Minggu, Januari 23, 2022
BerandaBerita PangandaranTradisi Wawacan Pangandaran Akan Tampil di Pekan Budaya Daerah Jabar

Tradisi Wawacan Pangandaran Akan Tampil di Pekan Budaya Daerah Jabar

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Tradisi budaya warisan para leluhur asal Kabupaten Pangandaran sangat banyak, salah satunya adalah Tradisi Wawacan. Tradisi ini berasal dari Dusun Citembong, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih.

Kabid Budaya Disparbud Pangandaran Iing mengatakan tradisi ini merupakan warisan budaya yang sudah turun-temurun. Warga Dusun Citembong selalu menggelar tradisi ini.

“Tradisi Wawacan Pangandaran ini merupakan warisan budaya tak benda atau WBTB,” ujarnya, Rabu (6/10/2021).

Warga menggelar tradisi Wawacan ini setiap ada yang melahirkan. Dalam tradisi ini ada banyak sesaji yang khas. Tujuan dari tradisi ini sebagai bentuk syukuran warga setempat kepada yang maha kuasa.

“Ini akan kami jadikan sebagai salah satu budaya Kabupaten Pangandaran. Kami kerja sama dengan Provinsi Jawa Barat dalam rangka transportasi pemulihan ekonomi akibat pandemi,” ungkapnya.

Dokumentasi Tradisi Wawacan Pangandaran ini akan tampil pada ajang Pekan Kebudayaan Daerah Jawa Barat. Pelaksanaannya pada bulan Oktober 2021 ini.. Pesertanya dari seluruh daerah kota/kabupaten.

“Semoga dalam pekan tersebut tradisi dari Kabupaten Pangandaran bisa meraih sukses dan bisa memberikan yang terbaik,” pungkasnya. (Entang/R9/HR-Online)

Editor: Dadang

- Advertisment -