Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruTangki Motor Kemasukan Benda, Ketahui Dampak dan Solusinya

Tangki Motor Kemasukan Benda, Ketahui Dampak dan Solusinya

Tangki motor kemasukan benda sering terjadi. Jika motor mengalami hal tersebut sebaiknya segera mengatasinya. Perawatan berkala pada kendaraan menjadi hal wajib yang perlu Anda lakukan.

Semua komponen kendaraan tentu memiliki jangka waktu yang tidak sama. Sayangnya, sebagian besar pemilik kendaraan hanya memikirkan bagian-bagian vital seperti oli, rem, busi, dan sistem penggerak lainnya.

Padahal semua komponen perlu Anda berikan perawatan berkala. Salah satunya yaitu tangki bensin. Komponen yang satu ini bisa dibilang jarang diperhatikan.

Padahal jika Anda tidak melakukan perawatan berkala akan menimbulkan banyak masalah baru. Apalagi jika tangki motor kemasukan benda. Masalah ini bisa saja menghambat banyak hal yang berkaitan dengan performa kendaraan.

Kemungkinan besar masalah ini memang bisa saja terjadi. Jika tangki kemasukan berbagai barang yang tidak terduga, tentu menimbulkan masalah.

Misalnya tangki kemasukan air, debu, bahkan benda-benda lainnya. Jika berbagai benda tersebut masuk ke dalam tampungan bahan bakar, banyak hal yang bisa terjadi.

Baca Juga : Perawatan Motor Setelah Turun Mesin Agar Kendaraan Kembali Prima

Dampak Tangki Motor Kemasukan Benda, Memicu Motor Mogok

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika tangki bensin memiliki peran cukup penting. Sayangnya, masih banyak pemilik kendaraan yang mengabaikannya.

Padahal melakukan pengecekan atau perawatan justru membuat risiko munculnya masalah bisa lebih kecil. Masalah yang bisa timbul akibat benda asing masuk salah satunya membuat kendaraan mogok.

Bahkan hal ini bisa terjadi kapan dan di mana saja. Jika tangki motor kemasukan air, banyak efek yang akan muncul. Mulai dari mesin motor brebet hingga pompa bensin yang rusak.

Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya lakukan pengecekan pada semua komponen kendaraan, termasuk tangki bensin. Kalau komponen motor terus Anda periksa, hal-hal buruk yang akan terjadi bisa terhindar.

Selain itu, kendaraan Anda juga akan lebih awet dan tahan lama. Performanya juga akan terjaga. Saat mesin kendaraan susah Anda hidupkan, bisa menjadi salah satu pertanda kendaraan mengalami masalah tersebut.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangan Motor Injeksi Juga Cara Perawatannya

Solusi Tangki Kemasukan Benda

Solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tangki motor kemasukan benda yaitu menguras bensin dan membersihkan tangkinya. Berikut ini beberapa cara mudah menguras tangki motor yang kemasukan benda.

Mengeluarkan Semua Bensin

Saat masalah tangki motor kemasukan benda, solusinya yaitu mengambilnya tanpa harus melepas tangki. Karena ada cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu menguras bensin.

Pastikan bensin dalam kondisi habis pada tangki. Cara yang bisa Anda lakukan yaitu menyedotnya menggunakan selang bensin.

Setelah itu, pastikan tangki kosong. Untuk memastikannya benar-benar dalam keadaan kosong bisa gunakan kompresor. Caranya Anda bisa memasukkan selang dalam tangki hingga menyentuh bagian dasar.

Dalam waktu yang bersamaan, Anda juga bisa masukkan kepala kompresor pada lubang tutup tangki.

Baca Juga : Speedometer Sepeda Motor Macet, Penyebab dan Cara Memperbaikinya

Pastikan angin dari kompresor tidak terarah pada komponen tangki secara langsung. Hal ini bertujuan agar komponen tangki tidak mengalami kerusakan.

Tangki Motor Sport Rentan Kemasukan Air

Banyak sekali tipe kendaraan sepeda motor. Semua memiliki komponen yang hampir sama, hanya penempatannya yang berbeda. Misalnya tangki bensin motor sport.

Masalah tangki motor kemasukan benda memang lebih rentan terhadap kendaraan yang memiliki tangki di luar seperti motor sport.

Ada banyak alasan mengapa tangki bensin motor sport lebih rentan kemasukan benda seperti air. Hal ini karena komponen tersebut berada di bagian luar.

Berbeda dengan motor matic atau bebek. Posisi tangkinya berada pada bagian bawah jok. Sehingga lebih tertutup dan tidak rawan kemasukan benda asing.

Bahkan jenis kendaraan yang satu ini juga rawan terhadap kerusakan. Apalagi jika Anda mencuci kendaraan, risiko air masuk ke dalam tangki cukup besar.

Untuk itu, pastikan komponen tertutup rapat dan lakukan pengecekan secara rutin. Jika hal ini terjadi, pompa bensin menjadi rusak. Harga yang harus Anda bayar pun tidaklah sedikit.

Bahaya Tangki Kemasukan Benda

Salah satu benda yang sering masuk pada tangki bensin yaitu air. Ketika air masuk ke dalam tangki, tidak akan bercampur. Namun, ada banyak masalah yang bisa terjadi.

Salah satunya yaitu membuat kendaraan mogok atau tidak bisa berjalan. Untuk bisa mengatasi masalah buruk yang timbul, pastikan berikan perawatan berkala pada semua komponen.

Dalam cara mengatasi tangki motor kemasukan benda, pastikan menggunakan langkah tepat agar membuat performa kendaraan tetap bagus. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -