Rabu, Desember 8, 2021
BerandaBerita TerbaruTips Memilih Laptop untuk Pelajar Agar Produktif, Ini Caranya!

Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Agar Produktif, Ini Caranya!

Tips memilih laptop untuk pelajar supaya semakin produktif memang penting diketahui. Bagaimana tidak, dengan berkembangnya dunia teknologi seperti sekarang ini, banyak kegiatan yang dilakukan secara online.

Nah, teknologi tersebut adalah perangkat yang memudahkan untuk melakukan kegiatan sekolah. Sehingga hal ini akan menjadi kebutuhan mendasar bagi setiap pelajar atau mahasiswa guna mendukung kinerja mereka.

Baca Juga: Laptop MSI Creator Z16 Hadir dengan Spesifikasi dan Desain Terbaru

Inilah Tips Memilih Laptop untuk Pelajar Agar Tidak Salah Pilih

Memang laptop merupakan perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh setiap pelajar, terlebih saat masa pandemi Covid-19 ini. Sebab, masa seperti ini membuat semua kegiatan, termasuk sekolah harus benar-benar berlangsung dari rumah atau secara online.

Oleh karena itu, keberadaan laptop sangat penting guna menunjang proses pembelajaran sehingga bisa lebih maksimal lagi. Tapi bagaimana jika laptop yang digunakan justru lemot?

Hal paling penting yang harus kamu perhatikan sebelum membelinya adalah memilih jenis laptop yang sesuai. Artinya kamu bisa memilih laptop sesuai kriteria untuk anak sekolah pada umumnya.

Karena jika tidak sesuai, justru akan berakibat tidak baik dan kemungkinan besar proses pembelajaran bisa terganggu. Maka dari itu, kamu harus bisa memilih laptop yang benar dengan cara-cara berikut ini:

Pilih Sesuai Ukuran

Tips memilih laptop untuk pelajar yang pertama adalah sesuaikan dulu ukuran perangkat yang kamu inginkan nanti. Walaupun pembelajaran akan berlangsung secara daring, tentunya kamu juga ingin membawanya ke tempat lebih nyaman.

Misalnya saja di tempat-tempat yang sudah menyediakan WiFi maupun untuk mengerjakan tugas kelompok ke rumah teman. Sepertinya memilih dengan ukuran yang minimalis misalnya 11 hingga 14 inch bisa menjadi pilihan terbaik kamu.

Sehingga saat akan membeli laptop, sebaiknya kamu bisa memikirkan bagaimana caranya agar laptop tersebut mudah kamu bawa. Jadi, jangan hanya karena bodinya yang bagus saja, melainkan ukuran juga harus selalu kamu perhatikan.

Bayangkan saja jika laptop yang kamu pilih memiliki ukuran sangat besar, tentu akan sulit untuk dibawa dan merepotkan. Oleh karena itu, kamu bisa memilih jenis laptop dengan ukuran tipis atau minimalis agar mudah kamu bawa.

Baca Juga: Laptop Zyrex SKY 232 Mini 64 Hadir dalam Program Back to School

Prosesor dan Kapasitas RAM

Tips memilih laptop untuk pelajar selanjutnya adalah dengan membeli yang memiliki jenis prosesor terbaik atau yang lebih bagus. Pasalnya, kinerja prosesor seperti ini sangat mempengaruhi bagaimana jalannya proses pembelajaran.

CPU atau prosesor merupakan otak dari perangkat laptop dan bisa menentukan respon yang tepat pada program terinstal. Sehingga kamu bisa memilih jenis CPU generasi terbaru supaya kinerjanya lebih ringan, setidaknya Intel Core i3.

Tidak hanya itu saja, melainkan keberadaan RAM juga mampu untuk mengoptimalkan kinerja perangkat laptop. Jika semakin besar kapasitas RAM, maka kamu dapat menjalankan software lebih ringan.

Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan tugas yang akan kamu kerjakan nantinya. Sepertinya tugas yang menggunakan software office, RAM sebesar 4GB sudah cukup dan jika ingin lebih dari itu juga tidak masalah.

OS (Operating System) serta Ketahanan Baterai

Tips memilih laptop untuk pelajar berikutnya adalah kamu bisa memilih OS Windows karena ini paling populer dan mudah untuk kamu gunakan. Sehingga, apabila kamu memilih Windows, sebaiknya belilah jenis laptop pre-installed Windows atau yang sudah terinstal dalam laptop itu.

Biasanya laptop keluaran terbaru sebagian besar juga sudah lengkap dengan sistem operasi tersebut. Meski demikian, pastikan juga jika OS itu asli supaya laptop kamu tak rentan pada serangan malware dan virus.

Selain dari segi performa, desain, maupun spesifikasi yang lain, sepertinya ketahanan daya baterai perlu kamu perhatikan dalam tips memilih laptop untuk pelajar. Jadi, kamu harus memilih jenis laptop yang mampu bertahan lebih lama karena hal ini bisa memudahkan kamu untuk belajar.

Bahkan kamu juga tidak perlu merasa khawatir akan kehabisan daya baterai dan mencari tempat charger untuk mengisi baterai tersebut. Jadi, sebaiknya pilihnya jenis laptop yang mampu bertahan lebih lama.

Tips memilih laptop untuk pelajar ini dapat kamu contoh mulai sekarang agar memperoleh perangkat yang kamu inginkan. Jangan lupa, pilihlah laptop berkualitas yang memiliki harga terjangkau. (R10/HR Online)

- Advertisment -