Rabu, Desember 1, 2021
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Plastic Bank Indonesia Perkuat Ekosistem Pengelolaan Sampah

Aplikasi Plastic Bank Indonesia Perkuat Ekosistem Pengelolaan Sampah

Aplikasi Plastic Bank Indonesia menjadi salah satu upaya dalam penanggulangan permasalahan sampah plastik yang ada di Indonesia.

Seperti yang kita ketahui bahwa sampah selalu menjadi masalah yang cukup sulit untuk kita tanggulangi, bahkan di berbagai wilayah.

Oleh karena itu, pada tanggal 16 November lalu, Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) dengan dukungan dari The Coca Cola Foundation, menjalin kerjasama dengan Ancora Foundation untuk mencari solusi terhadap permasalahan sampah plastik yang ada di Indonesia.

Dalam kerja sama ini, Plastic Bank Indonesia serta MallSampah turut ambil peran dengan menjadi mitra pelaksana dalam fase baru pada program “Plastic Reborn 3.0”.

Baca juga: Aplikasi Koreksi Kalimat Bahasa Indonesia Terbaik, Berikut Pilihannya!

Mengenal Aplikasi Plastick Bank Indonesia

Tidak semua jenis sampah, terutama sampah plastik dapat berakhir di tempat pembuangan akhir atau TPA. Sebagian sampah plastik sering kita lihat berceceran di berbagai tempat.

Mulai dari laut, sungai, bahkan di beberapa tempat umum. Dengan memanfaatkan adanya teknologi digital, diharapkan dapat memberikan solusi dari permasalahan tersebut. Melalui teknologi digital, maka pengumpulan sampah dari pemulung sampai pengepul dapat dilakukan secara lebih efektif.

Penanggulangan Sampah Plastik Melalui Teknologi Digital

Salah satu wujud dalam penanggulangan masalah sampah plastik ini dilakukan oleh perusahaan minuman Coca cola dengan mencanangkan Program PLastic Reborn lewat aplikasi.

Program ini sendiri resmi meluncur meluncur pada Maret 2017, saat ini telah mencapai tahap Plastic Reborn 3.0.

Dalam menjalankan programnya, Plastic Reborn 3.0 berkolaborasi dengan Ancora Foundation, aplikasi Plastic Bank Indonesia, serta MallSampah sebagai mitra pelaksana pada fase baru ini.

Kerja sama ini bertujuan untuk memperkokoh ekosistem pengumpulan sampah yakni dengan pemberdayaan pengumpul sampah informal. Melalui kerja sama ini, Plastic Bank Indonesia sangat bersemangat bisa masuk dan bermitra Plastic Reborn 3.0.

Pasalnya, kerjasama ini sejalan dengan misi mereka untuk mencegah masukkan sampah plastik ke lautan. Selain itu, juga dapat meningkatkan kesejahteraan pekerjaan sampah.

Baca Juga: Aplikasi Blue Link Telah Hadir dengan Sejumlah Fitur Menarik, Apa Saja?

Eksistensi Aplikasi Plastic Bank Indonesia

Plastic Bank Indonesia merupakan organisasi yang menghadirkan daur ulang di wilayah pesisir. Selain itu, juga menciptakan daur ulang bahan-bahan tersebut untuk dimanfaatkan kembali di dalam rantai pasokan manufaktur global.

Saat ini Plastic Bank telah beroperasi di Haiti, Filipina, Indonesia, serta Mesir. Sedangkan untuk aplikasi Plastic Bank Indonesia beroperasi di 13 provinsi dengan 290 serta 1800 member.

Plastic Bank Indonesia awalnya berpusat di Bali. Namun pada kemitraan Plastic Reborn 3.0, Plastic Bank Indonesia beroperasi khusus di Lombok.

Dalam upaya menangani masalah sampah plastik, Plastic Bank Indonesia juga melakukan adanya training bagi para mitra informasi.

Tidak hanya training dalam hal cara penggunaan aplikasi Plastic Bank Indonesia, akan tetapi juga mengenai pembekalan tentang pengetahuan terkait plastik serta cara kerja bisnis mereka.

Melalui pemanfaatan teknologi aplikasi Plastic Bank Indonesia memungkinkan adanya aktivitas terkait pengelolaan sampah plastik.

Mulai dari pencatatan, pelacakan, serta pemantauan data daur ulang. Dengan demikian, mampu meningkatkan kapasitas pengumpulan dari para pekerja sektor informal.

Keuntungan Menjadi Mitra Plastic Bank Indonesia

Dengan bergabung menjadi mitra Plastic Bank Indonesia, terdapat berbagai manfaat finansial dan non finansial yang diperoleh. Dalam hal finansial, aplikasi Plastick Bank Indonesia mampu memberikan bonus penghasilan dari bonus token atau tabungan yang terdapat dalam aplikasi ini.

Sedangkan untuk manfaat non finansial berupa pendistribusian melalui Community Development Program. Sebagai informasi, program ini memperoleh dukungan sponsor dari para mitra terkait dengan asuransi BPJS.

Baik BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan, pemberian pulsa internet, dan subsidi ponsel pintar. Selain itu, juga membantu mitra untuk membuka rekening bagi yang belum pernah melakukannya.

Seiring berjalannya waktu, setelah bergabung dengan Plastic Bank Indonesia dalam kemitraan Plastic Reborn 3.0 ini, maka harapannya dapat bekerja sama kembali dalam program yang sama.

Pasalnya, hingga saat ini masih banyak daerah yang belum terjamah dalam penanggulangan masalah sampah.

Perpaduan antara aplikasi Plastic Bank Indonesia dan MallSampah sebagai mitra pelaksana program Plastic Reborn 3.0 memang patut kita apresiasi.

Pasalnya, dalam aplikasi Plastic Bank Indonesia menawarkan solusi transparansi, peningkatan kapasitas, serta pemantauan. Selain itu, juga solusi teknologi dalam membangun sistem pengelolaan sampah yang menyeluruh di wilayah pesisir. (R10/HR Online)

- Advertisment -