Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruSpesifikasi HP Realme Q3s yang Meluncur Perdana di China

Spesifikasi HP Realme Q3s yang Meluncur Perdana di China

Setelah banyak yang membocorkan, akhirnya spesifikasi dari HP Realme Q3s terkuak. Ya, ponsel terbaru besutan Realme untuk kelas menengah ini perdana meluncur di negara asalnya, China.

Sebelumnya, sejumlah situs maupun website membocorkan spek smartphone terbaru Realme ini. Hal tersebut karena memang ponsel pintar asal vendor China ini memang sering membawa spesifikasi yang mumpuni dengan harga terjangkau.

Baca Juga : Spesifikasi HP Realme C25s dan Harganya di Indonesia

Bahkan untuk pangsa pasar Indonesia sendiri, Realme termasuk yang paling banyak penggemarnya. Sebab, setiap tahunnya sering masuk dalam 5 besar dalam sisi penjualan.

Spesifikasi HP Realme Q3s Lebih Baik dari Seri Sebelumnya

Mengutip dari situs resmi Realme, bahwa seri terbarunya ini memakai prosesor Snapdragon 778G 5G besutan Qualcomm. Chipset tersebut adalah yang terbaru yang Qualcomm rilis pada bulan Mei 2021 lalu.

Selain Realme Q3s, ternyata smartphone lainnya yang menggunakan jasa prosesor Snapdragon 778G 5G adalah Samsung Galaxy A52s 5G.

Tentunya dengan adanya chipset tersebut maka ponsel pintar ini akan lebih nyaman ketika Anda gunakan untuk bermain game kelas berat.

Selain itu, spesifikasi yang HP Realme Q3s 5G bawa lebih baik dari seri sebelumnya yakni Q3 5G. Sebagai informasi bahwa seri Q3 memakai prosesor Snapdragon 750G 5G.

Baca Juga : HP Realme V11s 5G Resmi Rilis, Harga Rp 3 Jutaan

Sementara untuk urusan RAM dan penyimpanan internal, Realme Q3s 5G membawa 3 varian. Antara lain RAM kapasitas 6 GB / 128 GB, kemudian RAM 8 GB dengan internal 128 GB, dan paling tinggi RAM 8 GB dengan penyimpanan internal 256 GB.

Dengan perpaduan antara chipset terbaru besutan Qualcomm dan RAM serta ROM yang besar, maka tidak akan ada masalah saat mengoperasikan sejumlah aplikasi secara bersamaan.

Peningkatan lainnya dalam hal spesifikasi dari seri sebelumnya, untuk layar yang terpasang pada HP Realme Q3s 5G ini lebih lebar, dengan ukuran 6,6 inci.

Sementara untuk resolusi layarnya mencapai 1080 x 2412 piksel dengan aspek rasio 20:9. Meski masih berpanel IPS LCD, tapi refresh rate layar dari Q3s 5G bisa 144 Hz, dan tingkat kecerahan 600 nits.

Spesifikasi Kamera

Sedangkan pada bagian spesifikasi kamera, HP Realme Q3s 5G membawa tiga lensa untuk belakang dan satu bagian depan.

Adapun 3 kamera yang terpasang pada bagian bodi belakang sebelah kiri atas itu, antara lain resolusi 48 MP aperture f/1.8 yang bertindak sebagai lensa wide. Kemudian, kamera kedua beresolusi 2 MP (makro) dan ketiga 2 MP (depth).

Baca Juga : HP Realme C11 2021, Ponsel Rp 1 Jutaan dengan Baterai Besar

Selain bagus untuk mengambil foto, kamera yang terpasang di HP Realme Q3s 5G ini juga bisa Anda andalkan untuk merekam video.

Bukan hanya merekam video dengan resolusi [email protected]/60fps, namun juga bisa [email protected]

Sementara spesifikasi kamera depan HP Realme Q3s 5G, terpasang pada lubang kecil sebelah kiri atas, dengan resolusi 16 MP bukaan f/2.1 (wide).

Dengan resolusi 16 MP tersebut, maka hasil selfie maupun video call tidak akan mengecewakan penggunanya.

Baterai Tahan Lama

Selain membawa dapur pacu yang handal, layar besar dan juga kamera mumpuni, spesifikasi HP Realme Q3s 5G dalam hal daya baterai pun tidak akan mengecewakan penggunanya.

Sebab, smartphone terbaru besutan Realme ini membawa baterai dengan kapasitas 5000 mAh.

Bukan hanya berbekal baterai jumbo, ponsel pintar Q3s tersebut juga membawa fitur pengisian daya cepat dengan output 30W. Realme mengklaim bahwa fast charging tersebut bisa mengisi daya baterai 50 persen hanya dalam waktu 25 menit saja.

Sedangkan untuk spek lainnya, Realme Q3s 5G memiliki ukuran secara keseluruhan 164.4 x 75.8 x 8.5 mm, dengan berat 199 gram.

Sistem operasi sudah berbasis Android 11 terbaru, dan juga menjalankan antarmuka ponsel memakai UI 2.0.

Sensor keamanan ponsel menggunakan fingerprint yang terpasang pada sebelah sisi. Warna yang tersedia adalah Aurora dan Dark Blue.

Sementara untuk harganya di negara asalnya untuk varian RAM 6 GB/128 GB berbanderol 1.499 yuan (Rp 3,3 jutaan).

Kemudian untuk varian RAM 8 GB/128 GB harganya mencapai 1.599 yuan atau kisaran Rp 3,5 jutaan. Dan varian paling tinggi RAM 8 GB/256 GB adalah 1.999 yuan (kurang lebih Rp 4,4 jutaan).

Berbekal spesifikasi HP Realme Q3s 5G dan harga yang terjangkau tentu akan banyak yang memburunya. Namun sayang belum ada informasi resmi apakah smartphone terbaru ini akan hadir ke Indonesia atau tidak. (R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -