Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruBagasi Mobil Susah Ditutup, Kenali Penyebab dan Cara Penggunaannya

Bagasi Mobil Susah Ditutup, Kenali Penyebab dan Cara Penggunaannya

Bagasi mobil susah ditutup, cari tahu apa penyebabnya. Terkadang masalah seperti ini sering saja terjadi secara tiba-tiba. Bahkan mengatasinya pun juga tidak semua orang bisa.

Agar tidak salah mengatasi masalah ini, Anda sebaiknya tahu dulu penyebabnya. Bagasi mobil sebenarnya berbeda dengan pintu penumpang.

Bagasi mobil menggunakan engsel konvensional yang lengkap dengan absorber pada bagian sisi kanan dan kiri. Saat kondisinya masih bagus, maka absorber bisa berfungsi untuk menahan pintu.

Hal ini dapat naik turun secara cepat. Sayangnya, kendaraan apa saja bisa mengalami masalah. Termasuk pada bagian komponen yang satu ini.

Meski menggunakan absorber, namun bisa saja bagasi mobil macet. Dengan mengetahui penyebab bagasi mobil susah menutup, Anda akan bisa mengatasi dan menjaganya agar tetap berfungsi dengan baik.

Kenali Penyebab Bagasi Mobil Susah Ditutup

Bagasi mobil memiliki peran yang cukup penting sehingga kondisinya harus dalam keadaan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan yaitu memberi perawatan.

Baca Juga : Perawatan Power Window Mobil Agar Tidak Seret Saat Digunakan

Sebaiknya Anda selalu cek kondisi bagasi. Ketika bagasi mobil sulit Anda buka atau tutup, hal tersebut bisa menimbulkan masalah. Kondisi bagasi berarti sudah tidak normal.

Biasanya bagian pintu yang satu ini sudah memiliki kelengkapan stay back door atau absorber pintu. Ketika kondisi saat Anda buka terlalu berat, kemungkinan bagian tersebut salah satu sisinya bermasalah atau bocor.

Jika salah satu sisinya bocor, akan membuat Anda kesulitan membuka dan menutupnya secara perlahan. Hal ini karena kondisinya sudah tidak seimbang.

Salah satu solusi tepat yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu mengganti komponen dengan yang baru. Sebab, ketika saat bagasi terangkat, hanya satu stay back door saja yang berfungsi.

Jika hal ini terjadi, Anda bisa mengganti komponen yang rusak. Namun beda lagi jika bagasi mobil susah ditutup sama sekali, maka kedua komponen tersebut harus Anda ganti semuanya.

Hal yang Harus Anda Perhatikan Terhadap Pintu Bagasi

Bagasi mobil merupakan tempat untuk meletakkan barang bawaan agar tidak memenuhi kabin. Agar kondisinya tetap dalam keadaan baik dan tak bermasalah, Anda harus perhatikan beberapa hal.

Baca Juga : Hidrolik Pintu Mobil, Cara Perawatan dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Risiko bagasi mobil susah menutup pun tidak akan Anda rasakan. Berikut ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan bagasi mobil.

Gunakan Switch Door Lock

Salah satu cara agar terhindar dari bagasi mobil susah ditutup, Anda harus mulai perhatikan ketika membuka penguncinya.

Saat Anda hendak membukanya dari luar, sebaiknya menarik handle pintu bagasi. Begitu juga jika Anda ingin menutupnya. Selanjutnya pegang handle dan dorong sampai tertutup lalu menekannya hingga maksimal.

Tutup Perlahan

Masalah bagasi mobil susah ditutup bisa saja terjadi pada siapa saja. Maka dari itu, pastikan lebih berhati-hati dalam menutupnya. Jangan sampai Anda menarik dan menutupnya ke arah samping.

Pastikan saat berkendara Anda menutup bagasi dengan sempurna. Jika kondisinya tidak tertutup, membuat berbagai barang bisa saja jatuh. Untuk itu, pastikan dengan baik bagian tersebut tertutup sempurna.

Baca Juga : Variasi Kap Mesin Mobil dengan Air Flow, Ini Cara Merawatnya

Menghindari Risiko saat Pintu Terbuka

Sama seperti halnya jika menutup pintu bagasi, membukanya juga harus hati-hati. Risiko pintu bagasi terbuka antara lain masuknya gas buang dari kendaraan.

Hal ini akan mengganggu kondisi kesehatan penumpang. Dengan menutupnya mampu meningkatkan kesehatan dan keselamatan saat berkendara. Untuk itu, hindari membuka bagasi saat kendaraan berjalan.

Hindari Bagasi untuk Duduk Penumpang

Bagasi mobil terkadang bisa berfungsi untuk tempat duduk penumpang. Padahal kondisi seperti ini justru tidak boleh. Sebab risiko yang bisa terjadi ketika ada penumpang pada bagasi, maka akan timbul kondisi yang tidak Anda inginkan.

Saat terjadi pengereman mendadak, membuat penumpang cedera. Inilah salah satu masalah yang bisa terjadi selain bagasi mobil susah menutup.

Untuk mengendarai mobil, sebaiknya perhatikan banyak hal termasuk dalam bagian bagasi. Mengingat bagasi mobil memiliki peran penting, Anda harus memperhatikannya dengan tepat.

Salah satunya dengan melakukan perawatan. Dengan memperhatikan cara pemakaian bagasi dan perawatannya, maka akan mengurangi risiko bagasi mobil susah menutup. Setelah tahu apa saja penyebab dan solusinya, kini Anda tak perlu bingung lagi. (R10/HR-Online)

Editor : Eva