Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita Ciamis3 Orang Santri Pesantren Sabilunnajat Ciamis Tertimbun Longsor

3 Orang Santri Pesantren Sabilunnajat Ciamis Tertimbun Longsor

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Asrama santri atau kobong pondok pesantren Sabilunnajat di Dusun Sukamaju, RT 09 RW 29, Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jabar, tertimbun longsor.

Akibat dari kejadian tersebut sebanyak 3 orang santri mengalami luka dan harus mendapat penanganan medis di puskesmas terdekat.

Perangkat Desa Cileungsir Esa membenarkan musibah tanah longsor yang menerjang kobong atau asrama santri putra pesantren Sabilunnajat.

Ia menyebut longsor terjadi Selasa (2/11/2021) malam sekitar pukul 21.30 WIB.

“Longsor ini terjadi akibat tebing di belakang kobong tak kuat menahan guyuran air hujan yang terjadi sejak sore, tanah di tebing pun ambrol dan menghantam asrama,” ujar Esa Rabu (3/11/2021).

Baca Juga: Pemkab Ciamis Hibahkan 1,4 Miliar untuk Peningkatan SDM Guru Kemenag

Saat kejadian sebagian besar santri masih berada di masjid, namun ada beberapa santri yang berada di kobong.

“Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya saja 3 santri luka-luka tapi sekarang sudah ditangani medis dan sudah kembali ke pesantren,” katanya.

Akibat kejadian longsor di pesantren Sabilunnajat ini, Esa memperkirakan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah.

Pihaknya pun sudah melaporkan musibah ini ke pihak Kecamatan dan Kabupaten.

Sementara itu pantauan HR Online di lapangan, masyarakat beserta unsur pemerintah Desa, kecamatan, BPBD, Tagana dan TNI/Polri bahu membahu membersihkan puing-puing bangunan.

Selain itu, masyarakat juga bergotong royong mengevakuasi barang-barang milik santri untuk dipindahkan ke bangunan MTs Sabilunnajat. (Eji/R8/HR Online/Editor Jujang)