Sabtu, Juli 2, 2022
BerandaBerita NasionalBadan POM Keluarkan Izin Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Badan POM Keluarkan Izin Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Badan POM keluarkan izin vaksin Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. Dalam hal ini adalah izin penggunaan darurat atau EUA (Emergency Use Authorization.

Kepala Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan), Penny Lukito mengatakan, EUA tersebut baru untuk jenis vaksin Sinovac buatan Cina. Serta vaksin Covid-19 yang Biofarma kembangkan.

Pengumuman mengenai terbitnya izin tersebut disampaikan Penny dalam konferensi pers secara virtual pada hari Senin (01/11/2021).

“Jadi izin ini menyusul izin tentang penggunaan vaksin Covid-19 sebelumnya, yakni untuk anak usia 12 hingga 17 tahun,” katanya.

Penny menjelaskan, Badan POM baru keluarkan izin vaksin Covid-19 untuk anak usia 6 sampai 11 tahun memang baru dua jenis vaksin tersebut.

Sedangkan, merk vaksin Covid-19 lainnya yang sudah masuk ke Indonesia, sampai saat Badan POM belum menerbitkan izin untuk digunakan pada usia anak. Hal itu karena belum terdaftar pada Badan POM.

Namun, lanjut Penny, dalam waktu yang tidak lama lagi akan ada beberapa merk vaksin Covid-19 yang bakal segera terdaftar pada Badan POM. Tujuannya agar dapat diberikan kepada anak-anak.

Dengan begitu maka segmen anak-anak yang bisa menerima vaksin Covid-19 akan semakin bertambah. Selain itu, juga dapat menambah kepercayaan orang tua dalam mengirimkan anaknya ke sekolah.

Baca Juga : Vaksin Covid-19 Buatan Indonesia Berbasis Molekul Dikembangkan Unair

Karena suntik vaksin Covid-19 bagi kelompok anak-anak menjadi suatu hal yang darurat. Oleh sebab itu Badan POM mengingatkan, meski sekarang ini kasus positif Covid-19 di Tanah Air sedang turun. Tapi tetap harus bersikap waspada. Salah satunya yaitu dengan mendapatkan suntik vaksin.

IDAI Apresiasi Badan POM

Izin pemberian vaksin Covid-19 bagi kelompok anak usia 6-11 tahun mendapatkan apresiasi positif dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia, dr. Piprim Basarah mengungkapkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki kasus Covid-19 pada anak terbanyak di dunia.

Karena itulah vaksinasi Covid-19 jadi hal krusial yang perlu dilakukan. Termasuk juga mendorong pelaksanaan pembelajaran tatap muka.

“IDAI menyambut baik dengan adanya izin vaksinasi untuk usia anak 6 hingga 11 tahun. Kami memiliki anggota sebanyak 4.600 sekian dokter spesialis anak yang siap membantu pemerintah menyukseskan program tersebut. Pada saat vaksinasi remaja kita juga telah membantu menyukseskannya,” ujarnya. (R3/HR-Online)

Editor : Eva

Berita ini sudah tayang di suara.com dengan judul “Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Bisa Divaksinasi Covid-19, Ini Jenis Vaksin yang Akan Digunakan”.

- Advertisment -