Minggu, November 28, 2021
BerandaBerita TerbaruBekas Gigitan Nyamuk Menghitam, Begini Cara Menghilangkannya

Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam, Begini Cara Menghilangkannya

Bekas gigitan nyamuk menghitam sering menjadi permasalahan banyak orang. Tak terkecuali bagi balita dan anak-anak yang masih sensitif kulitnya. Orang tua, khususnya ibu, seringkali bingung untuk mengatasi atau menghilangkan flek hitam yang timbul tersebut.

Nyamuk merupakan salah satu jenis serangga yang terkadang sangat mengganggu. Hal ini karena nyamuk kerap menggigit kita dengan cara menghisap darah. Rasa gatal dan bekas gigitan itulah yang sering menjadi masalah.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hanya nyamuk betina sajalah yang menghisap darah kita. Sedangkan nyamuk berjenis kelamin jantan tidak menghisap darah sama sekali.

Nyamuk betina sendiri menghisap darah manusia untuk mendapatkan protein yang berguna untuk proses pembentukan telur dan kelangsungan hidupnya.

Seperti yang telah Anda ketahui bahwa gigitan nyamuk akan terasa sangat gatal pada kulit. Sebab ketika nyamuk betina menghisap darah pada tubuh kita, nyamuk tersebut akan mengeluarkan semacam air liur yang mengandung antikoagulan.

Air liur nyamuk ini fungsinya adalah untuk mencegah darah tidak cepat membeku. Air liur yang tertinggal dalam kulit kita inilah yang akan menyebabkan rasa gatal dan pada umumnya beserta munculnya bentol-bentol pada kulit.

Baca Juga : Menanam Serai di Rumah, Cara Alami Hindari Gigitan Nyamuk

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk Menghitam

Selain banyak menyerang bayi dan anak-anak, nyamuk juga bisa menggigit siapa saja. Begitu juga bagian tubuh yang tergigit juga bisa terjadi pada semua bagian. Noda bekas gigitan nyamuk ini tentunya bisa sangat mengganggu penampilan.

Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam yang cukup mengganggu. Utamanya yang menimpa bayi dan anak-anak.

Teh Hijau

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk adalah dengan menggunakan teh hijau, yang mana memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Untuk menggunakannya, pertama seduhlah teh hijau dengan segelas air hangat. Kemudian oleskanlah air seduhan teh hijau tersebut pada area kulit yang digigit nyamuk, biarkanlah hingga kurang lebih 10 menit.

Baca Juga : Manfaat Bunga Lavender Tak Hanya untuk Usir Nyamuk

Lobak

Cara kedua yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam secara cepat adalah dengan menggunakan lobak.

Jenis tanaman yang mirip dengan wortel ini akan cukup ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan inflamasi dan iritasi pada kulit. Termasuk noda hitam bekas gigitan nyamuk.

Siapkanlah lobak secukupnya, lalu potonglah menjadi berukuran kecil. Selanjutnya rendamlah dalam segelas susu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskannya pada kulit yang ternoda.

Kentang

Cara lainnya yang juga bisa Anda jadikan alternatif untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam dengan cepat, yakni dengan menggunakan kentang. Buah sayuran ini telah terbukti mampu menghilangkan bintik merah akibat gigitan nyamuk.

Untuk penggunaannya juga mudah, siapkan saja satu buah kentang, kemudian haluskan menggunakan blender. Sebaiknya jangan campurkan dengan air agar hasilnya lebih efektif.

Baca Juga : Obat Malaria Alami yang Berkhasiat Selain Kina, Perlu Dicoba!

Setelah itu Anda bisa mengoleskan kentang halus tersebut pada kulit yang terdapat bekas gigitan nyamuk. Lakukan berulang untuk hasil yang nyata.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya juga bisa Anda jadikan solusi untuk menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam. Lidah buaya ini sangatlah efektif untuk mengatasi iritasi atau inflamasi pada kulit yang timbul akibat gigitan nyamuk.

Untuk menggunakannya, siapkanlah satu batang lidah buaya dan potonglah batangnya dan tampunglah gel-nya.

Setelah itu tinggal Anda oleskanlah gel lidah buaya pada area kulit yang terdapat bekas gigitan nyamuk.

Kulit Pisang

Selain buahnya yang enak kita makan, ternyata kulit pisang juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Sehingga jika Anda memakan buahnya maka janganlah buang kulitnya.

Untuk menggunakannya cukup sederhana. Anda sediakan dan siapkan kulit pisang secukupnya. Setelah itu tinggal balurkan kulit pisang tersebut pada area kulit Anda yang terdapat bekas gigitan nyamuk.

Diamkanlah beberapa menit sebelum membilasnya. Lakukan hal ini beberapa hari secara rutin agar hasilnya efektif.

Itulah beberapa cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk menghitam yang bisa Anda coba. Apabila Anda sering digigit nyamuk, Anda bisa menggunakan beberapa pilihan bahan tersebut untuk mengatasi noda yang timbul dari bekas gigitan nyamuk. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -

Berita Terbaru