Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita TerbaruAsteroid 4660 Nereus Diperkirakan Mendekati Bumi 11 Desember 2021

Asteroid 4660 Nereus Diperkirakan Mendekati Bumi 11 Desember 2021

Asteroid 4660 Nereus kabarnya mendapatkan pemantauan akan mendekati Bumi. NASA melansir berita ini dan memperkirakan bulan Desember tahun ini akan ada peristiwa menarik.

Benda langit yang berukuran raksasa ini belakangan sering mendekati Bumi meski masih dalam jarak normal. Namun beberapa jenis dan yang sudah mendapatkan julukan memiliki ukuran luar biasa besar.

Salah satunya yang sedang dalam perkiraan ini. Desember tinggal menghitung hari, maka perkiraan objek langit ini mendekati Bumi semakin dekat.

Baca Juga: Gerhana Bulan 19 November 2021, Semburat Merah di Beberapa Daerah

Objek Asteroid 4660 Nereus Mendekati Bumi Desember 2021

Jika Anda bisa memperkirakan ukuran Menara Eiffel yang ada di Paris, maka asteroid yang satu ini memiliki ukuran tidak jauh berbeda. Cukup besar bukan untuk menjadi objek yang melintasi Bumi dan berbahaya?

Penemuan pertama asteroid raksasa ini tepatnya pada tahun 1982 silam dari seorang astronom bernama Eleanor F. Helin asal Amerika Serikat.

Tidak heran jika hingga kini para peneliti Badan Antariksa dari seluruh dunia dalam usaha membuat sistem pertahanan. Hal ini untuk menekan risiko terkena hantaman benda atau objek luar angkasa dengan ukuran besar pada masa mendatang.

Baca Juga: Spesies Baru Brightstoneus Simmondsi, Penemuan Peneliti Inggris

Informasi Mengenai Asteroid 4660 Nereus

Dalam pengkategorian asteroid yang satu ini masuk dalam kelompok Apollo. Karena lintasannya pada jalur Bumi ketika sedang mengorbit matahari.

Dari lintasan orbitnya tersebut, maka akan mendapatkan total 664 hari orbit matahari. Sedangkan untuk eksentrisitas orbitnya sudah tercatat mencapai 0.360 dengan magnitudo mutlak mencapai 18.2.

Dari kategori yang terdapat dalam asteroid ini, maka biasanya memiliki proses pembentukan berikut ini. Misalnya dari nebula matahari primordial dengan pecahan planetesimal.

Dari sana nebula matahari muda yang tidak memiliki ukuran cukup besar berubah menjadi planet. Prosesnya pada asteroid dalam kategori seperti ini biasanya tidak berbeda jauh dengan itu.

Baca Juga: Urutan Planet Tata Surya dari yang Terdekat dengan Matahari

Usaha Para Ilmuwan

Karena ukuran raksasanya, para ilmuwan dibuat was-was dan berpikir jauh kedepan. Ancaman dari objek langit seperti ini memang terkadang tidak tertebak sama sekali.

Tidak heran jika berbagai usaha mereka lancarkan demi bisa menelitinya lebih jauh. Bahkan hingga peluncuran dari pesawat ruang angkasa yang akan menelitinya lebih dekat.

Mereka akhirnya selalu gagal hingga saat ini. Namun usaha untuk mencari sistem dan formula untuk mempertahankan keamanan Bumi dari hantaman benda asing tetap terus berlangsung.

Meski fenomena seperti ini sudah bukan untuk pertama kalinya, namun biasanya kejadian seperti ini cukup dalam batas aman dan selalu hancur lebih dahulu sebelum sampai ke Bumi.

Asteroid 4660 Nereus yang mendekati Bumi ini diperkirakan akan tiba pada 11 Desember 2021. Harapannya tidak akan benar-benar sampai memberikan dampak, baik kecil maupun besar pada kehidupan makhluk yang ada di Bumi. (R10/HR-Online)