Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita BanjarTahun 2021, Baznas Kota Banjar Salurkan ZIS Rp 3,4 Miliar

Tahun 2021, Baznas Kota Banjar Salurkan ZIS Rp 3,4 Miliar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Baznas Kota Banjar, Jawa Barat akan menyalurkan Zakat Infaq Shadaqah (ZIS) semester 2 tahun 2021, sebesar Rp 3,4 miliar.

Ketua Baznas Kota Banjar, H. Abdul Kohar mengatakan, dana tersebut nantinya akan disalurkan kepada tujuh asnaf atau golongan yang berhak menerima zakat.

Abdul Kohar menjelaskan, setiap asnaf memiliki nilai dengan rincian yang berbeda. Asnaf fakir sebanyak Rp 513 juta, asnaf miskin sebanyak Rp 1,2 miliar.

Baca Juga: Soal Jaminan Kematian Ketua RW, Pemdes Sukamukti Banjar Minta Maaf

Kemudian, asnaf mualaf sebanyak Rp 32,5 juta, asnaf gharimin sebesar Rp 80 juta untuk 150 orang, asnaf sabilillah sebanyak Rp 694 juta.

Selanjutnya, untuk asnaf Ibnu sabil sebesar Rp 10 juta, dan asnaf amilin sebesar Rp 438 juta.

“Untuk penyaluran Zakat Infaq Shadakah semester 2 tahun 2021, kita akan menyalurkan sebanyak Rp 3.475.000.000. Yang disalurkan hari ini sebanyak 2.800.000.000, melalui perwakilan,” kata Ketua Baznas Kota Banjar H. Abdul Kohar kepada wartawan, Senin (18/10/2021).

Baznas Kota Banjar Salurkan Bantuan Modal

Sedangkan, pada masa pandemi ini, lanjut Kohar, Baznas Kota Banjar telah memberikan bantuan modal bagi para pelaku usaha.

Hal itu dilakukan supaya perekonomian masyarakat dapat kembali bangkit setelah mengalami keterpurukan dampak dari pandemi Covid-19.

“Kita juga ada bantuan modal usaha kecil untuk 250 orang, dengan total sebesar Rp 250 juta. Sedangkan untuk modal usaha menengah untuk 60 orang dengan total sebesar Rp 300 juta,” tambahnya.

Sementara itu, bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 30 unit. Masing-masing unit mendapatkan sebanyak Rp 7,5 juta.

Wali Kota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan, dengan adanya Zakat Infaq Shadakah tersebut sangat membantu pemerintah terutama dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Ini sangat membantu, kemarin penanganan Covid-19 dengan penyaluran bantuan paket sembako. Terus untuk pemulihan ekonomi dengan bantuan modalnya,” kata Ade Uu.

Selain itu, dengan adanya penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak tiga kali berturut-turut, diharapkan menjadi kepercayaan masyarakat terhadap Baznas.

“Kita sudah percaya bahwa Baznas Kota Banjar ini sudah tiga kali mendapatkan penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) setelah dilakukan audit. Apalagi kalo kita bersatu potensi untuk masyarakat Kota Banjar ini Rp 14 miliar zakatnya,” pungkasnya. (Sandi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -