Kamis, Desember 2, 2021
BerandaBerita TerbaruBerjemur Sinar Matahari Pagi, Baik Untuk Otot dan Jantung

Berjemur Sinar Matahari Pagi, Baik Untuk Otot dan Jantung

Berjemur sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan saat pandemi Covid-19 sekarang ini kita perlu sering terpapar sinar matahari.

Ternyata ada banyak manfaat sinar matahari bagi kesehatan tubuh yang sebaiknya Anda tahu. Matahari merupakan bintang yang paling dekat keberadaannya dengan bumi.

Dengan adanya matahari maka bumi memiliki waktu siang karena terkena sinar dari matahari yang terang benderang.

Sehingga dengan adanya cahaya yang datang dari pancaran matahari memberikan banyak manfaat untuk kehidupan.

Selain membuat terang bumi, kita juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang produktif pada siang hari.

Selain itu matahari juga merupakan pusat gravitasi dalam tata surya kita. Hal ini tentunya mengakibatkan bumi berevolusi atau berputar mengelilingi matahari dengan lintasan dan jarak yang tetap.

Matahari memang memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan alam semesta, khususnya yang ada di bumi.

Baca Juga : Menangkal Virus Corona dengan Berjemur di Bawah Matahari

Salah satunya adalah dengan sinar matahari inilah segala bentuk kehidupan bumi dapat berlangsung.

Selain itu dengan sinar matahari ini juga kita dapat melihat segala sesuatu dan melakukan segala aktivitas sehari-hari dengan mudah dan lancar. Bahkan cahaya ultraviolet matahari juga bisa menjadi sumber energi tak terbatas.

Keutamaan Berjemur Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari memang memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, termasuk otot dan jantung.

Dengan berjemur kita juga dapat meningkatkan imunitas tubuh terhadap risiko terpapar virus Corona yang sedang mewabah.

Nah, jika Anda penasaran berikut ini berbagai keutamaan berjemur sinar matahari pagi yang sebaiknya Anda tahu.

Karena itu penting kita melakukannya setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal untuk kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh dan Ibu Hamil

Produksi Vitamin D

Salah satu keutamaan dari sinar matahari adalah untuk memproduksi vitamin D secara alami. Meski jenis vitamin ini juga bisa dapatkan berbagai makanan yang Anda konsumsi, namun vitamin ini sangat baik bagi kesehatan otot dan jantung.  

Vitamin D sendiri merupakan salah satu jenis nutrisi yang sangat tubuh butuhkan. Hal ini karena vitamin ini memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan tulang dan otak.

Jantung Lebih Sehat

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan saat berjemur sinar matahari pagi adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa cahaya matahari pada pagi hari bisa membantu menjaga kesehatan jantung.

Selain itu, dengan mendapatkan dari sinar matahari maka sel-sel yang ada dalam tubuh juga akan ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung Anda. Karena itu, lakukan berjemur secara rutin untuk kesehatan organ penting ini.

Baca Juga : Penyebab Sering Masuk Angin, dari Penyakit hingga Kebisaaan Buruk

Baik untuk Tulang dan Otot Kuat

Kautamaan lain yang juga bisa Anda dapatkan dengan berjemur sinar matahari pagi adalah untuk membuat tulang dan otot menjadi lebih kuat. Dengan mendapatkan sinar matahari maka tubuh akan memproduksi vitamin D.

Jenis vitamin ini memiliki peran yang sangat penting untuk kekuatan tulang dan otot. Selain itu, vitamin D juga akan membantu tubuh untuk dapat menyerap kalsium dengan lebih baik.

Menurunkan Resiko Sklerosis Multiple

Sinar matahari juga memiliki manfaat untuk menurunkan resiko penyakit sklerosis multiple. Ini merupakan suatu penyakit yang menyerang sistem saraf pusat pada bagian otak dan juga sumsum tulang belakang.

Penyakit yang satu ini memiliki gejala otot tubuh menjadi lemah. Jika tidak segera mendapat penanganan dengan tepat maka akan bisa mengakibatkan hal yang fatal,seperti terjadinya kelumpuhan.

Memperbaiki Suasana Hati

Siapa sangka jika berjemur sinar matahari pagi ternyata juga mampu memperbaiki suasana hati. Inilah salah satu manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sinar matahari pagi sehingga kita bisa menjalankan aktivitas dengan penuh semangat.

Berdasarkan penelitian dari para ahli menunjukkan bahwa sinar matahari pada pagi hari akan membantu melepaskan serotonin pada otak.

Sehingga hal inilah yang membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Proses ini juga berguna dan bisa untuk menekan dan menurunkan tingkat stress yang kita alami.

Matahari merupakan bintang terdekat yang ada dalam tata surya kita. Dengan berjemur sinar matahari pagi akan memberikan banyak keutamaan dan manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Khususnya otot dan jantung. (R11/HR-Online/Editor-Eva)

- Advertisment -