Jumat, Desember 3, 2021
BerandaBerita TerbaruVariasi Kap Mesin Mobil dengan Air Flow, Ini Cara Merawatnya

Variasi Kap Mesin Mobil dengan Air Flow, Ini Cara Merawatnya

Variasi kap mesin mobil memang menjadi idaman para pecinta otomotif. Variasi tersebut berupa air flow cap dengan berbagai model. Selain untuk membuat mobil terlihat semakin gagah, air flow cap ini memiliki banyak fungsi.

Air flow cap merupakan komponen tambahan yang dipasang pada kap mesin bagian depan. Fungsinya adalah menambah aliran udara sehingga dapat masuk ke ruang mesin untuk sistem pendinginan. Tujuannya adalah mengalirkan lebih banyak udara di sekitar mesin.

Cara Merawat Variasi Kap Mesin Mobil Paling Tepat

Setiap mobil memiliki ciri khas mobil yang berbeda. Mobil berjenis sedan, MPV atau SUV memiliki bagian kap yang sangat luas pada bagian depan. Kap mesin ini menjadi perhatian khusus sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Baca Juga : Komponen Gardan dan Fungsinya pada Mesin Kendaraan Roda Empat

Terutama pada kap yang memiliki variasi air flow pada bagian depan. Perlu adanya perawatan tepat agar kap mesin lebih terjaga.

Perawatan yang salah justru membuat goresan halus dan membuat kap mobil Anda menjadi tidak bagus. Cara membersihkan kap mobil paling tepat agar lebih awet dan bagus untuk jangka panjang sebagai berikut.

Siram Air Hingga Merata

Membersihkan variasi kap mesin mobil sebaiknya dalam kondisi dingin. Siram dengan air secukupnya saja dan berhati-hati. Dengan menyemprotnya menggunakan air, maka debu yang menempel pada variasi kap mesin mobil hingga mengalir ke bawah.

Proses Pengelapan

Selanjutnya untuk kebersihan maksimal Anda dapat menggunakan kain chamois. Hal ini Anda lakukan dengan menyiram dengan air. Lakukan berulang.

Selain itu, lakukan dari belakang hingga ke depan sehingga debu yang menempel dapat bersih sempurna.

Pembersihan pada Air Flow

Jangan lupa membersihkan variasi air flow kap secara hati-hati. Lakukan pembersihan dengan sikat lembut pada bagian saringnya. Bisa juga dilap saja menggunakan lap agar kotoran pada jaring terangkat. Pastikan kebersihannya.

Lap Dengan Microfiber Sampai Kering

Jika sudah dipastikan bersih, maka selanjutnya gunakan lap microfiber hingga kering. Anda lap hingga rata semua dan tidak meninggalkan bercak air yang justru akan terlihat seperti debu.

Beri Pelembab Kap Mesin

Setelah dilakukan pembersihan berulang pada variasi kap mesin mobil, maka tampilan kap sedikit kusam. Hal ini karena faktor cuaca baik hujan maupun panas. Sehingga membuat tampilan kap menjadi kurang bagus.

Baca Juga : Bagian-Bagian Mesin Mobil dan Fungsinya yang Wajib Anda Tahu

Untuk tetap menjaga tampilannya tentu perlu wax tanpa silikon. Pelembab tersebut dapat dibalurkan secara merata pada kap mesin. Lakukan perataan hingga ke semua sisi kap depan. Hindari menekan terlalu kuat, lakukan saja secara perlahan.

Pastikan pelembab tersebut merata. Perlu Anda ingat, carilah pelembab yang sesuai dengan kap mesin Anda. Pelembab khusus kap mobil yang berkualitas menjadikan kap Anda lebih kinclong.

Membersihkan Wax

Wax memiliki tekstur seperti krim. Sehingga Anda perlu membersihkannya. Ambil kain microfiber untuk menyeka variasi kap mesin mobil. Namun dalam tahap ini Anda perlu melakukan dengan gerakan bolak-balik secara berulang agar bersih sempurna.

Fungsi dari wax ini adalah kap mesin menjadi lebih berkilau. Sehingga tampilannya semakin memukau. Anda perlu melakukannya sesering mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Memasang Air Flow pada Kap Mobil

Bagi Anda yang ingin tampilan gagah pada mobil, maka sebaiknya Anda memasang air flow cap ini. Cara memasangnya sangat mudah, yakni dengan membersihkan tempat yang akan Anda pasang.

Selanjutnya variasi kap mesin mobil Anda tempelkan pada permukaan dengan melepas perekat di bagian belakang. Atur peletakannya sehingga pas pada posisi seharusnya. Kemudian tekan dengan kekuatan sedang dan lihat hasilnya.

Ada yang pengaplikasiannya dengan cara dibor ada juga yang menggunakan perekat. Pastinya dengan menggunakan variasi ini membuat mobil Anda semakin gagah dan maskulin.

Biasanya variasi ini sangat cocok pada berbagai jenis mobil. Bahan dasar dari variasi kebanyakan adalah fiber yang cukup kuat dan tahan lama.

Dari segi warna cukup bervariasi dan beragam. Bentuknya bervariasi sehingga memudahkan para pecinta otomotif untuk menentukan pilihan.

Banyak yang memodifikasi mobil dengan aksesoris-aksesoris lain seperti spion kap mesin dan juga sticker. Pada dasarnya semua memiliki selera sendiri-sendiri dalam memodifikasi maupun pengaplikasian variasi kap mesin mobil. (R10/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto

- Advertisment -