Kamis, Desember 9, 2021
BerandaBerita CiamisVaksinasi Belum Maksimal, Pemdes Ciakar Ciamis Optimis Tercapai

Vaksinasi Belum Maksimal, Pemdes Ciakar Ciamis Optimis Tercapai

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Vaksinasi belum maksimal, Pemerintah Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bersama PKM Cieurih gencar menggelar vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

Sampai saat ini, pencapaian vaksinasi dosis pertama di Desa Ciakar baru 40 persen. Meski begitu, pihak pemerintah desa optimis 70 persen bisa tercapai.

Kepala Desa Ciakar, Kamil Hasan mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid 19 dosis pertama terus digencarkan. Walaupun capaiannya belum sesuai harapan, namun pemdes optimistis peran serta masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi akan meningkat.

“Capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama yang kita laksanakan diperkirakan baru mencapai sekitar 40 persen saja. Perkiraan tersebut terlihat dari antusias masyarakat dalam setiap  pelaksanaan vaksinasi,” terangnya, Senin (25/10/2021).

Menurut Kamil, perkiraan capaian vaksinasi 40 persen itu tidak termasuk warga yang melaksanakan vaksinasi di Desa Ciakar atau PKM Cieurih. Karena mereka juga banyak yang mengikuti vaksinasi di luar desa. Seperti ASN dan anak-anak sekolah.

Baca Juga : Ketua PKK Ciakar Ciamis Ajak Masyarakat Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Untuk memastikan tingkat capaian vaksinasi, Pemdes Ciakar akan mendata berapa persen yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 di luar daerah.

“Meski pencapaian vaksinasi belum maksimal, namun kita bisa memastikan 70 persen dapat tercapai. Sebab, pemerintah desa terus mengajak agar masyarakat dapat mendukung program vaksinasi,” kata Kamil Hasan.

Kasi Pelayanan Desa Ciakar, Yusup Jamaluddin menambahkan, kesadaran masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi terus mengalami peningkatan.

Ia menyebutkan, penyebab belum maksimalnya capaian vaksinasi dosis pertama selain banyak yang mengikuti vaksinasi di luar daerah. Juga masih banyak warga yang merantau belum pulang kampung.

“Kalau saja warga sudah pada mudik, kita dapat memastikan pencapaian vaksinasi 70 persen dapat tercapai. Sehingga optimistis harapan pemerintah desa terkabulkan,” kata Yusup. (Dji/R3/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -