Selasa, Januari 25, 2022
BerandaBerita TerbaruAkibat Spul Motor Rusak, Pengertian, Komponen, dan Ciri Ciri Kerusakan

Akibat Spul Motor Rusak, Pengertian, Komponen, dan Ciri Ciri Kerusakan

Akibat spul motor rusak bisa membuat kendaran mati total. Karena alasan inilah membuat pemilik kendaraan harus tahu apa sebenarnya komponen tersebut. 

Seperti yang sudah diketahui jika sepeda motor menjadi salah satu alat transportasi populer. Pasalnya, praktis dan cocok untuk area perkotaan yang sering mengalami kemacetan. 

Sepeda motor juga memiliki banyak komponen yang bisa membuat kendaraan berfungsi dengan tepat. Bagi pemilik sepeda motor, alangkah baiknya jika Anda mengetahui apa saja komponen yang bisa membuat fungsinya bekerja.

Pastikan juga Anda tahu fungsi dan cara mengatasi komponen jika mengalami masalah. Kalau timbul masalah pada kendaraan, Anda tidak perlu langsung membawanya ke bengkel.

Apalagi kerusakan komponen sepeda motor tidak selamanya berat. Ada juga masalah ringan yang bisa Anda atasi sendiri. Misalnya akibat spul motor rusak. 

Dalam setiap kendaraan, sistem kelistrikan memiliki peran yang cukup penting. Mengingat listrik menjadi salah satu energi untuk menggerakan sepeda motor, maka Anda harus bisa menjaganya.

Komponen spul ini bisa membantu sistem kelistrikan sepeda motor berfungsi dengan baik. Namun jika Anda belum paham komponen tersebut, sebaiknya cari tahu apa spul motor.

Dengan begitu kita bisa mengetahui fungsi, penyebab, hingga akibat jika komponen tersebut bermasalah.

Baca Juga : Fungsi CDI Motor pada Sistem Pengapian Lengkap dengan Komponennya

Pengertian dan Akibat Spul Motor Rusak yang Wajib Anda Tahu

Sebelum Anda tahu apa yang bisa terjadi ketika spul bermasalah, ada baiknya jika mengenal dulu lebih dekat komponen tersebut.

Seperti yang sudah terungkap sejak awal jika komponen sepeda motor cukup banyak dengan fungsi berbeda.

Spul itu sendiri adalah salah satu komponen pada sepeda motor yang memiliki fungsi penting. Komponen ini merupakan kumparan yang erat kaitannya dengan sistem kelistrikan sepeda motor.

Spul memiliki lilitan kawat tembaga yang membawa pengaruh besar atau kecilnya induksi. Karena alasan itulah penting bagi Anda untuk menjaga kondisi kendaraan agar bisa berfungsi dengan tepat.

Jika spul rusak, maka akibat yang timbul yaitu sistem kelistrikan sepeda motor terganggu. Lilitan yang ada pada komponen ini tidak sama antara satu spul dengan spul lainnya.

Jumlah lilitan spul tidak bisa dihitung secara sembarangan. Sebab jumlah lilitan yang ada pada spul berpengaruh pada besar kecilnya tegangan listrik yang muncul.

Baca Juga : Komponen Roda Belakang Sepeda Motor, Kenali Bagian dan Fungsinya

Semakin banyak jumlah lilitan spul, maka energi yang dihasilkan juga besar. Namun jika tenaga listrik yang dibutuhkan standar, tentunya jumlah lilitan kawat tembaganya tidak terlalu banyak.

Karena komponen yang satu ini berfungsi cukup penting, tentu Anda harus melakukan pengecekan secara berkala.

Sebab jika kondisinya melemah hingga rusak, mengakibatkan pengisian daya aki terhenti secara otomatis.

Aki akan kosong yang mengakibatkan motor mati. Tidak hanya itu saja, akibat spul motor rusak juga membuat semua komponen yang membutuhkan sistem kelistrikan mati. Hal ini karena daya aki yang harus masuk terhenti dan mengakibatkan habis atau kosong.

Komponen Spul Motor

Akibat spul rusak yaitu mempengaruhi semua sistem kelistrikan pada sepeda motor. Bahkan mengakibatkan motor mati total. Adapun beberapa yang mempengaruhi kondisi ini yaitu komponen spul.

Baca Juga : Cuci Motor Setelah Hujan, Jangan Malas Agar Tidak Merusak Komponen

Spul sendiri memiliki komponen untuk mendapatkan sumber listrik secara maksimal. Komponen tersebut antara lain lilitan yang terbuat dari kawat tembaga dengan jumlah tidak sama.

Karena tegangan listrik yang hasilnya tidak sama, membuat jumlah lilitan juga berbeda. Semakin banyak jumlah lilitan, maka sistem kelistrikan yang bisa muncul pun juga besar.

Arus listrik yang ada di dalam kumparan tersebut antara lain arus bolak balik dan berubah menjadi arus listrik searah atau DC.

Ciri-ciri Spul Rusak

Anda tentu sudah mengenal akibat spul motor rusak, pengertian, dan fungsinya. Selanjutnya, pahami ciri-ciri ketika mengalami kerusakan. Ada beberapa ciri spul rusak yang perlu Anda tahu.

Sehingga bisa Anda atasi sebelum terjadi masalah yang semakin parah. Ciri spul rusak yaitu Anda bisa melihat kondisi lilitan kawat tembaga pada komponen tersebut.

Kondisi komponen spul yang bermasalah atau rusak, ciri-cirinya terlihat gosong dan baunya seperti hangus. Hal ini mengakibatkan sistem kelistrikan mati total yang menjadi salah satu akibat spul motor rusak. (R10/HR-Onine/Editor-Eva)

- Advertisment -