Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita Ciamis1.123 Rumah di Ciamis Dapat Bantuan Rutilahu Tahun 2021

1.123 Rumah di Ciamis Dapat Bantuan Rutilahu Tahun 2021

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sebanyak 1.123 unit rumah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dapat bantuan pembangunan Rutilahu (Rumah Tidak Layak Huni) pada tahun 2021.

“Besaran nominal yang didapatkan oleh masyarakat dalam program Rutilahu berkisar Rp 17,5 juta dan Rp 20 Juta. Ada yang bersumber dari Keuangan Pusat, Provinsi, maupun APBD,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Ciamis Aris Taufik Abadi kepada HR Online, Selasa (16/11/2021).

Menurut Aris, bantuan yang bersumber dari Pemerintah Pusat untuk kawasan kumuh berkisar Rp 20 juta, adapun yang bersumber dari Provinsi maupun APBD berkisar Rp 17,5 juta.

“Total yang menerima bantuan dari Pemerintah Pusat berjumlah 60 unit rumah yang difokuskan untuk kawasan kumuh dan sisanya sendiri dari Provinsi juga APBD,” terangnya.

Baca Juga: Hotline Hallow PUPR Ciamis Siap Layani Pengaduan Soal Infratruktur Jalan

Aris mengatakan, sejauh ini progres kegiatan bedah rumah masyarakat dari total 1.123 unit sudah hampir selesai. Sementara bedah rumah tersebut dilakukan secara swadaya oleh masyarakat di lingkungan tempat tinggal para penerima bantuan.

“Dengan adanya program Rutilahu membangkitkan jiwa gotong royong masyarakat untuk saling bahu membahu membantu sesama. Hal ini yang sangat diharapkan dari program Rutilahu,” katanya.

Aris menerangkan, ada tiga kriteria bangunan yang harus terpenuhi dalam program bantuan Rutilahu. Ketiga kriteria tersebut adalah kekuatan bangunan, kesehatan dan juga kecukupan lahan.

“Program ini selalu dilakukan secara Swadaya oleh masyarakat. Alhamdulillah masyarakat di sekitar lingkungan para penerima selalu ikut membantu kegiatan bedah rumah tersebut,” ucapnya.

Bantuan Pembangunan Rutilahu Tak Tumpang Tindih, DPRKPLH Ciamis Buat Aplikasi BAIM KUMIS

Sementara itu, dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat pada program Rutilahu, DPRKPLH Ciamis juga menggagas aplikasi BAIM KUMIS (Bedah Imah Keur Urang Ciamis). Aplikasi tersebut untuk mendata pengajuan masyarakat terkait program Rutilahu.

“Mengenai BAIM KUMIS ini akan diperuntukan sebagai sebuah data base pengajuan bantuan Rutilahu. Aplikasi ini diintegrasikan dengan SKPD dan Non Pemerintah yang sama menangani program Rutilahu. Seperti halnya Dinsos maupun Baznas sehingga tidak terjadi tumpang tindih data ajuan,” katanya.

Aris mengakui, pada tahun sebelumnya ketika masyarakat mengajukan bantuan Rutilahu sering terjadi kesamaan data. Karena warga mengajukan permohonan bantuan ke semua SKPD yang menangani bantuan rutilahu.

“Kejadian kesamaan data bantuan tidak akan terjadi lagi dengan adanya BAIM KUMIS. Untuk aplikasinya sendiri sedang disempurnakan semoga bisa berjalan di tahun 2022,” pungkasnya. (Fahmi/R7/HR-Online/Editor-Ndu)