang kemudian menjadikan ia sebagai perantara yang diakui dan mempunyai fungsi sebagai dasar untuk mensintesis senyawa lainnya.

Kegunaan Sifat Fisika dan Kimia Keton dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dengan sifat-sifat fisik dan kimia yang sudah tertera di atas, kita bisa melihat juga terkait kegunaan senyawa alkanon dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya sudah banyak pemanfaatannya, hanya kita yang kerap tidak menyadari.

Baca juga: Sifat Kimia Alkena Beserta Sifat Fisikanya yang Penting untuk Diketahui

Di bawah ini ada beberapa kegunaan senyawa keton untuk kehidupan sehari-hari.

Pertama, senyawa keton atau alkanon merupakan senyawa yang bermanfaat untuk mengeringkan alat-alat laboratorium. Pengeringan ini berlangsung dengan menambahkan beberapa mL pada alat-alat tersebut (khususnya berbentuk gelas yang hendak dibersihkan).

Pemanfaatan senyawa keton ini mengacu pada sifat fisika dan kimia keton yakni yang mudah menguap.

Senyawa keton berfungsi untuk pelarut dari berbagai zat dan senyawa, diantaranya adalah pelarut lilin, sirlak, plastik, dan selulosa dalam pemroduksian rayon.

Senyawa keton bisa dimanfaatkan untuk melarutkan dan menghilangkan kutek (cat kuku). Hal ini mungkin lebih kerap kita kenali dengan nama Aseton.

Demikianlah penjelasan tentang sifat fisika dan kimia keton serta beberapa kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat. (R10/HR-Online)

- Advertisment -