Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruSinopsis Film Sang Kiai, Sambut Hari Santri Nasional 2021

Sinopsis Film Sang Kiai, Sambut Hari Santri Nasional 2021

Sinopsis film Sang Kiai bisa Anda simak sebelum menontonnya. Bagi Anda yang ingin mengisi momen Hari Santri Nasional tahun 2021 yang jatuh pada Jumat (22/10/2021) ini Anda bisa menonton film Sang Kiai.

Film Sang Kiai bercerita tentang perjuangan KH Hasyim Asy’ari saat melawan penjajahan Jepang. KH Hasyim Asy’ari sendiri merupakan pendiri pondok pesantren Tebuireng dan tokoh Nahdlatul Ulama.

Pesantren, kiai, dan santri memiliki peran penting dalam upaya kemerdekaan Indonesia. Hal tergambar jelas dalam film Sang Kiai.

Simak Sinopsis Film Sang Kiai, Kisah Perjuangan KH Hasyim Asy’ari

Jepang yang menguasai Indonesia pada tahun 1942 memiliki aturan yang menyebutkan seluruh rakyat Indonesia wajib menghormati Matahari setiap fajar tiba atau mereka menyebutnya Sekerei.

Baca Juga: Sinopsis Film The Medium Angkat Kisah Pemujaan Mistis Desa Isan

Rakyat Indonesia wajib membungkuk saat matahari terbit, tua muda wajib melakukannya. Tentu saja hal ini mendapat tentangan dari rakyat Indonesia. Termasuk para ulama.

Bagaimana tidak, aturan membungkuk untuk menghormati Matahari dianggap sebagai bagian dari perbuatan syirik. Karena telah menduakan Allah SWT.

Dalam sinopsis film Sang Kiai, KH Hasyim Asy’ari sangat menentang perintah dari pemerintahan Jepang kala itu.

Karena ia enggan menuruti permintaan penjajahan Jepang, tentara Jepang tak membiarkannya begitu saja. KH Hasyim Asy’ari mereka bawa dari Pesantren.

Sontak saja para santri murka. Mereka berusaha membebaskan KH Hasyim Asy’ari. Melalui diplomasi panjang, akhirnya KH Hasyim Asy’ari bisa bebas dari tahanan Jepang.

Selanjutnya sinopsis film Sang Kiai menggambarkan bagaimana KH Wahid Hasyim berusaha membebaskan KH Hasyim Asy’ari.

Namun, apakah perjuangan para santri ini hanya sampai di sana? Tentu saja tidak. Perjuangan mereka masih panjang untuk mengusir penjajah Jepang.

Perjuangan Berlanjut

Nyatanya perjuangan para santri tak terhenti sampai KH Hasyim Asy’ari bebas. Lantaran tentara Jepang makin menjadi-jadi.

Baca Juga: Sinopsis Kau dan Dia Movie Sukses Bikin Baper Penontonnya

Selain memaksa rakyat Indonesia membungkuk pada Matahari, mereka juga memaksa rakyat untuk menanam berbagai tanaman untuk kebutuhan perang tentara Jepang seperti jarak (tanam paksa).

Melihat penderitaan makin menjadi, sinopsis film sang Kiai menggambarkan KH Hasyim Asy’ari tak menyerah begitu saja, meskipun Ia pernah mendekam di ruang tahanan Jepang.

Apalagi tentara Jepang juga memaksa para anggota Masyumi yang diketuai KH Hasyim Asy’ari untuk ikut tanam paksa. Hasil tanamannya wajib diserahkan kepada tentara Jepang. Sehingga rakyat tidak mendapat apa-apa selain upah yang sedikit.

Korban mulai berjatuhan, kesengsaraan rakyat sudah ada di ujung batas perikemanusiaan. Bagaimana langkah KH Hasyim Asy’ari selanjutnya? Setelah Anda menyimak sinopsis film Sang Kiai, kini Anda bisa langsung menontonnya.

Film Sang Kiai sendiri rilis pada tahun 2013 lalu, aplikasi streaming berbayar Netflix menyajikannya untuk pemirsa Indonesia. Sang Kiai sudah bisa Anda tonton di Netflix sejak Agustus 2021 lalu.

Sementara pemeran film ini adalah Ikranagara yang memerankan KH Hasyim Asy’ari dengan apik. Agus Kuncoro juga ikut terlibat, ia memerankan tokoh KH Wahid Hasyim.

Selain itu, ada aktris senior yang ikut berperan yaitu Christine Hakim. Sementara dari kalangan aktor muda, ada Adipati Dolken yang juga ikut ambil bagian dalam film Sang Kiai.

Sang sutradara Rako Prijanto berhasil mengarahkan para pemain, tak heran film Sang Kiai menuai banyak perhargaan pada Festival Film Indonesia 2013. Termasuk penghargaan sebagai Sutradara Terbaik diraih Rako Prijanti melalui film ini.

Selain itu penghargaan lainnya untuk film Sang Kiai adalah Film Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, dan Tata Suara Terbaik.

Sudah tahu sinopsis film Sang Kiai termasuk para pemeran dan penghargaan yang diraih film ini, Anda pasti makin penasaran. Karena itu, mengisi momen Hari Santri Nasional 2021, tak ada salahnya mengisinya dengan menonton film Sang Kiai. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)