Kamis, Januari 27, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi KRASmart Connect, Salah Satu Upaya Krakatau Steel Go Digital

Aplikasi KRASmart Connect, Salah Satu Upaya Krakatau Steel Go Digital

Aplikasi KRASmart Connect merupakan marketplace khusus produk baja yang dimiliki oleh Krakatau Steel. Kehadiran platform ini bertujuan untuk memperluas cakupan penjualan, serta memberikan dukungan terhadap visi Krakatau Steel dalam membangun ekosistem marketplace industri baja di Indonesia.

Saat ini PT Krakatau Steel melakukan langkah awal dalam proses peningkatan penjualan melalui kanal digital. Melalui kanal digital ini, nantinya akan dibuat ekosistem untuk industri baja di Indonesia.

Hal ini berdasarkan penjelasan dari Silmy Karim yang merupakan Dirut PT Krakatau Steel Tbk. Penjelasan ini ia sampaikan dalam Grand Launching KRASmart Marketplace pada 26 November lalu.

Mengenal Aplikasi KRASmart Connect

Transformasi digital telah dimulai. Sebelumnya, setelah sukses dengan aplikasi Sales GO, PT Krakatau Steel pun membangun Digital Control Tower atau DCT.

Program ini menyuguhkan informasi secara real time untuk mengetahui kondisi di berbagai fungsi. Mulai dari operasi, komersial, keuangan, hingga penjualan.

Baca Juga : Aplikasi Video Editor Terbaik untuk Android

Selanjutnya, perusahaan menghasilkan KRASmart Connect untuk memberikan informasi harga serta status pesanan yang transparan kepada para pelanggan.

Melalui aplikasi ini, PT Krakatau Steel Tbk berencana untuk memperluas cakupan produk baja di marketplace miliknya.

Tujuan Aplikasi KRASmart Connect

KRASmart Connect merupakan salah satu bentuk transformasi yang PT Krakatau Steel Tbk lakukan. Perusahaan mengembangkan aplikasi ini bertujuan untuk menguatkan penjualan serta memudahkan pembelian produk baja.

Harapannya, dengan aplikasi ini dapat memudahkan para konsumen dalam melakukan transaksi pembelian kapan dan di mana saja.

Dengan demikian, nantinya akan dapat meningkatkan penjualan, produktivitas, serta efisiensi masing-masing sales force.

Dalam aplikasi KRASmart Connect menyediakan berbagai produk baja PT Krakatau Steel serta Grup dari hulu hingga hilir.

Baca Juga : Aplikasi Nonton Film di Laptop, 14 Rekomendasi Terbaik Berkualitas

Hal ini akan membuat produk terintegrasi dan konsumen dapat berbelanja produk baja sama seperti marketplace retail yang umumnya consumer goods manfaatkan.

Digitalisasi yang terjadi di dalam Krakatau Steel memberikan dampak yang bagi baik terhadap peningkatan kinerjanya.

Ini terbukti hingga Oktober 2021 perusahaan telah berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp 1,05 triliun dengan nilai penjualan mencapai Rp 26,5 triliun.

Hal ini mengalami peningkatan sebesar 73,19% dari sebelumnya yang berada di angka Rp 15,3 triliun pada periode sama di tahun 2020.

Hingga saat ini, Krakatau Steel terus berupaya untuk bangkit dan melaju dalam menjalankan usahanya. Hal ini mereka buktikan dengan menciptakan industri yang lebih berdaya saing global dan membanggakan produk dalam negeri.

Selain itu, juga lebih optimis dalam berkontribusi di pertumbuhan bangsa. Dengan #BeliBajadiKRASmart, maka perusahaan akan terus bangkit serta optimis dalam mencapai Indonesia maju.

Fitur Aplikasi KRASmart Connect

Pengembangan aplikasi ini sesuai dengan kebutuhan para konsumen terhadap Krakatau Steel berdasarkan riset yang telah perusahaan lakukan.

Baca Juga : Aplikasi Transkrip Suara ke Teks Terbaik, Ini Daftar Aplikasinya

Selanjutnya, terlaksana pula SMPP atau Sorting Most Pain Poin bagi konsumen menjadi Minimum Viable Produk atau MVP.

Beberapa fitur yang tersedia dalam aplikasi KRASmart Connect mereka harapkan mampu memberikan manfaat bagi konsumen.

Adapun fitur yang tersedia dalam aplikasi ini adalah Estimated Time of Arrival (ETA). Selain mempermudah pengiriman, fitur ini juga membantu konsumen dalam pengaturan logistiknya.

Selanjutnya dengan memanfaatkan KRASmart Connect, maka Order Management System dapat terpantau secara real time oleh para konsumen.

Harapanya, dengan aplikasi ini dapat membantu konsumen untuk memprediksi pesanan apa yang mereka butuhkan di kemudian hari.

Dengan demikian, para konsumen akan dapat lebih akurat serta efisien dalam merencanakan operasional pada waktu ke depan.

Harapan lain dengan hadirnya aplikasi KRASmart Connect adalah mampu menjadi mitra pertumbuhan konsumen supaya dapat tetap lebih kompetitif di pasar.

Dalam proses pengembangan selanjutnya, aplikasi ini terancang khusus agar mampu lakukan order placement atau penjualan produk baja via daring. Lalu after sales service atau penanganan keluhan dari pelanggan.

Dengan kata lain, KRASmart Connect menjadi salah satu titik awal bagi PT Krakatau Steel Tbk dalam pengembangan platform e-commerce yang kemudian akan memperoleh kelengkapan dengan fitur transaksi serta pembayaran.

Untuk waktu kedepan KRASmart Connect akan menjadi platform marketplace produk baja di Indonesia.

Dengan adanya aplikasi KRASmart Connect, dapat menjadi lompatan besar bagi PT Krakatau Steel Tbk dalam pengembangan penjualan produk baja.

Pasalnya, untuk kedepannya, aplikasi dengan basis teknologi digital akan lebih mendominasi transaksi bisnis. (R10/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -