Rabu, Januari 26, 2022
BerandaBerita TerbaruAsteroid 1994 WR12 Melewati Orbit Bumi Hari Ini, Simak Prediksi Berikut!

Asteroid 1994 WR12 Melewati Orbit Bumi Hari Ini, Simak Prediksi Berikut!

Asteroid 1994 WR12 melewati orbit Bumi pada hari ini Senin, 29 November 2021. Prediksi yang astronom rilis apabila tabrakan ini terjadi bisa sebabkan ledakan besar dan kerusakan retina mata manusia.

Berita ini dilansir oleh NASA yang sudah memantau aktivitasnya sejak tahun 2016. Ketika pertama kali ditemukan pada 28 November 1994, objek ini tidak pernah terlihat kembali.

Namun belakangan sejak tahun 2016 mulai terlihat. Mauna Kea memperhatikannya semenjak bulan Maret tahun tersebut.

Hal ini tentu jadi menarik. Pasalnya, benda langit yang satu ini berukuran luar biasa besar. Sehingga kita tidak bisa menyepelekannya.

Baca Juga: Pengertian Tata Surya, Bagaimana Proses Pembentukannya?

Objek Asteroid 1994 WR12 Dekati Orbit Bumi

Aktivitas yang mendekat ke Bumi ini memiliki jarak mencapai 3, 8 juta mil. Sehingga NASA menyebutnya sebagai close approach atau pendekatan dekat.

Masuk dalam bagian asteroid Aten yang memiliki lokasi dekat dengan Bumi, maka tidak heran jika aktivitasnya sering mendekati orbit Bumi.

Struktur dari asteroid yang satu ini berasal dari Nebula Matahari Primordial. Dari pecahan planetisimal, membuatnya terlihat semakin membesar dan menjadi sebuah planet.

Astronom asal Amerika Serikat, Carloyn S. Shoemaker memberinya nama tersebut. Lantas dari Observatorium Palomar yang menemukannya.

Baca Juga: Objek Mirip Manusia Salju di Luar Angkasa Tertangkap Teleskop  Hubble

Lalu Apa yang Terjadi Jika Tabrakan Dengan Bumi?

Asteroid 1994 WR12 memiliki ukuran mencapai kurang lebih dua kali ukuran Menara Elizabeth dengan Big Ben yang ditampungnya. Ukurannya mencapai 103 meter atau bahkan lebih dari ini.

Jika sampai terjadi tabrakan tersebut, akan memberikan dampak pada Bumi secara langsung. Terdapat 77 megaton bahan peledak yang bisa membuatnya bereaksi.

Sehingga nantinya akan ada ledakan berkekuatan 1,5 kali dari Tsar Bomba. Tidak hanya itu, akan ada kemungkinan dari kerusakan lainnya yang lebih parah dari ukuran asteroid satu ini.

Bahkan perkiraan akan ada kerusakan pada retina mata manusia jika melihat cahaya dari ledakannya. Kecerahan saat ledakan terjadi akan seperti ketika Matahari meletus. Memang tidak mengherankan. Pasalnya, ukurannya yang luar biasa besar ini berpotensi jadi tabrakan serius.

Baca Juga: Peta Bawah Tanah Mars, Inovasi Pertama Kali Dalam Sejarah

Berapa Kemungkinan Hal Ini Terjadi?

Dari sini tentu para astronom sudah memperkirakan banyak hal. Sehingga mereka memberikan beberapa kemungkinan tersebut.

Mereka mengungkap bahwa adanya kemungkinan hal ini terjadi antara 1 : 9.090. Hantaman ini bisa terjadi pada planet yang kita huni ini sebelum tahun 2190.

Jika hal ini sampai terjadi, maka seperti yang kita bahas sebelumnya. Akan ada akibat tabrakan yang timbul dan kerusakan besar darinya.

Pasalnya, memang dari perkiraannya asteroid ini memiliki kekuatan dahsyat. Mencapai 1, 5 lebih kuat daripada sebuah senjata nuklir yang pernah diuji coba dalam Bumi.

Asteroid 1994 WR12 memiliki ukuran jumbo dan akibat tabrakan yang parah. Aktivitasnya yang mendekati orbit Bumi ini jadi sorotan para astronom dunia. (R10/HR-Online)

- Advertisment -