Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Password Manager SATRIA, Solusi Pengaman Sandi yang Efektif!

Aplikasi Password Manager SATRIA, Solusi Pengaman Sandi yang Efektif!

Aplikasi Password Manager SATRIA resmi diluncurkan oleh BSSN. Tujuan dari Badan Siber dan Sandi Negara meluncurkan aplikasi ini adalah untuk mengamankan kata sandi atau password manager bernama SATRIA.

SATRIA ialah kependekan dari Sandi Anda Terenkripsi dengan Aman yang merupakan karya mandiri dari lembaga BSSN. Aplikasi ini diperkenalkan oleh Kepala BSSN, Hinsa Siburian kepada masyarakat pada Selasa 7 Oktober 2021 lalu.

Melalui aplikasi ini, menunjukkan bahwa negara hadir dalam upaya mengamankan siber bagi keseluruhan masyarakat Indonesia. Namun saat ini, dalam penerapan aplikasi ini masih difokuskan bagi ASN.

Baca Juga: Aplikasi Proaktif Tracing Akan Terintegrasi PeduliLindungi, Ini Ulasannya!

Aplikasi Password Manager SATRIA Resmi Diluncurkan

Saat ini penggunaan berbagai jenis aplikasi digital tentu menjadi kebutuhan serta tren dalam aktivitas sehari-hari. Dalam penggunaan aplikasi yang semakin beragam menjadikan masyarakat merasa kesulitan dalam membuat serta mengelola password secara lebih aman.

Oleh karena itu, dalam hal ini memerlukan aplikasi yang dapat membantu dalam pengelolaan password. Hal ini populer dengan istilah Password Manager.

Untuk memberikan dukungan terhadap keamanan siber transformasi digital Indonesia, pihak BSSN menghadirkan Produk Karya Mandiri Password Manager yang bernama SATRIA.

Aplikasi SATRIA hadir dengan desain khusus bagi para aparatur negara. Selain itu, berbagai kalangan masyarakat pun dapat memanfaatkan SATRIA.

Baca Juga: Aplikasi Buku Digital MPR Kini dapat Diunduh dari Google Play Store

Manfaat Aplikasi Password Manager SATRIA

Seperti yang telah kita sebutkan sebelumnya jika aplikasi ini hadir karena banyaknya aplikasi yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam menunjang aktivitas sehari-hari.

Dengan banyaknya aplikasi yang masyarakat gunakan, tentunya dapat menyulitkan para pengguna untuk mengingat serta mengelola kata sandi secara lebih aman.

Dalam hal ini, aplikasi SATRIA hadir untuk dukung keamanan siber transformasi online Indonesia. SATRIA hadir dengan rancangan khusus tidak hanya bagi Aparatur Sipil Negara atau ASN, akan tetapi juga kalangan masyarakat Indonesia.

Adapun manfaat aplikasi Password Manager SATRIA yaitu untuk menerbitkan, menyimpan, serta mengelola secara aman beragam kata sandi akun asetnya.

Peluncuran aplikasi SATRIA juga merupakan upaya literasi digital keamanan siber dalam mengelola kata sandi bagi masyarakat Indonesia, khususnya ASN. Hal ini bertujuan agar mereka mempunyai kesadaran dalam menjaga kata sandi yang aman pada gadget masing-masing.

Peluncuran Aplikasi Password Manager SATRIA

Aplikasi SATRIA resmi meluncur secara nasional pada Rabu 2 November 2021 di Kantor BSSM, Ragunan Jakarta Selatan. Dalam peluncuran tersebut telah hadir Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepala, serta Wakil BSSN.

Terdapat pula Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di lingkungan BSSN. Kegiatan launching produk Karya Mandiri BSSN ini memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi nyata terhadap penyediaan aplikasi penunjang keamanan informasi yang bisa bermanfaat secara luas bagi masyarakat Indonesia.

Ini merupakan salah satu wujud kehadiran negara dalam upaya melindungi data privasi masyarakat melalui perlindungan password. Selanjutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah tersedianya produk Karya Mandiri yang cocok dengan visi dan misi BSSN.

Misi dan visi tersebut adalah mendorong kemandirian teknologi keamanan siber serta sandi untuk mewujudkan kedaulatannya.

Dalam rangka pelaksanaan visi dan misi kemandirian teknologi keamanan siber serta sandi, hingga saat ini BSSN memiliki 16 aplikasi hingga prototype Karya Mandiri. Salah satunya adalah aplikasi SATRIA.

Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik adalah sistem penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan adanya teknologi informasi serta komunikasi. Dalam sistem ini memberikan panduan serta arah menuju pemerintah digital terpadu bahkan terintegrasi secara nasional.

Selanjutnya, dalam SPBE telah memiliki aturan bahwa BSSN merupakan instansi yang membidangi keamanan serta arsitekstur SPBE. Dalam hal ini juga memberikan apresiasi kepada BSSN sehubungan dengan aplikasi Password Manager SATRIA yang mendukung transformasi digital Indonesia.

Namun tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat masyarakat luas pun dapat memanfaatkan adanya aplikasi SATRIA. Pasalnya, tanggung jawab BSSN tidak hanya mengamankan data serta informasi pemerintah serta ASN saja.

Hingga saat ini, BSSN akan terus melakukan pengembangan serta melakukan evaluasi aplikasi Password Manager SATRIA. Agar aplikasi ini dapat berjalan dengan baik serta mampu menjalankan fungsinya sebagai pengelola password untuk mendukung kepentingan masyarakat di era transformasi digital. (R10/HR Online)