Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita Ciamis721 PNS di Ciamis Pensiun Tahun 2022, Kekosongan Diisi PPPK?

721 PNS di Ciamis Pensiun Tahun 2022, Kekosongan Diisi PPPK?

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 721 Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkab Ciamis, Jabar, akan memasuki pensiun tahun 2022 nanti.

Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Ciamis Ai Rusli Suardi  membenarkan hal itu Selasa (2/11/2021).

“Dengan banyaknya PNS yang masuk masa pensiun, maka pemerintah Ciamis harus segera mempersiapkan ASN yang nantinya bisa mengisi kekosongan,” ujar Ai Rusli.

Ia menyebut yang pensiun tahun 2022 nanti tidak hanya ASN yang bekerja di kantor pemerintahan saja, melainkan keseluruhan pegawai seperti kalangan guru.

“Sehingga untuk menempatkan PNS pengganti harus sesuai,” katanya.

Baca Juga: 3 Orang Santri Pesantren Sabilunnajat Ciamis Tertimbun Longsor

Kata dia, jumlah 721 orang PNS yang masuk data pensiun itu baru data awal sementara sesuai dengan usia dan masa kerja.

“Untuk realisasinya mungkin bisa tambah jumlah lagi, seperti yang mengajukan pensiun muda,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk mengisi kekosongan setelah banyaknya PNS yang jatuh masa pensiun sesuai aturan bisa dari CPNS maupun PPPK (Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja).

“Namun untuk aturan penempatan hingga kini kami belum mengetahui seperti apa karena itu dari Kemenpan RB,” jelasnya.

Berdasarkan Peraturan Menpan RB nomor 29 tahun 2021 tentang pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional, maka untuk memenuhi kebutuhan penambahan Aparatur Sipil Negara yang kosong diberikan terhadap PPPK.

Meski sudah ada yang lolos P3K akan tetapi pihak BKPSDM dan pemerintah kabupaten Ciamis tidak mengetahui berapa jumlah orang yang lolos dan juga cara penempatanya nanti seperti apa.

Saat ini BKPSDM kabupaten Ciamis tinggal menunggu seperti apa penempatan PPPK yang lolos dalam mengisi kekosongan jabatan  fungsional (JF) maupun jabatan pimpinan tinggi (JPT) sesuai masa kontrak kerja. (es/R8/HR Online/Editor Jujang)