Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruAlasan Memilih Obat Herbal Karena Keamanan dan Khasiatnya

Alasan Memilih Obat Herbal Karena Keamanan dan Khasiatnya

Alasan memilih obat herbal belakangan semakin menguat seiring meningkatnya kesadaran orang untuk kembali ke alam. Selain karena faktor kemudahan dan keamanannya, obat herbal juga tidak kalah efektifnya dalam mengusir gangguan kesehatan.

Sejalan dengan perkembangan yang semakin kompleks, penyakit yang muncul juga semakin banyak dan aneh. Terakhir pandemi Covid-19 telah menyebabkan perubahan besar dalam kehidupan manusia modern.

Apalagi penyakit akibat virus Corona ini belum tersedia obatnya. Karena itulah makin banyak saja orang yang lebih memilih obat herbal untuk menjaga kesehatan, dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Meskipun pengobatan secara medis sudah semakin kompleks, namun masih banyak orang lebih memilih pengobatan alternatif dengan mengonsumsi obat herbal. Alhasil banyak pertanyaan yang bertebaran, kenapa harus menggunakan herbal?

Apapun alasan memilih obat herbal, pengobatan tradisional dapat menjadi alternatif pengobatan yang bisa kita manfaatkan. Anda pun boleh menggunakan obat herbal sebagai alternatif pengobatan Anda.

Namun ada baiknya Anda tetap memperhatikan dosis obat herbal yang baik kita konsumsi seperti apa. Karena konsumsi yang berlebihan tentunya tidak akan baik untuk tubuh kita.

Baca Juga : Obat Herbal Daun Sirsak yang Berkhasiat Usir Kanker hingga Asam Urat

Berbagai Alasan Memilih Obat Herbal

Ada banyak alasan dan argumentasi mengapa banyak orang beralih menggunakan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak saja berbagai alasan memilih obat herbal berikut ini.

Minim Efek Samping

Setiap orang tentu memiliki alasan sendiri dalam memilih dan menentukan pengobatan yang tepat. Salah satu yang mendorong orang memilih herbal sebagai bahan alami untuk pengobatan adalah karena herbal rendah efek sampingnya.

Bagi Anda yang mengonsumsi obat medis biasanya ada beberapa efek samping yang seringkali akan kita rasakan. Seperti pusing, mengantuk, mual atau muntah, diare atau sembelit, dan lainnya.

Nah, mengonsumsi obat herbal jauh dari efek samping semacam itu. Sehingga banyak orang kemudian beralih menggunakan obat herbal.

Rekomendasi Orang Tua

Banyak generasi muda yang mengaku tertarik untuk mencoba mengonsumsi obat herbal karena rekomendasi dari orang tuanya. Pengalaman orang tua tersebut kemudian menjadi referensi generasi muda untuk mencobanya juga.

Baca Juga : Obat Herbal Penurun Kolesterol yang Ampuh Mencegah Kardiovaskuler

Rasa percaya juga pada akhirnya dapat menunjang sugesti tentang keberhasilan sembuh dari obat herbal, selain karena memang khasiatnya yang banyak. Dukungan ini pula menjadi alasan memilih obat herbal.

Harga Lebih Murah

Sebenarnya bukan tanpa sebab jika obat herbal bandrol harganya lebih murah. Kalau kita bandingkan dengan obat medis yang juga penting untuk pengobatan, harga obat herbal jauh lebih terjangkau.

Hal ini karena bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya berasal dari tanaman yang mudah kita dapatkan. Bahkan kalau punya tanaman herbal kita bisa mendapatkan bahannya dari kebun sendiri.

Dengan alasan harga ini juga, khususnya masyarakat banyak yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk mengatasi segala gangguan kesehatan.

Tidak Memicu Alergi

Para ahli menegaskan bahwa obat herbal selain hampir tidak memiliki efek samping, juga dapat menyembuhkan alergi yang timbul pada seseorang.

Baca Juga : Manfaat Sehat Daun Gedi, Obat Herbal untuk Atasi Masalah Kesehatan

Beberapa obat herbal dapat menyembuhkan alergi terhadap makanan, obat-obatan tertentu dan berbagai jenis alergi yang lain. Hal inilah yang menjadi alasan memilih obat herbal.

Obat herbal pun ternyata memiliki kandungan zat dari bahan alami yang lebih sesuai dalam bekerja sama dengan tubuh, untuk mengatasi berbagai macam masalah yang berkaitan dengan alergi.

Lebih Aman

Pembuatan obat herbal berasal dari bahan-bahan alami yang tersedia dari alam dan jauh dari unsur pencampuran bahan kimia. Oleh sebab itu, banyak orang merasa kalau obat herbal lebih aman.

Jika kita mengonsumsi tanpa anjuran dosis dari dokter, obat herbal yang kita olah sendiri atau racik sendiri tetap lebih aman. Coba bandingkan dengan obat medis yang kita konsumsi tanpa anjuran dokter malah lebih berisiko.

Bisa Kita Buat Sendiri

Jika Anda sudah tahu bagaimana proses pembuatan dan apa saja bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat obat herbal, maka hal ini akan lebih menguntungkan.

Anda memang bisa membuatnya sendiri obat herbal di rumah dan mengonsumsinya secara aman. Namun tentunya apapun yang berlebihan tidak baik, meskipun masih tetap lebih aman,

Jika pengobatan herbal anda lakukan secara berimbang dengan pengobatan medis, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang menangani Anda. Karena khawatir ada resiko dari pengobatan dua arah semacam itu.

Demikianlah berbagai alasan memilih obat herbal ketimbang pengobatan modern. Bahkan banyak jenis penyakit baru yang justru tidak bisa kita atasi dengan kemajuan kedokteran modern. Sehingga banyak orang yang lebih memilih menggunakan obat herbal alami. (R11/HR-Onine/Editor-Eva)

- Advertisment -