Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita Terbaru9 Alasan Makan Coklat Agar Selalu Sehat dan Cantik Alami

9 Alasan Makan Coklat Agar Selalu Sehat dan Cantik Alami

Ada banyak alasan makan coklat sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi bahan makanan atau minuman ini juga baik untuk meningkatkan kecantikan. Namun karena ada efek negatifnya, sebaiknya batasi dalam mengonsumsinya.

Berdasarkan sejarah, nama coklat itu sendiri merupakan istilah atau bahasa suku Aztec yang berasal dari nama xocoti. Istilah ini memiliki arti minuman pahit.

Setelah itu coklat dibawa ke Spanyol. Oleh warga setempat kemudian mengolah coklat mencampurkan dengan gula. Sehingga rasanya menjadi lebih enak.

Coklat atau cokelat termasuk sangat familiar dan banyak orang yang menyukainya. Selain rasanya yang lezat, ada banyak alasan makan coklat karena manfaatnya yang sangat baik bagi tubuh.

Seiring dengan perkembangan saat ini coklat bukan hanya bisa kita jadikan sebagai minuman yang nikmat, tapi juga bisa dalam bentuk makanan yang lezat.

Banyak cafe dan rumah makan yang menyediakan minuman maupun cemilan ini. Bahkan sekarang sudah ada banyak sekali produk makanan atau minuman yang terbuat dari coklat.

Sehingga wajar saja kalau saat ini coklat menjadi salah satu makanan yang paling popular dan favorit bagi banyak orang.

Baca Juga : Manfaat Coklat untuk Kecantikan Kulit, Salah Satunya Bikin Awet Muda

Ragam Alasan Makan Coklat untuk Kesehatan

Jika Anda suka dengan coklat, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah atau membelinya yang sudah siap minum. Anda juga bisa mengolah bahan makanan yang satu ini menjadi aneka cemilan yang enak.

Ada banyak manfaat coklat untuk tubuh. Karena itu, inilah berbagai alasan makan coklat yang sangat baik bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh yang perlu Anda ketahui.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari makan coklat yaitu dapat menurunkan kadar lemak jahat atau kolesterol LDL. Sebaliknya coklat juga dapat meningkatkan kadar lemak baik dalam tubuh atau kolesterol HDL.

Obat Anti Stress dan Depresi

Pilihan tepat jika seseorang sedang merasakan depresi atau stres itu dengan mengonsumsi coklat. Ini karena coklat memiliki kandungan senyawa serotonin yang berfungsi sebagai anti depresi yang alami.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Teh Hojicha dari Jepang, Baik untuk Kesehatan Tubuh

Obat Darah Tinggi

Coklat itu juga merupakan obat alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena kandungan flavonoid pada coklat itu berperan sebagai antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Fungsi lain dari kandungan flavonoid dalam coklat juga dapat untuk menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Kandungan senyawa flavonoid dalam coklat itu sangat baik untuk tubuh. Salah satunya berperan untuk memperlebar pembuluh darah dalam otak. Inilah alasan makan coklat yang bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Mencegah Sakit Jantung

Kandungan senyawa yang pada coklat dapat membantu melancarkan sistem kardiovaskuler. Apalagi dark chocolate yang Anda konsumsi itu bisa mengurangi resiko penyakit serangan jantung dan jantung koroner.

Baca Juga : Manfaat Buah Sawo yang Kaya Gizi dan Bikin Wajah Awet Muda

Oleh sebab itu, bagi Anda yang menyukai coklat maka akan terhindar dari resiko penyakit jantung.

Memperlambat Penuaan Dini

Mengonsumsi coklat juga bisa membantu Anda untuk menghambat penuaan dini. Seperti mengurangi kerutan pada wajah dengan kandungan antioksidan alami yang terdapat pada coklat itu sendiri.

Selain itu, manfaat coklat bukan untuk kesehatan saja, tetapi juga sangat baik untuk kecantikan. Bagi Anda yang peduli dengan kecantikan, inilah beberapa alasan makan coklat yang penting untuk kecantikan tubuh.

Anti Aging Alami

Coklat bisa kita gunakan untuk perawatan kulit bagian luar sebagai anti aging alami. Kandungan flavonoid pada coklat itu berperan untuk mengencangkan kulit tubuh, sehingga akan kelihatan muda dan segar.

Untuk caranya juga mudah. Anda cukup melelehkan coklat ke dalam susu. Kemudian aplikasikan saja ke kulit sembari melakukan pijatan. Lakukan itu secara rutin yakni 2-3 kali seminggu.

Detoksifikasi Kulit

Coklat juga bisa kita aplikasikan menjadi sebuah produk kecantikan kulit. Contohnya jika coklat bubuk kita campur dengan kafein akan bermanfaat sebagai detoksifikasi kulit. 

Bukan hanya itu, campuran dari coklat bubuk dan kafein itu juga bisa untuk mengatasi kulit kusam dan berminyak.

Scrub Alami

Coklat bisa kita gunakan sebagai scrub untuk perawatan kulit. Kulit tubuh yang menggunakan scrub coklat itu hasilnya bisa cerah dan juga mampu menghilangkan sel-sel kulit mati.

Yaitu dengan cara melelehkan bubuk coklat lalu campurkan dengan susu hingga berbentuk krim. Selanjutnya aplikasikan scrub coklat tersebut pada wajah dan leher. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

Demikian berbagai alasan makan coklat yang penting bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang enak sebagai makanan atau minuman, coklat juga bisa kita gunakan sebagai perawatan kecantikan tubuh. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -