Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita CiamisKadis DPRKPLH Ciamis Ajak Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Kadis DPRKPLH Ciamis Ajak Warga Tidak Buang Sampah Sembarangan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Taufik Gumelar, mengajak kepada warga untuk tidak buang sampah sembarangan.

Terlebih menurutnya saat ini yang sudah memasuki musim penghujan. Sebab, dampaknya bukan hanya agar menyumbat saluran air yang berakibat banjir, namun juga mengundang berbagai penyakit.

“Kita akui bersama, bahwa tingkat kesadaran masyarakat dalam membuang sampah ke tempat semestinya masih kurang,” katanya kepada HR Online, Rabu (10/11/2021).

Sehingga, ia tak henti-hentinya untuk selalu mengajak kepada masyarakat, agar selalu tidak buang sampah sembarangan.

“Buang lah sampah ke tempatnya, atau buang ke bank sampah sekalian menabung,” ucapnya.

Menurutnya, inovasi bank sampah merupakan sebuah upaya pemerintah daerah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya membuang sampah ke tempatnya.

Pasalnya, upaya bank sampah juga menyulap limbah yang tadinya tidak berharga, menjadi atau mempunyai nilai ekonomis tinggi. 

“Daripada membuang sampah sembarangan dan menimbulkan dampak negatif, lebih baik masyarakat menabung sampah ke bank sampah,” kata Taufik.

Sementara upaya untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya membuang sampah, menurutnya harus dilakukan oleh semua pihak.

Terutama mengajarkan kepada anak usia dini, guna menumbuhkan rasa cinta menjaga lingkungan.  

Jadi, katanya, mengatasi sampah bukan hanya tugas pemerintah saja. Namun untuk menjaga lingkungan butuh peran semua stakeholder.

“Yang pastinya akan banyak dampak positif ketika kita menjaga lingkungan. Salah satunya jika tidak buang sampah sembarangan, yaitu terjauh dari penyakit maupun bencana alam banjir,” ucapnya.

Lebih lanjut Taufik menambahkan, bahwa pada bulan November tahun ini yang memasuki musim penghujan, yang ia takutkan adalah datangnya musibah banjir.

Hal tersebut akibat dari tersumbatnya saluran-saluran air, karena warga yang buang sampah sembarangan.

“Jadi, upaya untuk meminimalisir musibah banjir adalah dengan membersihkan saluran-saluran air yang beresiko menyumbat, yang kemudian mengakibatkan air meluap. Dan sebagai upaya sebuah mitigasi resiko banjir, harus dilakukan oleh semua pihak” pungkasnya. (Fahmi/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto