Rabu, Januari 26, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia Terbaik, Berikut Pilihannya!

Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia Terbaik, Berikut Pilihannya!

Aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia memang sangat penting, sehingga bagi Anda yang akan mengulang ejaan salah bisa menggunakannya. Seperti yang kita ketahui, berkat kecanggihan teknologi, maka sangat memudahkan manusia untuk melakukan banyak hal.

Jadi bagi Anda yang sering salah dalam mengetik tulisan, secara otomatis akan langsung terdeteksi kesalahan tersebut. Salah satu caranya adalah menggunakan beberapa aplikasi seperti berikut ini.

Baca Juga: Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara dengan Berbagai Karakter, Apa Saja?

Pilihan Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia Ini Cocok untuk Anda Miliki

Mengecek ejaan, tata bahasa, maupun salah ketik memang merupakan perkara yang sangat penting untuk Anda lakukan. Jika Anda sudah tahu bagaimana cara untuk mengeceknya, maka akan lebih menghemat tenaga dan waktu Anda.

Bagaimana bisa hemat? Sebab, Anda tidak harus mengecek ulang maupun membaca satu per satu kalimat untuk menemukan kesalahannya. Terlebih jika teks yang Anda buat sangat panjang dan banyak, tentu akan memakan banyak waktu dan melelahkan.

Oleh karena itu, kini telah hadir aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia yang bisa Anda gunakan untuk mengecek kalimat salah. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, akan memudahkan Anda dalam mencari kesalahan ejaan secara cepat.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, tak heran jika saat ini sudah banyak pengembang yang berlomba-lomba menciptakan aplikasi tersebut. Daripada Anda bingung apa saja aplikasinya, berikut ini ada beberapa pilihan yang tepat.

Typoonline

Aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia yang pertama adalah Typoonline yang wujudnya berupa sebuah website dan aplikasi. Aplikasi ini sangat memudahkan Anda untuk mengecek typo (kesalahan), ejaan, maupun tata bahasa.

Selain itu, kata maupun kalimat yang salah ketik atau typo akan langsung secara otomatis berwarna merah. Sementara itu jika salah tata bahasa atau salah ejaan akan berwarna biru. Sehingga sifatnya adalah opsional untuk menggantinya sesuai dengan kaidah atau keinginan Anda.

Baca Juga: Aplikasi Pembuka Blokiran WhatsApp Terbaik, Simak Daftar Pilihannya!

Google Docs

Pilihan aplikasi untuk mengecek ejaan bahasa Indonesia yang kedua bernama Google Docs. Tentunya Anda sudah tidak asing lagi mendengar Google Docs?

Google Docs sendiri terdapat dua macam, yang pertama berupa website dan yang kedua aplikasi. Untuk aplikasi, bisa dengan mudah Anda unduh melalui layanan Google Play Store.

Aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia Google Docs ini merupakan sebuah aplikasi yang asalnya dari Google. Dengan demikian, untuk bisa mengaksesnya Anda harus login dulu menggunakan akun Google. Itu artinya, Anda harus memiliki akun Google sendiri.

Ejaan.id

Aplikasi untuk mengecek ejaan bahasa Indonesia yang ketiga bernama Ejaan.id dan bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Namanya memang ejaan, akan tetapi aplikasi yang satu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengecek typo online dan bahasa.

Sementara itu, ada kata”id” yang memang menandakan alamat web. Anda juga dapat menggunakan untuk versi webnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu repot-repot untuk menginstalnya.

Meski demikian, Anda tetap dapat menggunakan versi aplikasi yang Anda unduh secara cuma-cuma. Tentu akan lebih solutif lagi saat menggunakan aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia seperti ini.

KBBI

Anda pasti sudah sering mendengar yang namanya KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia bukan? Ternyata tidak hanya berupa kamus saja, melainkan saat ini sudah ada yang namanya aplikasi KBBI.

Tentunya aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan, maka jangan menunda lagi mencoba aplikasi tersebut. Aplikasi KBBI ini sangat mudah untuk Anda gunakan.

Seluruh pengecekan dapat Anda lakukan dengan hasil yang lebih valid. Layaknya seperti KBBI yang dibuat secara resmi guna memberi panduan dalam berbahasa maupun berkata-kata.

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Pada umumnya, cara untuk cek ejaan, tata bahasa, dan typo online pada semua platform website maupun aplikasi memiliki cara sama. Jika Anda menggunakan Typoonline, Ejaan.id, dan KBBI, cara kerjanya dengan menempelkan teks yang akan Anda cek.

Selanjutnya secara otomatis aplikasi tersebut akan langsung memberitahukan mana yang perlu Anda perbaiki. Jika sudah Anda cek secara keseluruhan, Anda bisa langsung menyalin untuk dipindah ke dokumen baru.

Berkat adanya aplikasi koreksi kalimat bahasa Indonesia, akan sangat memudahkan Anda untuk melihat kesalahan sebelumnya. Dengan demikian, akan lebih menghemat waktu, lebih praktis, dan efisien. (R10/HR Online)

- Advertisment -