Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruTanaman Hias Kokedama untuk Dekorasi Rumah dan Cara Membuatnya

Tanaman Hias Kokedama untuk Dekorasi Rumah dan Cara Membuatnya

Tanaman hias kokedama yang dibentuk unik menyerupai bola itu bisa dijadikan dekorasi rumah. Kokedama ini sama seperti halnya bonasi, yakni seni mengerdilkan pohon.

Tanaman hias kokedama sendiri merupakan seni menanam bunga atau sengaja membentuk tanaman hias yang menyerupai bola.

Kokedama berasal dari kata “koke” yang artinya lumut, dan “dama” artinya bola. Sehingga artikan bola lumut sebagai pengganti pot untuk media tanamnya.

Bentuk tanaman hias kokedama ini memang unik. Bentuknya yang bulat sehingga cocok untuk dekorasi rumah. Lantas, jenis tanaman apa yang bisa kita jadikan kokedama?

Biasanya yang cocok untuk kokedama adalah jenis tanaman sirih gading, pakis, begonia, serta tanaman sukulen.

Untuk memiliki tanaman hias unik ini Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan peralatan berkebun. Seperti dilansir Gardening Know How, berikut ini cara membuatnya.

Baca Juga : Tanaman Hias Unik dan Murah untuk Dekorasi Rumah

Tanaman Hias Kokedama dan Cara Membuatnya

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat tanaman hias kokedama ini membutuhkan akadama. Fungsinya menjaga kelembaban serta peat moss, yakni tanah gambut. Anda bisa membelinya di toko pertanian.

Adapun bahan dan peralatan untuk media tanam yang Anda butuhkan meliputi campuran akadama dan peat moss. Pilih tanaman yang perawatannya gampang dan cocok hidup pada tanah lembab.

Kemudian bahan lainnya lumut bunga kering, air, botol spray, tali, gunting, sarung tangan, terpal atau koran untuk alas saat mengerjakan, serta ember.

Baca Juga : Jenis Tanaman Hias Wangi untuk Ruangan, Rumah Jadi Harum Semerbak

Cara Membuatnya

Sebelum memulai membuat tanaman hias kokedama, sebaiknya pakai sarung tangan. Selanjutnya siapkan terpal atau koran sebagai alasnya.

Setelah itu, ambil lumut lalu basahi supaya tidak kering. Bisa juga dengan cara merendamnya terlebih dahulu selama 1 jam. Lalu peras lumut yang sudah direndam sebelum Anda membuat kokedama.

Kemudian, ambil media tanaman berupa campuran akadama serta peat moss. Untuk mencampurkan kedua bahan tersebut Anda harus menambahkan air.

Padatkan Media Tanam

Setelah itu aduk hingga mendapatkan bentuk yang padat menyerupai bola. Bentuk dengan menggunakan tangan.

Baca Juga : Jenis Calathea Berdaun Cantik, Tanaman Hias yang Populer saat Pandemi

Selanjutnya, keluarkan tanaman dari media tanam secara perlahan, jangan sampai merusak bagian akarnya. Tapi sebelumnya Anda harus membersihkan bagian akar dari tanah pada tanaman hias kokedama.

Kemudian masukan ke media tanam, setelah itu baru campurkan akadama, lumut, dan peat moss. Jangan lupa buatkan lubang pada media tanam yang baru supaya akarnya bisa masuk.

Pada saat memasukkan akar dari tanaman tersebut ke lubang, Anda juga perlu memastikan media tanam untuk kokedama tidak hancur setelah padat. Yaitu dengan cara menyemprotkan air.

Apabila akar sudah tertutupi dan media tanam tanaman hias kokedama ini sudah padat, selanjutnya tutupi seluruh permukaan media tanamnya yang berbentuk menyerupai bola itu dengan lumut.

Lalu gulung menggunakan tali atau benang. Tempatkan atau gantung kokedama pada wadah dan simpan di tempat yang sekiranya sinar matahari bisa masuk.

Itulah cara membuat tanaman hias kokedama. Selain mengasah keterampilan, seni kokedama ini juga mampu membuat tampilan tanaman ini lebih unik. Anda bisa mencoba membuatnya sendiri untuk memperindah rumah. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -