Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruTips Merawat Kulit Wajah Pria Usia 40 Tahun Supaya Awet Muda

Tips Merawat Kulit Wajah Pria Usia 40 Tahun Supaya Awet Muda

Tips merawat kulit wajah pria yang memasuki usia 40 tahun agar tetap terlihat awet muda, mudah dilakukan dan sangat efektif mengatasi masalah tersebut. Karena memasuki usia 40 tahun biasanya kulit sudah mulai mengendur.

Berbagai masalah pada kulit pun mulai muncul, sehingga butuh perawatan ekstra supaya kulit wajah tetap awet muda dan sehat. Dalam perawatan kulit setiap usia ada tahapannya.

Perawatan kulit wajah tak hanya berlaku bagi wanita saja. Sebab, menurunnya kondisi kulit pria usia 40 tahunan juga menjelaskan bahwa pria pun butuh perawatan.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa cara perawatan kulit bagi pria usia 40 tahunan. Efeknya selain menyehatkan, kulit pun akan terlihat awet muda.

6 Tips Merawat Kulit Wajah Pria Usia 40 Tahun

Rajin Mencuci Wajah

Usai melakukan aktivitas seharian, kulit wajah menjadi kotor lantaran banyak debu menempel. Mencuci wajah merupakan langkah penting dalam melakukan perawatan kulit supaya tetap sehat dan terlihat awet muda.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Berjerawat dan Berminyak yang Efektif dan Mudah

Saat mencuci wajah, kamu pastikan dulu menggunakan sabun untuk wajah yang sesuai jenis kulitmu. Selain itu, pastikan pula membersihkannya dengan benar.

Jaga Kelembaban Kulit

Selalu menjaga kelembaban kulit menjadi salah satu tips dalam merawat kulit wajah pria yang memasuki usia 40 tahun. Pasalnya, tingkat kelembaban kulit dapat berubah setiap harinya.

Hal itu seiring dengan bertambahnya usia dan hilangnya kolagen, sehingga kemampuan kulit mempertahankan kelembaban juga menurun.

Kondisi ini tentunya akan membuat kulit jadi kusam dan kering. Oleh sebab itu, penggunaan pelembab pada pagi dan malam hari bisa menjadi solusi dalam mengatasi permasalahan kulit yang serius.

Gunakan Tabir Surya Setiap Keluar Rumah

Saat usia memasuki 40 tahun, paparan sinar matahari (UV) dapat melemahkan kolagen pada kulit. Apabila dibiarkan bisa memicu munculnya penyakit kulit, mulai dari penuaan dini hingga kanker.

Baca Juga : Perawatan Wajah Alami, Cara Mudah dan Murah untuk Terlihat Cantik

Maka tips merawat kulit wajah pria usia 40 tahunan ini sangat penting. Kamu bisa gunakan tabir surya ketika akan beraktivitas di luar ruangan.

Tabir surya bermanfaat untuk membantu mengurangi berbagai risiko masalah kesehatan kulit. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit berupa tabir surya. Produk tersebut minimalnya mengandung SPF 30.

Gunakan Serum Antioksidan

Serum yang mengandung antioksidan bisa membantu melindungi kesehatan kulit dari gangguan polutan lingkungan, sekaligus membuat wajah terlihat awet muda.

Sebab, jumlah antioksidan yang alami pada kulit bakal menurun seiring dengan bertambahnya usia.

Menggunakan serum antioksidan menjadi salah satu tips merawat kulit wajah pria yang sudah masuk usia 4 tahunan. Bahkan hal ini dapat meningkatkan kandungan antioksidan di kulit.

Oleh karena itu gunakan serum yang kaya antioksidan pada pagi hari. Pakailah serum antioksidan sebelum menggunakan tabir surya agar kulit mendapatkan perlindungan berlapis.

Baca Juga : Manfaat Ginseng untuk Kecantikan Kulit, Bikin Wajah jadi Glowing

Lakukan Eksfoliasi pada Kulit

Untuk menghilangkan sel kulit yang mati butuh waktu lebih lama jika usia kita sudah menginjak 40-an. Sebab, siklus hidupnya sel kulit biasanya berlangsung selama kurang lebih 28 hari.

Seiring dengan bertambahnya usia, maka siklus tersebut menjadi semakin lama. Guna mengatasi hal itu, tips merawat kulit wajah pria yang satu ini perlu kamu lakukan.

Ketika melakukan eksfoliasi pada kulit, kamu bisa menggunakan toner khusus untuk pengelupasan kulit secara lembut.

Kamu bisa melakukan eksfoliasi pada kulit beberapa kali dalam seminggu. Kamu juga jangan sampai lupa mencuci wajah guna menjaga kulit wajah tetap terasa segar.

Perhatikan Gaya Hidup

Dalam tips merawat kulit wajah pria usia 40 tahun, kamu juga harus memperhatikan gaya hidupmu sehari-harinya. Seperti memperhatikan makanan yang biasa kamu konsumsi.

Hindari konsumsi junk food sebab bisa memicu munculnya berbagai masalah pada kulit. Selain itu, melakukan olahraga secara teratur juga dapat menjaga sel kulit tetap sehat. Sekaligus membantu fungsinya agar lebih optimal.

Demikianlah tips untuk melakukan perawatan kulit wajah pria yang usianya sudah menginjak  40 tahun. Beberapa tips tersebut mampu membuat kulit terlihat awet muda dan tentunya sehat. (R3/HR/Online)

Editor : Eva