Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TasikmalayaTak Ada Perbaikan, Jalan AH Nasution Tasikmalaya Langganan Banjir

Tak Ada Perbaikan, Jalan AH Nasution Tasikmalaya Langganan Banjir

Berita Tasikmalaya, (harapanrakyat.com),– Jalan AH Nasution, tepatnya di Depan Pom Bensin Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat kerap menjadi langganan banjir.

Air setinggi lutut orang dewasa saat hujan turun selalu menggenang di jalan tersebut. Hal ini diduga akibat drainase jalan kurang berfungsi sebagaimana mestinya.

Warga pun meminta kepada pihak terkait untuk memperbaiki drainase agar tidak ada lagi genangan air saat hujan turun

“Kepada pihak terkait, untuk secepatnya diperbaiki Jalan AH Nasution Tasikmalaya yang menjadi langganan banjir setiap hujan turun. Lantaran sangat menghambat pengendara,” kata Bayu warga Mangkubumi, Kamis (20/10/2021).

Baca Juga: Hebat! BUMDes di Tasikmalaya Ini Berhasil Ciptakan Lapangan Kerja

Menurut Bayu, sudah beberapa tahun Jalan AH Nasution Tasikmalaya selalu tergenang air saat hujan turun.

“Bahkan banyak pengendara motor yang hendak melintas dan akhirnya mogok, ini sudah berlangsung lama,” ucapnya.

Sementara itu, Sandi Lesmana, Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Tasikmalaya menjelaskan, kalau genangan air saat hujan turun di Jalan AH Nasution di depan Pom Bensin Mangkubumi, belum menjadi target perbaikan. Hal itu lantaran pihaknya baru melakukan survey untuk perencanaan.

“Mudah-mudahan cepat ada bantuan dari Pak Gubernur, tolong Pak Gubernur bantu kami. Karena itu kan jalannya milik Provinsi. Sedangkan genangan air pembuang drainasenya itu ada di Jalan Kota, kami sudah mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Jabar, insyaallah tahun depan terealisasi,” katanya.

Saat ini, lanjut Sandi, memang sedang ada perbaikan drainase, hanya saja untuk drainase yang ada di Jalan AH Nasution belum ada rencana untuk diperbaiki.

“Sekarang yang diperbaikinya ada di beberapa titik drainase yang sedang kita jalankan, untuk menjaga limpasan air hujan,” jelasnya.

Menurut Sandi, prioritas perbaikan saat ini adalah perbaikan drainase di Jalan Otista, Jalan Sutisna Senjaya dan Jalan Ahmad Yani.

“Jalan tersebut merupakan muka atau wajah Kota Tasikmalaya, mudah-mudahan dengan diperbaiki drainase-nya, genangan air di jalan tersebut bisa teratasi,” katanya. 

Menurutnya tidak hanya drainase yang diperbaiki, tapi trotoarnya pun akan dipercantik.

“Jadi ada dua fungsi yang kita targetkan, fungsi untuk lingkungan drainase-nya bisa tertangani, ada nilai estetika juga, sehingga pusat Kota jadi geulis atau kasep dari sisi estetika,” pungkasnya. (Apip/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -