Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruSukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Keyakinan, Apa Alasannya?

Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Keyakinan, Apa Alasannya?

Sukmawati Soekarnoputri jalani ritual untuk pindah agama dari Islam ke Hindu pada hari Selasa, 26 oktober 2021 mendatang di Buleleng Bali. Lebih tepatnya lagi di Kawasan Sukarno Center Heritage, Bale Agung Singaraja tiga hari mendatang.

Akan ada upacara yang bernama Sudhi Wadani atau pengukuhan dan pengesahan janji seseorang secara tulus. Hal ini dengan tujuan untuk menyatakan dan menganut pindah agama Hindu. Apa tujuan putri mantan Presiden Soekarno itu?

Baca Juga: Sejarah Presiden Soekarno, Masa Kecilnya Pernah Sakit-sakitan

26 Oktober Mendatang, Sukmawati Soekarnoputri Jalani Ritual Pindah Agama

Salah satu kabar mengejutkan itu datang dari putri presiden pertama Soekarno, yaitu Sukmawati Soekarnoputri. Bagaimana tidak, sebab hal ini akan menyangkut mengenai keyakinan, termasuk soal urusan agama.

Kabarnya Sukmawati telah memutuskan untuk pindah agama Hindu dan saat ini tengah menjalankan proses rangkaian perpindahan. Bahkan kabar tersebut juga dibenarkan oleh Arya Wedakarna selaku Kepala Sukarno Center di Bali.

Ketika Sukmawati Soekarnoputri jalani ritual itu ternyata ketiga anaknya juga sudah memberikan izin sebelumnya. Sukmawati memutuskan untuk pindah keyakinan karena ingin kembali lagi ke agama leluhurnya.

Sebab, katanya nenek Sukmawati asal Singaraja, yakni Nyoman Rai Srimben juga merupakan seorang yang beragama Hindu. Sehingga ia juga ingin bertempat tinggal di Bali bukan di Jakarta.

Baca Juga: Sejarah AURI, Percobaan Pembunuhan Soekarno oleh Pilot Kebanggaan Indonesia

Undangan Telah Tersebar

Menjelang Sukmawati Soekarnoputri jalani ritual, kabarnya undangan ritual prosesi pindah keyakinan itu pun sudah tersebar cukup luas. Dalam undangan tersebut, terlihat bahwa putri Soekarno akan menjalani proses pindah agama dari Islam ke Hindu pada 26 Oktober.

Undangan yang berkop The Sukarno Center Bali-Indonesia itu juga mengundang agar menghadiri acara Sudhi Wadani (proses ritual). Proses ritual ini akan berlangsung di rumah ibunda Bung Karno yakni Nyoman Rai Srimben di Bale Agung Buleleng.

Bahkan Sukmawati juga menunjuk salah satu dari anggota DPD RI yakni Arya Wedakarna untuk menyiapkan prosesi pindah agama tersebut. Menurut Arya, keputusan putri Soekarno untuk pindah keyakinan karena sudah mendapatkan restu dari keluarga Bung Karno.

Mulai dari Guntur Soekarno, Megawati Soekarnoputri hingga Guruh Soekarno. Tak hanya itu saja, melainkan juga ketiga anak Sukmawati juga sudah memberi izin kepadanya.

Akan Kembali Ke Agama Leluhurnya

Ketika jelang Sukmawati Soekarnoputri jalani ritual itu, pindahnya agama dari Islam ke Hindu adalah haknya agar dapat kembali ke agama leluhurnya. Menurutnya bahwa sang nenek juga seseorang yang beragama Hindu dari Buleleng, Bali.

Karena neneknya berasal dari Singaraja, Bali, maka ia juga menginginkan untuk bertempat tinggal di Bali dan bukan di Jakarta. Meski demikian, rupanya di Balai Agung merupakan tempat leluhur sang ibunda Bung Karno tersebut.

Sukmawati kembali mengatakan bahwa perpindahan agama dari Islam ke Hindu itu telah melalui proses yang cukup panjang. Sebab katanya, selama ini ia suka berdiskusi bersama padar biksu, pendeta, maupun pemangku membaca kitab suci Hindu.

Baca Juga: Joko Widodo Resmikan Pabrik Biodiesel Milik Haji Isam, Ini Tujuannya!

Berlangsung 26 Oktober Mendatang

Kabar jika Sukmawati Soekarnoputri jalani ritual pindah keyakinan itu dari Islam ke Hindu akan berlangsung pada tanggal 26 Oktober mendatang. Putri Soekarno tersebut telah memutuskan untuk memeluk agama Hindu dan menjalani prosesi ritual Sudhi Wadani.

Sukmawati pun juga menunjuk Arya Wedakarna agar ia juga membantu dalam acara prosesi pindah keyakinan tersebut. Kini segala persiapannya sudah cukup baik dan tinggal menunggu waktu pelaksanaan upacara tersebut.

Seperti tadi, Sukmawati memutuskan untuk pindah agama dan memeluk Hindu karena berdasarkan dari petunjuk leluhurnya. Selain itu, ia juga telah menjalani proses spiritual yang sangat lama dan cukup tinggi.

Bahkan salah satu pihaknya juga menyebutkan bahwa pindahnya keyakinan Sukmawati telah melalui proses panjang. Selain itu, juga sudah mendapatkan persetujuan dari pihak keluarganya.

Tidak hanya itu saja, melainkan Arya Wedakarna juga telah mengaku bahwa ia sering melihat Sukmawati mengikuti acara keagamaan Hindu. Jadi, keputusan untuk pindah keyakinan ini tampaknya sudah begitu jelas.

Alasan Sukmawati Soekarnoputri jalani ritual pindah agama Hindu karena mendapatkan petunjuk leluhur dan mengikuti agama neneknya itu. Prosesi upacara itu akan berlangsung pada hari Selasa 26 Oktober mendatang di Bali. (R10/HR-Online)

- Advertisment -