Rabu, Desember 1, 2021
BerandaBerita TerbaruWarna Dinding pada Rumah Gaya Mediterania Terkesan Alami

Warna Dinding pada Rumah Gaya Mediterania Terkesan Alami

Warna dinding pada rumah gaya mediterania tampak alami. Desain rumah dengan mediterania style umumnya memiliki bentuk serta tekstur khas. Tidak hanya itu, gaya mediterania juga penuh dengan warna. Rumah gaya mediterania seringkali menggunakan warna-warna pucat dan lembut.

Seperti halnya warna biru muda, coklat pasir, hingga hijau langit. Hal ini tentunya selaras dengan kondisi alam kawasan mediterania, seperti Spanyol dan Italia. Rumah bergaya mediterania memiliki warna dan desain sedikit berbeda, namun tetap serupa dengan aslinya.

Baca Juga: Cara Membersihkan Lantai Teraso Agar Tetap Mengkilap dan Tahan Lama

Bahkan rumah di Indonesia dengan gaya arsitektur ini banyak terpengaruh oleh peradaban Islam. Hal itu tampak dari bentuk lengkung pada jendela, pintu masuk, dan serambi.

Penerapan Warna Dinding pada Rumah Gaya Mediterania

Rumah gaya mediterania memiliki ciri khas yang tampak dari elemen dinding dengan tekstur kasar dan terkesan alami. Sedangkan dari segi warnanya, gaya mediterania banyak menggunakan perpaduan warna-warna yang tegas dan natural.

Pada arsitektur mediterania, bagian dinding-dindingnya lebih banyak menggunakan permainan warna-warna alami. Seperti halnya menggunakan terakota. Namun,  banyak juga pemilik rumah yang menerapkan gaya mediterania. Tentunya dengan mengaplikasikan warna tampak lebih cerah.

Hal ini agar bagian interior rumah tidak terkesan terlalu gelap. Penggunaan warna cerah untuk menggantikan warna khas mediterania, seperti warna krem, putih, atau abu-abu. Apabila melihat dari gaya pengecatan, dinding rumah mediterania juga sedikit berbeda.

Terutama saat membandingkannya dengan rumah biasa. Warna dinding pada rumah gaya mediterania cenderung memiliki kepekatan dan ketebalan tidak merata. Untuk memperoleh hasil tersebut, pemilik rumah akan mencampur cat dinding dengan sedikit air.

Hal tersebut perlu dilakukan sebelum memulai pengecatan. Pada hunian mediterania untuk memperkuat konsep, perlu menghadirkan bangunan dengan hiasan dekoratif yang menyerupai kubah.

Untuk Indonesia saat ini desain arsitektur mediterania masih dapat diterapkan. Namun perlu menyesuaikan dengan iklim Indonesia. Gaya mediterania ini memperoleh pengaruh dari berbagai budaya. Sehingga pemilihan unsur warna menyesuaikan budaya yang diadopsinya.

Gaya Mediterania Spanyol

Rumah gaya mediterania juga memperoleh pengaruh dari Spanyol. Rumah ini tampak identik dengan kesan lebih ramai. Ciri khas dari rumah mediterania satu ini, dengan penggunaan warna-warna cerah.

Tidak hanya itu, penggunaan mozaic memang mendominasi warna dinding pada rumah gaya mediterania dengan pengaruh Spanyol. Untuk bagian genteng rumah ini seringkali mendominasi dari warna terakota.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Atap Dak Beton, Apa Saja?

Selain itu, untuk rumah mediterania ini juga dapat mengusung beberapa hal lainnya dari desain hunian modern Eropa. Hal itu karena pada area taman dan warna-warna di dalamnya memperoleh pengaruh gaya Eropa.

Gaya Mediterania Yunani

Arsitektur rumah Mediterania juga terpengaruh gaya Yunani sehingga menjadikan rumah tampil sederhana. Hal itu tampak dengan gaya perabot lebih modern dan sederhana. Bagian dinding plesteran dan pemilihan material lantai kayu berwarna putih.

Penggunaan warna khas pada rumah mediterania bergaya Yunani yaitu biru kobalt dan turquoise. Warna tersebut akan sangat cocok penggunaannya di Indonesia. Pemilihan warna tersebut cenderung lebih netral. Sehingga akan menjadikan suasana rumah tampak lebih cerah dan menarik.

Gaya Mediterania Italia

Berbeda dengan gaya mediterania yang terpengaruh oleh budaya Italia. Warna dinding pada rumah gaya mediterania cenderung menggunakan warna-warna earthy tone. Warna tersebut seringkali dominan dengan warna merah marun, coklat, hingga jingga.

Pada dasarnya, untuk gaya rumah mediterania perlu memperhatikan penggunaan warna cerah, hangat, juga segar. Warna merah bata atau terakota, krem atau peach, serta jingga menjadikan perpaduan yang dapat diterapkan.

Baca Juga: Tren Warna Cat Eksterior Rumah Tahun 2021 di Instagram, Recomended!

Tujuan dari penggunaan warna-warna tersebut untuk menghadirkan nuansa klasik yang mewah. Bahkan memberikan tampilan lebih elegan dalam rumah. Memadukan warna tersebut dengan warna putih juga perlu Anda lakukan. Hal itu juga akan menjadikan rumah lebih menarik.

Warna dinding pada rumah gaya mediterania memang terkesan alami. Rumah dengan gaya mediterania umumnya memiliki bentuk dan tekstur yang khas. Gaya mediterania ini memperoleh pengaruh dari berbagai budaya. Sehingga pemilihan unsur warnanya menyesuaikan budaya yang diadopsi.

Bagi Anda yang tertarik ingin memiliki rumah gaya mediterania, maka perhatikan warna dinding. Anda bisa mulai mempertimbangkannya mulai dari sekarang. (R10/HR-Online/Editor-Ndu)

- Advertisment -