Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruApple MacOS 12 Monterey Alami Pembaruan dengan Sejumlah Fitur Baru

Apple MacOS 12 Monterey Alami Pembaruan dengan Sejumlah Fitur Baru

Apple MacOS 12 Monterey untuk salah satu jenis perangkat Mac, baik yang menggunakan prosesor jenis Intel atau prosesor Apple. Pasalnya, MacOS dari versi terbaru ini sudah bisa Anda unduh dengan mudah melalui Mac App Store sekarang juga.

Menurut kutipan dari GSM Arena, MacOS versi baru ini telah hadir dengan sejumlah fitur menarik, lebih baru, dan peningkatan terbaik. Salah satunya yaitu dengan kehadiran fitur bernama SharePlay yang juga telah tersedia di iPad OS dan iOS.

Baca Juga: Apple MacBook M1 Max Telah Hadir, Intip Spesifikasi dan Harganya!

Apple MacOS 12 Monterey Versi Terbaru Sekarang Sudah Bisa Anda Unduh

Sejak tanggal 25 Oktober 2021 yang lalu, perusahaan Apple telah meresmikan sebuah sistem operasi terbaru untuk perangkat MacBook. Namanya MacOS Monterey, perilisannya bersama peluncuran MacBook M1 Max dan M1 Pro.

Dari lansiran GSM Arena, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian khusus, mulai dari sistem operasi besutan Apple tersebut. Karena MacOS 12 Monterey untuk Mac ini lebih kompatibel, baik itu yang menggunakan jenis prosesor Intel maupun Apple.

Sehingga para pengguna dapat mendownload semua jenis aplikasi yang ada pada sistem operasi Intel dengan menggunakan Apple MacOS 12 Monterey. Namun sebelum mengunduhnya, Anda harus tahu bahwa hanya akan ada beberapa model iMAc dan MacBook tertentu saja.

Apabila Anda sudah merasa yakin jika perangkat kompatibel, maka langkah berikutnya cukup klik opsi Apple pada bagian sudut kiri layar. Tahap selanjutnya pilih System Preferences, Software Update, kemudian Update Now.

Cara Melakukan Upgrade

Untuk bisa upgrade Apple MacOS 12 Monterey, maka ada beberapa langkah yang perlu Anda tempuh sebelum menggunakannya. Langkah yang pertama, Anda cukup cek dulu kompatibilitas MacOS tersebut untuk perangkat Mac milik Anda.

Selanjutnya buatlah cadangan data penting Anda guna menghindari terjadinya kehilangan data atau dokumen-dokumen lainnya. Apabila Anda menggunakan MacOS Mojave maupun versi terbaru, Anda dapat memperolehnya dari Software Update.

Anda bisa langsung memilih opsi Apple, System Preference, kemudian tekan Software Update. Terakhir, tinggal tekan Get. Lalu Anda bisa langsung memulai penginstalan dan tunggu sampai benar-benar selesai. Nanti akan langsung terbuka secara otomatis.

Untuk langkah berikutnya, Anda bisa langsung tekan opsi lanjutkan. Kemudian ikuti petunjuk yang akan muncul di layar. Kemungkinan besar Mac akan menampilkan loading bar beberapa kali, sebaiknya lakukan penginstalan pada malam hari saja.

Baca Juga: Apple MacBook Pro 16 2021 Telah Hadir dan Membawa Panel Mini-LED

Membawa Sejumlah Fitur Terbaru

Apple MacOS 12 Monterey ini telah membawa sejumlah fitur terbaru dan tidak kalah menarik, sebut saja peningkatan Airplay Mac. Dengan adanya peningkatan tersebut, Anda bisa dengan mudah untuk mengakses Airplay dari iPad maupun iPhone agar terhubung di MacBook.

Tidak hanya itu, melainkan AirPlay untuk Mac ini berguna untuk sesama perangkat Mac. Jadi, para pengguna dapat menampilkan display pada Mac lain. Bahkan MacOS 12 Monterey ini juga telah membawa sejumlah peningkatan pada bagian facetime.

Lebih lanjut lagi, ada fitur lain yang bernama Focus dan cocok untuk Anda yang ingin bekerja lebih tenang tanpa ada gangguan. Sebab Focus ini bermanfaat bagi para pengguna untuk terus memfokuskan apa yang ingin mereka kerjakan.

Buat Anda yang lebih ketergantungan pada note, maka Anda juga akan dimanjakan dengan pembaruan Quick Note. Karena untuk bisa mengakses note, maka Anda hanya cukup meletakkan kursor pada bagian pojok bawah dan ikon note akan langsung muncul.

Pengguna Mengalami Masalah, Ada Apa?

Sejak awal perilisan Apple MacOS 12 Monterey, tampaknya ada banyak pengguna yang mengeluh karena mengalami beberapa masalah bug. Namun Macbook atau iMac model lama dengan prosesor Intel justru sering mengalami masalah tersebut.

Bahkan masih ada pengguna lain yang sering mengeluhkan hal itu, terutama untuk perangkat Apple lawasnya. Keluhan ini telah dirasakan oleh pengguna Apple 2020 dengan jenis prosesor Intel dan produk di atas 2020 prosesor M1 saat ini belum ada keluhan.

Sementara itu, pihak Apple sendiri juga belum memberi jawaban mengenai masalah tersebut. Akan tetapi, pihak Apple telah memberi solusinya pada kasus bricked di laman web resminya.

Walaupun mengalami beberapa kendala di sejumlah pengguna, rupanya Apple juga mengklaim bila sistem operasi barunya akan lebih baik lagi. Bahkan pembaruan itu juga telah meliputi hampir seluruh bagiannya.

Tak lupa perusahaan juga memberi fitur terbaru pada Apple MacOS 12 Monterey guna menunjang kinerja para penggunanya. Fitur tersebut seperti Shortcuts App, FaceTime and SharePlay, Translate, dan masih banyak lagi lainnya. (R10/HR Online)