Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita TerbaruTVS XL100 Comfort i-Touchstart, Motor Bebek Berdesain Unik

TVS XL100 Comfort i-Touchstart, Motor Bebek Berdesain Unik

TVS XL100 Comfort i-Touchstart menjadi bahan perbincangan. Pasalnya, motor bebek besutan TVS ini memiliki desain yang antik dan juga unik.

Melihat dari bentuknya saja, motor buatan pabrikan India ini berbeda dengan motor bebek model keluaran sekarang.

TVS sendiri mengeluarkan model tersebut sebanyak 4 varian. Mulai dari XL100, kemudian XL100 Comfort, lalu XL100 Heavy Duty dan terakhir XL100 Heavy Duty i-Touchstart.

Baca Juga : TVS XL 100, Hadir dengan Menganut Mesin 4-tak 99,6 cc

Perbedaan paling mencolok dari keempat varian itu, adalah ada yang memakai starter elektrik, yaitu untuk seri “i-Touchstart”.

Spesifikasi dan Harga TVS XL100 Comfort i-Touchstart

Dari keempat varian tersebut, HR Online akan membahas spesifikasi yang XL100 Comfort i-Touchstart bawa.

Spesifikasi tersebut mulai dari mesin, desain, sampai fitur dan juga harga terbarunya.

Performa Mesin

Berbicara tentang mesin yang XL100 Comfort i-Touchstart pakai, motor bebek unik ini membawa dapur pacu 4-stroke dengan satu silinder.

Mesinnya tersebut berkapasitas 99 cc, dengan tenaga yang dihasilkan bisa mencapai maksimum 3.20 kw (4.4 PS) @ 6000 rpm.

Baca Juga : TVS Classic, Motor Matic yang Cocok Buat Emak-emak Gaul

Sedangkan untuk torsi maksimal yang mesin motor TVS XL100 Comfort i-Touchstart ini hasilkan bisa mencapai 6.5 Nm pada 3500 rpm.

Dengan kapasitas mesin sebesar itu, memang motor bebek besutan TVS ini cocok untuk jalan perkotaan, dan tidak pas buat Anda yang suka kebut-kebutan.

Pabrikan otomotif asal India juga mengklaim, bahwa XL100 Comfort i-Touchstart sangat hemat dalam bahan bakar.

Desain

Melihat dari bentuknya memang TVS XL100 Comfort i-Touchstart ini berbeda dengan motor bebek model sekarang.

Bahkan motor tersebut hampir menyerupai sepeda listrik. Meski memang pada bagian belakang tidak berbeda dengan motor bebek lainnya.

Sementara pada bagian depan, terpasang lampu bulat yang model dan bentuknya menyerupai dengan motor ayam jago. Lampu depan tersebut masih mengusung model atau tipe halogen.

Sedangkan pada bagian kedua sisinya, XL100 Comfort i-Touchstart terdapat footpegs untuk memberikan kenyaman bagi pengendaranya. Juga terdapat bagasi besar untuk menyimpan barang.

Kapasitas tangki bahan bakar dari TVS XL100 Comfort i-Touchstart mampu menampung maksimal 4 liter. Jarak sumbu roda 1228 mm.

Model jok dual-tone yang panjang, kemudian terdapat sandaran pada bagian belakang motor tersebut.

Baca Juga : TVS iQube, Skuter Listrik yang Cocok untuk Cewek Gaul

Sedangkan untuk sistem pengereman masih klasik, yaitu bagian depan maupun belakang mengandalkan rem tromol, bukan rem cakram.

Selain itu, TVS XL100 Comfort i-Touchstart ini sedikit perubahan dengan memasang leg guard atau pelindung kaki yang terbuat dari bahan chrome.

Motor bebek unik besutan TVS ini tersedia dalam 5 pilihan warna, antara lain Coral Silk, Grey Black, Red Black, Luster Gold dan Mint Blue.

Kelistrikan dan Fitur

Beralih ke kelistrikan, sistem pengapian TVS XL100 Comfort i-Touchstart menggunakan Fly wheel magneto berdaya 12V, 200W pada 5000 rpm.

Sementara listrik lampu bagian depan 12V-35W dan belakang 12V-21W. Lampu riting 12V-5W, lampu speedometer 12V-3.4W.

Walaupun desain XL100 Comfort i-Touchstart berbeda dengan motor bebek pada umumnya, namun ternyata berbekal teknologi terkini.

Seperti membawa port USB charger yang pastinya manfaatnya untuk mengisi ulang daya smartphone yang terpasang pada bagian dashboard. Kemudian juga fitur elektrik starter atau ISG Technology.

Sedangkan untuk harganya sendiri, TVS XL100 Comfort i-Touchstart tidak bikin kantong Anda bobol. Sebab, saat ini motor bebek unik tersebut berbanderol 52,334 ribu Rupee, atau kurang lebih Rp 9,9 jutaan. (R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -