Selasa, Desember 7, 2021
BerandaBerita TerbaruUbah PPT ke Word Mudah dan Praktis, Tanpa Harus Copy Per Halaman!

Ubah PPT ke Word Mudah dan Praktis, Tanpa Harus Copy Per Halaman!

Ubah PPT ke Word dapat Anda lakukan dengan beberapa langkah sederhana. Bagi Anda para mahasiswa ataupun siswa, tentu seringkali mendapati dosen maupun guru menugaskan Anda untuk mengcopy materi dari file Microsoft PowerPoint.

Hal ini bertujuan untuk dapat dijadikan sebagai bahan belajar selama berada di rumah. Akan tetapi, file tersebut akan lebih mudah apabila kita jadikan dalam bentuk file Microsoft Word. Terutama jika kita akan mencetaknya.

Namun seringkali kita akan menemukan salah satu masalah yakni saat banyaknya halaman PPT yang harus kita ubah ke dalam bentuk Word. Anda tidak perlu khawatir, permasalahan ini dapat kita pecahkan dengan beberapa langkah di bawah ini.

Baca Juga: Cara Menambahkan Tanda Tangan di Word HP dengan Mudah

Cara Ubah PPT ke Word Sederhana Tanpa Ribet

File PPT sering dimanfaatkan untuk tujuan pendidikan serta penggunaan kantor, mulai dari belajar hingga menyajikan informasi di depan audiens. Pada umumnya, file PPT berisi berbagai slide teks, foto, suara, serta video.

File PPT dapat Anda buka dengan versi Microsoft PowerPoint jenis apapun. Selain itu, Anda pun dapat mengkonversi atau mengubah file PPT dalam bentuk Word, sehingga memudahkan semua pekerjaan.

Akan tetapi, sebelum proses ubah PPT ke Word Anda lakukan, pastikan telah menyimpan backup dokumen PPT yang akan Anda konversi ke Doc terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi adanya kerusakan dokumen atau hilangnya element file PPT tersebut.

Cara Ubah PPT ke Word Secara Online

Terdapat beberapa situs yang dapat Anda gunakan untuk proses ubah file PPT ke Word. Adapun cara mengubah format file PPT ke Doc atau Word antara lain:

  1. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan, buka situs dokumen converter online
  2. Selanjutnya upload file PPT, kemudian tekan tombol Convert serta pilih Word.
  3. Berikutnya, tunggu proses konversi PPT ke Word selesai.
  4. Langkah selanjutnya, download serta simpan dokumen yang telah Anda buat sebelumnya. Selain itu, jangan lupa untuk membackup file PPT sebelum akhirnya Anda mengupload serta mengkonversi file PPT tersebut.

Baca Juga: Ubah PDF ke Word Praktis dengan Perangkat HP, Simak Pilihan Caranya

Cara Ubah PPT ke Word Secara Offline

Selain secara online, Anda dapat mengkonversi file PPT menjadi Word dengan cara lain. Cara tersebut secara offline.

Namun sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa dalam mengkonversi file dari format satu ke bentuk format lainnya, akan selalu ada kemungkinan kerusakan. Baik dalam bentuk kerusakan yang dapat Anda lihat ataupun yang tak terlihat.

Inilah salah satu alasan penting mengapa Anda harus membackup file PPT yang akan Anda ubah dalam bentuk lain. Adapun beberapa langkah untuk dapat mengkonversi format PPT ke Word antara lain:

  1. Langkah pertama, buka dokumen PowerPoint (.ppt) lalu klik file dan pilih Export.
  2. Berikutnya pilih Create Handouts.
  3. Selanjutnya klik Create Handouts in Microsoft Word.
  4. Langkah berikutnya dalam ubah PPT ke Word adalah Anda dapat menentukan layout dokumen Word sesuai dengan yang Anda inginkan.
  5. Lalu klik Ok untuk dapat menyimpan dalam bentuk Word.

Namun perlu Anda perhatikan, dalam beberapa kasus terdapat gambar yang mungkin tidak sesuai dengan resolusi yang Anda buat pada dokumen PPT.

Hal ini adalah suatu hal yang cukup wajar, maka pastikan Anda telah memeriksa dokumen hasil export PPT untuk Anda perbaiki. Selain itu, menyimpan dokumen PPT dalam bentuk teks juga akan memakan ruang penyimpanan yang tidak sedikit. Meskipun demikian, masih dalam batas Megabyte.

Baca Juga: Cara Mengekstrak File RAR di HP Sangat Mudah, Berikut Tutorialnya

Cara Ubah PPT ke Word Tanpa Harus Copy Paste Per Halaman

Berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk dapat mengkonversi file PPT ke dalam bentuk format Word secara mudah:

  1. Pertama buka file PPT yang akan Anda ubah
  2. Lalu klik menu File yang terdapat pada pojok kanan atas.
  3. Selanjutnya pilih Save & Send > Create Handouts > Create Handouts.
  4. Kemudian akan muncul pop up, lalu pilih Ourtime Only, kemudian klik OK.

Demikianlah beberapa cara mudah untuk ubah PPT ke Word. Terutama dalam mengubah file dalam jumlah banyak. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengcopy paste per halaman file PPT yang akan Anda ubah tersebut. (R10/HR-Online)

- Advertisment -