Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruSuntik Vitamin C, Manfaat dan Risikonya untuk Kecantikan

Suntik Vitamin C, Manfaat dan Risikonya untuk Kecantikan

Suntik vitamin C merupakan salah satu jenis perawatan kecantikan yang ditawarkan oleh klinik kecantikan. Vitamin C memang penting buat kesehatan kulit karena bisa membuat kulit bebas flek, dan terlihat lebih cerah. Bahkan menjadikan kulit kencang.

Selain itu, vitamin C efektif membantu dalam proses penyembuhan luka, serta mencegah terjadinya kerusakan pada sel kulit.

Dulu vitamin C bisa kita dapatkan dari konsumsi suplemen, makanan sehari-hari, atau dari produk skincare yang bersifat topikal. Namun kini kini vitamin C bisa kita konsumsi melalui injeksi.

Karena itulah sekarang ini suntik vitamin C menjadi salah satu jenis perawatan kulit. Setiap klinik kecantikan biasanya menyediakan treatment ini.

Namun sebelum melakukan perawatan tersebut, sebaiknya Anda cari tahu dulu manfaat dari treatment vitamin C ini. 

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini ulasan mengenai suntik vitamin C untuk perawatan kecantikan kulit.

Baca Juga : Manfaat Serum Vitamin C untuk Jerawat dan Efek Sampingnya 

Kenali Manfaat dan Risiko Jika Suntik Vitamin C

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat menyetujui suntikan vitamin C untuk mengatasi kekurangan asupan vitamin tersebut. Serta untuk membantu dalam proses pengobatan luka serius akibat luka bakar.

Namun hal itu hanya digunakan saat suplemen oral tak bisa dikonsumsi akibat buruknya penyerapan. Alasan lainnya jika kadar vitamin C perlu segera ditingkatkan.

Injeksi vitamin tersebut diberikan ke dalam intravena (vena), atau ke dalam intramuskular (otot). Bisa juga ke bagian bawah kulit atau subkutan. Rata-rata dosis harian untuk orang dewasa sekitar 70-150 miligram.

Sedangkan, bagi mereka yang kekurangan vitamin C, saran dosis hariannya mencapai 300 miligram hingga 1 gram.

Injeksi vitamin C ini memang banyak manfaatnya bagi kesehatan dan juga kecantikan kulit. Berikut ini ulasan mengenai beberapa manfaat jika Anda melakukan injekesi tersebut.

Membantu Atasi Kekurangan Vitamin C

Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin C sebaiknya melakukan suntik vitamin C. Sebab, kondisi tubuh pasien seperti ini tidak gampang menyerap vitamin melalui asupan makanan maupun suplemen vitamin.

Baca Juga : Manfaat Vitamin C untuk Kulit, Ramuan Ajaib Anti Aging

Merawat Kecantikan Kulit

Saat ini sudah banyak klinik kecantikan yang menyediakan suntik vitamin C sebagai cara merawat wajah supaya lebih bersih, cerah, dan lebih awet muda.

Kalau Anda ingin mencobanya, sebaiknya pilih klinik kecantikan yang profesional. Sehingga praktiknya dapat dipertanggungjawabkan.

Membantu Pembentukan Kolagen

Asam askorbat yang terkandung dalam vitamin C sangat penting untuk perbaikan jaringan kulit, serta pembentukan kolagen. Karena kolagen merupakan protein yang terdapat pada kulit, tendon, otot, dan tulang. Fungsi kolagen untuk memperkuat struktur tubuh.

Jika seseorang kekurangan asupan vitamin C bisa berisiko terhadap struktur kolagen. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kelainan pada bagian tulang dan pembuluh darah. Oleh sebab itu, vitamin C menjadi kunci kulit yang kencang dan awet muda.

Menghambat Sel Kanker

Suntik vitamin C dengan dosis tinggi mampu menghambat berkembangnya sel kanker. Selain itu, vitamin tersebut juga dapat mengurangi perkembangan tumor pada otak. Atau tumor pada bagian indung telur (ovarium), serta tumor pankreas.

Baca Juga : Vitamin Penting dalam Skincare untuk Kulit Mulus dan Sehat

Walaupun sampai sekarang suntik vitamin C belum teruji manfaatnya secara klinis, namun hal tersebut cukup efektif terhadap manusia.

Risiko Suntik Vitamin C

Sedangkan, mengenai risikonya jika Anda melakukan injeksi vitamin C, pada umumnya adalah rasa sakit dan terjadi pembengkakan pada tempat injeksi.

Vitamin C dengan dosis sangat tinggi tentunya berpotensi pula mengakibatkan munculnya efek samping terhadap tubuh. Seperti misalnya terasa nyeri dan mual, meski kemungkinan terjadinya hal itu sangat kecil.

Penumpukan Zat Besi

Selain akan terasa nyeri dan mual, suntik vitamin C juga bisa menyebabkan meningkatnya penyerapan zat besi yang berasal dari makanan.

Apabila mengonsumsinya dengan dosis tinggi, kemungkinan tubuh akan banyak menyerap zat besi. Hal inilah yang menjadi masalah potensial kalau tubuh punya kandungan zat besi yang tinggi.

Berisiko Sebabkan Infeksi

Setiap suntikan yang diberikan juga berisiko terjadinya infeksi. Sebab vitamin C bisa berinteraksi dengan sejumlah obat lainnya.

Kerusakan Ginjal

Suntik vitamin C dengan dosis yang sangat tinggi juga berpotensi merusak ginjal bagi seseorang yang sebelumnya sudah memiliki riwayat penyakit batu ginjal.

Berisiko Turunkan Efektivitas Obat Tertentu

Suntik vitamin C dapat menyebabkan urin menjadi lebih asam. Dalam sejumlah kasus, hal tersebut bisa mengubah cara ketika tubuh membuang obat tertentu.

Pada akhirnya vitamin C bisa mengubah kadar zat yang terdapat dalam sejumlah obat, sehingga mengakibatkan turunnya efektivitas. Bahkan bisa juga meningkatkan dampak atau efek sampingnya.

Ada kekhawatiran bahwa efek dari suntik vitamin C dengan dosis tinggi bisa membuat kurang efektifnya obat kemoterapi, atau terapi radiasi. Tetapi untuk bisa memastikan kekhawatiran itu perlu adanya penelitian lanjutan.

Itulah beberapa manfaat sekaligus potensi risikonya yang dapat terjadi bila Anda melakukan perawatan kecantikan melalui injeksi vitamin C. Jadi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter jika Anda berminat mencoba treatment tersebut. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -