Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita JabarUpaya Pulihkan Ekonomi, Jabar Belajar dari Dua Provinsi Jepang

Upaya Pulihkan Ekonomi, Jabar Belajar dari Dua Provinsi Jepang

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Dalam upaya pulihkan ekonomi usai pandemi, Pemprov Jabar belajar dari dua provinsi di Jepang. Salah satunya dengan webinar pertukaran ilmu dan pengalaman lewat Indonesia-Japan Knowladge Exchange Seminar, Rabu (27/10/2021).

Dua provinsi Jepang itu adalah Prefektur Shizuoka dan Prefektur Shimane.

Dalam upaya pulihkan dan peningkatan ekonomi saat pandemi, Prefektur Shimane melakukan pengembangan wisata daring. Sementara Prefektur Shizuoka dengan memaksimalkan penggunaan mata uang lokal.

Chief Of Commerce and Industry Planing Department Shizuoka Yamamoto Tomoya menjelaskan penggunaan mata uang lokal maksudnya memusatkan perputaran ekonomi. Agar aktifitas ekonomi terlokalisasi pada satu daerah saja.

“Kami gunakan mata uang lokal dengan bentuk digital. Melakukan kerja sama dengan sejumlah toko,” ujar Yamamoto Tomoya.

Dengan mata uang lokal ini transaksi menjadi lebih mudah. Masyarakat dan pelaku usaha pun menyambut penggunaan uang lokal ini.

Sedangkan Prefektur Shimane memilih dunia pariwisata dalam upaya pulihkan ekonomi. Prefektur Shimane menggelar wisata daring langsung atau wisata virtual live. Wisata daring langsung ini berhasil mendongkrak penghasilan Pariwisata dan produsen lokal.

“Kami menawarkan paket berwisata virtual live. Sebelum memulainya, kami kirimkan produk makanan lokal kepada wisatawan supaya ketika sedang tur bisa makan produk lokal,” kata Kuwasawa Yusuke, Tourism Promotion Shimane Prefecture.

Sementara, Ipong Witono, Ketua Harian Komite Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jabar, menjelaskan dalam upaya pemulihan ekonomi aktornya adalah masyarakat Jabar. Hal itu sesuai dengan prinsip dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

“Semua masyarakat harapannya bisa melakukan inovasi baru guna menjalankan roda kehidupan dan perekonomian,” pungkasnya. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

- Advertisment -