Minggu, Mei 22, 2022
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Pengubah Teks Jadi Suara dengan Berbagai Karakter, Apa Saja?

Aplikasi Pengubah Teks Jadi Suara dengan Berbagai Karakter, Apa Saja?

Aplikasi pengubah teks menjadi suara saat ini tersedia di layanan Google Play Store dengan berbagai ragam pilihan. Aplikasi ini bermanfaat untuk membantu Anda yang merasa kesulitan atau sekedar malas membaca, membuat narator dalam video, atau bagi mereka yang tidak bisa bernarasi seperti notive speaker.

Hadirnya aplikasi ini dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Menariknya lagi, dengan aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk membuat konten video.

Anda tidak perlu lagi merekam secara manual. Hal yang perlu Anda lakukan hanya mengetik tulisan. Selanjutnya tulisan tersebut akan diubah menjadi suara sesuai dengan keinginan melalui sebuah sistem.

Pilihan Aplikasi Pengubah Teks Menjadi Suara

Perkembangan teknologi yang cukup pesat menjadikan aktivitas manusia sangat dimudahkan. Termasuk ketika seseorang ingin membuat suara pengantar atau narasi dalam sebuah video.

Sebelumnya, untuk membuat video kita harus berbicara dalam pembuatan narasinya. Saat ini dengan perkembangan teknologi maka kita hanya tinggal mengetikkan narasi saja.

Selanjutnya teks tersebut akan diubah menjadi suara oleh sistem. Untuk mengubah ketikan suara dapat Anda lakukan dengan menggunakan bantuan software atau aplikasi tertentu yang Anda terapkan pada perangkat Android, iOS maupun PC.

Baca Juga : Cara Beli Shiba Inu Coin dengan Menggunakan Aplikasi Terbaik

Berikut ini daftar pilihan aplikasi pengubah teks menjadi suara terbaik yang dapat Anda gunakan:

Synthesys

Pada umumnya, aplikasi untuk mengubah teks menjadi suara menggunakan robot speaker. Akan tetapi, Synthesys sangat berbeda dengan aplikasi sejenis lainnya.

Dalam aplikasi ini terdengar seperti manusia berbicara, karena memang aplikasi ini benar-benar menggunakan suara manusia.

Aplikasi ini mampu memberikan hasil terbaik dan memuaskan. Tidak heran jika banyak konten kreator yang memanfaatkan Synthesys.

Aplikasi ini pun dapat disandingkan dengan jasa voice actor yang Anda temukan pada situs freelancer seperti Fiver.

Baca Juga : Aplikasi Pembuat Musik Gratis Terbaik, Berikut Rekomendasinya!

Voice of Text

Pilihan aplikasi pengubah teks menjadi suara terbaik selanjutnya adalah Voice of Text. Berkat menggunakan aplikasi ini, maka Anda dapat merubah teks menjadi suara dengan karakter yang unik dan menarik.

Bahkan Anda pun dapat membuat suara dalam bahasa Sunda dan Jawa. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mengakses situs voiceoftext.com. Selanjutnya Anda tinggal masukkan tulisan yang akan Anda ubah jadi suara tersebut.

Natural Reader

Dalam aplikasi pengubah teks menjadi suara satu ini tersedia suara laki-laki dan perempuan. Aplikasi Natural Reader tersedia dalam versi gratis dan berbayar yang dapat Anda gunakan sesuai dengan keinginan.

Hal menarik dari Natural Reader dapat mengubah tulisan menjadi suara dalam beberapa bahasa, salah satunya adalah Bahasa Indonesia.

Saat menggunakan aplikasi ini, Anda dapat memilih beberapa tipe suara dengan style pengucapan yang berbeda-beda. Akan tetapi kesan robot ketika pengucapan sulit dihilangkan.

Baca Juga : Aplikasi Video Editor Terbaik untuk Android

Selain itu, dalam aplikasi ini terdaftar fitur yang cukup menarik. Fitur tersebut adalah Miniboard. Dengan menggunakan fitur ini, maka para pengguna dapat mengubah teks dari beberapa jenis file.

Sebagai contoh dari situs tertentu, file word, PDF, dan yang lainnya. Melalui fitur Miniboard, Anda juga dapat mengubah tulisan novel menjadi sebuah audiobook.

Capcut

Salah satu aplikasi edit video yang dapat Anda gunakan untuk mengubah teks menjadi suara. Aplikasi pengubah teks jadi suara ini dapat Anda gunakan pada perangkat Android maupun iOS.

Capcut saat ini cukup populer di kalangan pengguna aplikasi Reels Instagram dan TikTok. Pasalnya, dengan aplikasi ini para pengguna dapat membuat video dengan narasi yang bukan berasal dari suara asli pembuat video, akan tetapi ketikan teks.

AudioBookMaker

Pilihan aplikasi pengubah teks jadi suara berikutnya adalah AudioBookMaker. Aplikasi ini memberikan layanan untuk mengubah teks menjadi audio dalam waktu yang cukup cepat dengan hasil memuaskan.

Termasuk ke dalam parameter narasi yang dapat pengguna sesuaikan. Mulai dari pith, volume serta kecepatannya.

Selanjutnya, AudioBookMaker juga mempunyai tampilan yang menarik dengan berbagai pilihan bahasa serta adanya fitur reminder dalam setiap pengaturan.

Masih banyak lagi aplikasi pengubah teks jadi suara yang dapat Anda manfaatkan. Penggunaan aplikasi ini sangat sesuai untuk Anda terapkan dalam pembuatan video dengan berbagai bentuk narasi dan bahasa. (R10/HR-Online)

Editor : Eva

- Advertisment -