Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita NasionalAlasan Yana Ngeprank se-Indonesia, Benarkah Kabur ke Istri Muda?

Alasan Yana Ngeprank se-Indonesia, Benarkah Kabur ke Istri Muda?

Banyak netizen yang ingin tahu alasan Yana ngeprank se-Indonesia. Desas-desus pun beredar di media sosial. Di salah satu akun Instagram menyebutkan Yana kabur ke istri mudanya di Cirebon. Sementara di Twitter, netizen heboh menyebut Yana menghilang demi menghindari utang.

Sebelumnya Yana Supriatna (40) warga Sumedang, Jawa Barat menghilang, yang tertinggal motor dan helmnya di Cadas Pangeran pada Selasa (16/11/2021). Istri Yana, Kurniasih yang khawatir melaporkan menghilangnya sang suami kepada Polisi.

Yana awalnya pergi ke Bandung untuk urusan pekerjaan, saat pulang ke Sumedang, ia memberi kabar kepada istrinya, bahwa ia sedang istirihat di masjid.

Baca Juga: Yana Prank Hilang di Cadas Pangeran, Netizen: Lari dari Utang?

Selain itu, Yana juga memberi kabar ia bertemu dengan orang yang mau menumpang dan tujuannya sama mau pulang ke Sumedang Kota.

Namun, tak berselang lama, Yana kembali mengirim pesan suara melalui WhatsApp seolah. Ia terdengar sedang kesakitan.

Semula banyak yang menduga Yana jadi korban kejahatan. Ternyata Yana hanya ngeprank, alasan Yana melakukan hal tersebut masih jadi pertanyaan publik.

Saat pertama Yana menghilang istrinya melapor, Tim SAR gabungan pun mulai melakukan pencarian.

Akun BPBD Sumedang di Twitter sempat mencuit, pihaknya melibatkan ahli spiritual sebagai ikhtiar mencari Yana. Sementara polisi mengerahkan anjing pelacak untuk mencari Yana di seputar Cadasr Pangeran.

Pencarian sempat berhenti lantaran cuaca tidak mendukung dan dikhawatirkan bisa membahayakan para petugas.

Sampai akhirnya pada Kamis (18/11/2021) Yana ditemukan di Dawuan Majalengka. Polisi pun membenarkan Yana sudah ketemu dalam keadaan sehat walafiat.

Lantas apa alasan Yana ngeprank se-Indonesia dengan pura-pura menghilang di Cadas Pangeran?

Sebuah video beredar memperlihatkan Yana sedang menjalani pemeriksaan di kepolisian. Yana yang memakai baju batik dan celana hitam menuturkan, sebelum ke Majalengka ia menuju ke Cirebon.

Selama dalam perjalanan Yana mengaku menangis karena ingat pada anaknya yang ia tinggalkan. Rupanya Yana naik elf menuju ke Cirebon.

Namun ia tidak menyebutkan apa alasan kepergiannya ke Cirebon. Hanya saja beredar kabar jika Yana pergi ke istri mudanya.

Sementara kabar lain menyebut Yana pergi untuk menghindari utang. Niat Yana ngeprank istri malah jadi satu Indonesia kena prank.

Penjelasan Polisi

Warga Dusun Babakan Regol, Desa Sukajaya, Kecamatan Sumedang, Jawa Barat yang awalnya disangka hilang di Cadas Pangeran itu kemudian viral. Netizen pun penasaran apa alasan Yana ngeprank se-Indonesia.

Dalam video yang berbedar Yana mengaku pergi ke Bandung untuk urusan pekerjaan. Saat di perjalanan pulang ke Sumedang, Yana mengatakan ia berpikir keras. Tapi Yana tidak menjelaskan alasan ia berpikir keras.

Selain menangis, Yana mengaku sempat ingin loncat di Cadas Pangeran. Namun karena teringat anaknya ia pun mengurungkan niatnya tersebut.

Yana memutuskan untuk meninggalkan motor dan helmnya di Cadas Pangeran, ia pun naik elf menuju Cirebon.

Sementara itu, polisi memberi penjelasan terkait alasan Yana ngeprank dengan pura-pura menghilang di Cadas Pangeran.

Kasi Humas Polres Sumedang AKP Dedi Juhana mengatakan, motif Yana pura-pura menghilang secara misterius di Cadas Pangeran tersebut karena tekanan pekerjaan dan keluarga.

“Untuk motif pelaku masih kami dalami, mengapa saudara Yana melakukan seperti itu sehingga kejadiannya ramai di media sosial,” katanya.

Selain itu, polisi juga sedang mendalami adanya unsur pidana dari prank yang dilakukan Yana.

Jadi Trending Topic di Twitter

Sejak Yana ditemukan di Dawuan Majalengka, netizen heboh. Bahkan jadi trending topic di Twitter. Ribuan akun bergunjing tentang Yana, banyak yang penasaran alasan ia ngeprank dengan pura-pura hilang di Cadas Pangeran.

Perbuatan Yana memang membuat repot, Tim SAR Gabungan yang melakukan pencarian sampai menurunkan 200 personil terlibat. Bukan hanya Tim SAR yang mencari Yana, di media sosial banyak yang mengaitkan menghilangnya Yana dengan mistis.

Beredar kabar kuncen Cadas Pangeran menyebut Yana diculik Ular Kuning. Bahkan sekumpulan orang sedang berdo’a di Cadas Pangeran juga beredar di media sosial. Selain itu di TikTok seorang ibu terlihat kesurupan. Ibu tersebut menyebut Yana menghilang di air.  

Setelah Yana ditemukan, kejadian ini menjadi lelucon di dunia maya. Berbagai meme beredar mengaitkan Yana dengan ular kuning, kuncen Cadas Pangeran, dan paranormal.

Apalagi setelah alasan Yana ngeprank terungkap. Kejadian ini jadi bahan meme, hanya saja Yana kini sedang ketar-ketir menunggu kepastian dari Polisi, akankah perbuatannya itu berujung pidana? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)