Kamis, Januari 27, 2022
BerandaBerita TerbaruAmalan Saat Gerhana Bulan, Menambah Pahala dan Timbangan Kebaikan

Amalan Saat Gerhana Bulan, Menambah Pahala dan Timbangan Kebaikan

Amalan saat gerhana bulan tentunya perlu untuk kita ketahui. Dengan kita mengetahui hal tersebut, akan memberikan dampak baik dalam kehidupan. Bukan hanya mendapatkan pahala, melainkan juga kita menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa pahala lebih banyak daripada dosa akan menjadi penyebab kita masuk ke surga. Pastinya setiap manusia menginginkan surga.

Gerhana bulan sendiri sudah menjadi hal yang familier untuk kita semua. Terkadang kehadirannya juga menggegerkan manusia. Namun, tahukah Anda bagaimana ajaran Islam menanggapi hal tersebut? Meskipun ini merupakan fenomena alam. Tanpa kuasa Allah SWT, tidak akan terjadi.

baca juga: Amalan Antara Adzan dan Iqomah, Penyebab Bertambahnya Pahala

Beberapa Amalan Saat Gerhana Bulan yang Bisa Dilakukan

Untuk Anda yang selama ini belum mengetahui apa saja yang harus dilakukan saat terjadi gerhana bulan, ada baiknya menyimak penjelasan berikut ini terlebih dahulu. Dengan tujuan, untuk menambahkan ilmu yang berkaitan agama Islam atau tholabul ilmi.

Salat Gerhana

Untuk amalan saat gerhana bulan tiba yang pertama adalah hendaknya kita melakukan salat gerhana. Hal yang demikian ini pastinya sudah tidak asing lagi. Sebab, beberapa tahun belakangan ini terjadi gerhana bulan yang sangat dahsyat.

Namun, Rasulullah SAW telah bersabda yang diriwayatkan oleh Muslim, artinya adalah “Sesungguhnya matahari dan bulan itu merupakan tanda kekuasaan Allah SWT. Tidak terjadi gerhana matahari dan bulan, sebab kematian seseorang atau kehidupannya. Jika kalian mendapati gerhana, maka salat dan berdoalah sampai gerhana tersebut selesai”.

Karena menjadi salah satu dari perintah Rasul, maka salat gerhana hukumnya adalah sunnah. Perlu Anda ketahui, salat gerhana ini terdiri dari dua rakaat.

Pada setiap rakaatnya berdiri dua kali, ruku’ dua kali, serta sujud dua kali. Untuk setiap rakaatnya sendiri juga membaca surat Al-Fatihah dan surat panjang dengan suara nyaring.

Saat ruku’ dan sujud membaca tasbih dalam durasi waktu yang lama. Hal yang demikian itu juga berdasarkan ajaran Nabi berdasarkan pada Hadis Riwayat Bukhari Muslim.

baca juga: Amalan Ibadah Saat Nifas untuk Mendekatkan Diri Pada Allah

Mengeluarkan Sedekah

Kemudian amalan saat gerhana bulan adalah bersedekah. Sebenarnya, sedekah tidak hanya bisa kita lakukan ketika datangnya gerhana bulan saja, melainkan setiap hari lebih bagus.

Oleh sebab itu, bersedekahlah guna mendapatkan pahala serta rida dari Allah SWT. Di sekitar kita, pasti terdapat kalangan yang bisa kita beri sedekah. Bahkan, kalangan tersebut juga bisa berasal dari keluarga kita sendiri.

Logika manusia pasti selalu seperti ini, sedekah itu akan mengurangi jumlah harta. Namun hal tersebut tidak sinkron dengan penilaian dari Allah SWT.

Sebab, siapapun yang mengeluarkan sedekah, maka Allah akan melipatgandakan kekayaannya. Coba sekarang Anda bayangkan saja, gerhana bulan itu datangnya berapa tahun sekali atau berapa bulan sekali?

Bila setiap datangnya fenomena alam tersebut kita mengeluarkan sedekah, bisa dikatakan Rp 10.000, berdasarkan penilaian dari Allah, sudah berapa kekayaan yang akan kita terima?

baca juga: Hukum Percaya Ramalan dalam Islam, Berikut Penjelasannya

Bertobat

Selain sedekah dan salat, bertobat juga menjadi salah satu amalan saat gerhana bulan. Ada baiknya hal ini kita lakukan setelah selesai melakukan salat gerhana.

Menurut Imam Ghazali, dalam salah satu risalahnya yang berjudul Al-Adab fid Din, Majmu’ah Rasail al-Imam, Imam Ghazali mengatakan beberapa adab untuk menyambut gerhana bulan.

Diantaranya adalah senantiasa mempunyai rasa takut, memperlihatkan rasa haru, bertobat, tidak menampakkan sikap mudah bosan, segera untuk menunaikan salat sunnah, berlama-lama saat melaksanakan salat tersebut, dan merasakan jika fenomena ini menjadi peringatan.

Melakukan Amal Kebaikan

Amalan saat gerhana bulan selanjutnya yaitu melakukan amal kebaikan. Mengacu pada apa yang sudah dikatakan oleh Imam Ghazali terhadap beberapa adab menyambut datangnya gerhana tersebut, bukankah kita seharusnya menjadikan fenomena ini sebagai peringatan?

Semua yang terjadi di muka bumi ini pastinya atas izin Allah. Walaupun, kembali ke pernyataan sebelumnya yang mengatakan bahwasanya gerhana bulan itu adalah fenomena alam.

Sama dengan bersedekah, berbuat kebaikan juga tidak kita lakukan saat gerhana bulan saja. Akan tetapi setiap hari, tentunya akan lebih bagus untuk menambah timbangan amal kebaikan kita menjadi lebih berat.

Berdoa, Dzikir, dan Istighfar

Untuk amalan saat gerhana bulan yang lainnya adalah hendaknya kita memperbanyak untuk berdoa kepada Allah. Seperti yang sudah kita ketahui bahwasanya doa merupakan senjata utama bagi setiap muslim. Maka dari itu, berdoalah.

Selain berdoa, hendaknya kita memanfaatkan momen yang menjadi peringatan tersebut untuk memperbanyak dzikir. Ada banyak sekali dzikir yang bisa kita amalkan dalam ajaran Islam.

Dahsyatnya dzikir sendiri akan memberikan dampak hati yang tenang. Kemudian Anda juga memperbanyak untuk beristighfar. Istighfar juga menjadi salah satu pertanda bahwa seseorang itu telah bertaubat.

Sebagai manusia yang mempunyai fitrah, sudah pasti kita memiliki banyak dosa. Dengan demikian, harapan membaca istighfar tersebut semoga Allah mengampuni dosa-dosa yang telah kita perbuat.

Alangkah lebih baiknya jika beberapa amalan saat gerhana bulan tersebut menjadi pedoman dalam kehidupan. Meskipun tidak terjadi setiap hari, setidaknya kita sudah mengetahui dan bisa mengamalkannya. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -